Comscore Tracker

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di Dunia

Indonesia termasuk gak ya?

Jakarta, IDN Times - Cukai rokok pada 2020 mendatang akan naik sebesar 23 persen. Kenaikan itu berdampak pada harga jual eceran (HJE) yang diprediksi naik 35 persen.

Bagi industri rokok, kenaikan cukai akan merugikan karena bisa mengurangi penjualan. Sementara bagi konsumen, kenaikan cukai membuat para pengisap tembakau harus merogoh kocek lebih dalam. Pemerintah tentu punya alasan menaikkan tarif cukai, yakni untuk menekan konsumsi rokok yang angkanya memang sulit turun.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, pada 2017 volume penjualan rokok naik menjadi 328,5 miliar batang dibanding tahun sebelumnya yang hanya 316 miliar batang. Pada 2018, volume penjualan naik jadi 334 miliar batang. Padahal, cukai rokok dinaikkan pada periode tersebut. Ini artinya, kenaikan cukai tidak terlalu efektif dalam menekan konsumsi rokok.

Keluhan yang paling berat dirasakan adalah karena harga rokok yang semakin mahal. Benarkah demikian?

IDN Times coba melakukan penelusuran. Berdasarkan data numbeo.com yang dikutip statista.com, mencatat daftar negara dengan dengan harga rokok per bungkus termahal di dunia. Harga yang diberlakukan berdasarkan kurs dolar internasional. Data ini dirilis pada Agustus 2019. Berikut lima negara dengan harga rokok paling mahal di dunia.

1. Australia

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di DuniaPixabay

Negeri Kanguru berada di urutan pertama dengan harga rokok per bungkus termahal di dunia. Untuk satu bungkus rokok disana harga jualnya rata-rata adalah US$20,38 per bungkus atau setara Rp285 ribu (kurs Rp14 ribu).

Baca Juga: Pemerintah Ungkap Alasan Naikkan Cukai Rokok Besar-besaran

2. Selandia Baru

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di DuniaNzherald.co.nz

Selandia Baru sepertinya tidak bisa jauh dari tetangganya Australia. Harga rokok yang dijual di Selandia Baru adalah sebesar US$18,33 per bungkus atau setara Rp256 ribu. Harga tersebut tidak berbeda jauh dengan yang dijual di Australia.

3. Irlandia

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di Duniapexels.com/Lukas Kloeppel

Irlandia ada di tempat ketiga dengan harga rokok per bungkus sebesar US$13,32 per bungkusnya atau setara Rp186.500. Negara ini punya total populasi sekitar 4 juta jiwa.

Baca Juga: Naiknya Cukai Tak Terbukti Kurangi Konsumsi Rokok

4. Norwegia

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di DuniaPixabay.com/Sorbyphoto

Negara Nordik yang berada di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia ini ada di peringkat keempat setelah Irlandia. Harga jual rokok per bungkusnya tidak berbeda jauh dengan Irlandia yang berada di kisaran US$13,30 atau setara Rp186.200 per bungkusnya.

5. Britania Raya

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di Duniapixabay.com

Britania Raya dianggap sebagai negeri perserikatan (federal) gabungan Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Harga rokok yang dijual di kawasan tersebut adalah sebesar US$12,09 atau setara Rp169 ribu per bungkusnya.

6. Bagaimana dengan Indonesia?

Ini 5 Negara Dengan Harga Rokok Termahal di DuniaIDN Times/Arief Rahmat

Indonesia tidak termasuk dalam 15 besar harga rokok termahal di dunia. Jika di rata-rata, harga jual rokok di Indonesia berkisar pada Rp17 ribu-Rp 26 ribu per bungkusnya atau masih di bawah US$2 per bungkus. Adapun Pakistan mencatat harga jual rokok yang lebih murah, yakni US$0,99 per bungkusnya atau hampir Rp14 ribu.

Baca Juga: Menkeu: Dengan Naikan Cukai Rokok, Pemerintah Dapat Pemasukan Rp173 T

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You