Comscore Tracker

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Pelaku UMKM, ikuti tips berikut agar usahamu bertahan

Dilansir dari Kominfo, UMKM merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Namun, wabah virus COVID-19 memberikan dampak pada perekonomian Nusantara serta dampak ini juga dirasakan bagi para pelaku UMKM.

Akibatnya, banyak UMKM yang gulung tikar karena terkena dampak secara signifikan dari pandemi COVID-19. Meskipun begitu, terdapat pula UMKM yang tetap bertahan melalui pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

Dalam mempertahankan UMKM, ada beberapa tips yang perlu kamu catat agar kamu juga bisa melalui masa-masa kritis akibat adanya pandemi COVID-19 ini. Simak ulasan ini untuk mengetahui tipsnya, ya!

1. Lakukan analisis usaha

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi bekerja (pexels.com/pixabay)

Kamu bisa lakukan analisis usaha agar kamu bisa memperbaiki kekurangan yang telah terjadi, serta kamu bisa membuat strategi usaha yang lebih menarik untuk langkah selanjutnya. 

Beberapa hal yang perlu dianalisis seperti kekuatan, kelemahan, ancaman, hingga peluang dari usaha yang kamu jalani sehingga kamu bisa melakukan analisis lebih mendalam lagi.

2. Menciptakan inovasi baru

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi bekerja (pexels.com/burst)

Selama masa pandemi, banyak UMKM yang menciptakan inovasi baru demi mempertahankan usaha yang telah berjalan. Inovasi yang tercipta juga terhitung sebagai strategi bisnis dengan melihat permintaan pasar yang meningkat selama pandemi COVID-19.

Misalnya, seperti yang diketahui bahwa peminat masker dan hand sanitizer meningkat karena menjadi kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi. Melalui kejadian ini, terdapat banyak UMKM yang menjual masker atau memberikan masker secara gratis jika konsumen membeli produk mereka. 

Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan usaha yang kamu jalani dengan melakukan observasi permintaan pasar dan mendatangkan inovasi baru.

3. Menjaga kualitas produk

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi produk jualan (pexels.com/RonLach)

Meskipun strategi bisnis sudah berjalan dengan baik dan menarik, namun kamu harus tetap mempertahankan kualitas produk. Sebab, konsumen lebih mengutamakan produk yang berkualitas dibandingkan diskon atau potongan harga yang menarik.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan bahan baku dari produk yang kamu jual, proses produksi sesuai standar, cek kesesuaian produk yang dipesan, hingga packing produk yang rapi untuk dikirim ke konsumen. Dengan begitu, konsumen akan senang berbelanja di tokomu.

Baca Juga: 5 Upaya Meningkatkan Literasi Digital untuk Para Pelaku UMKM

4. Mengatur anggaran lebih teliti

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi keuangan (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Di masa pandemi Covid-19 yang cukup membuat pelaku UMKM merasa kesulitan, sudah saatnya kamu lebih teliti dalam mengelola anggaran yang keluar.

Kamu bisa mengatur ulang anggaran yang kamu miliki, serta mengurangi bahkan hilangkan berbagai anggaran yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, usahamu bisa bertahan lebih lama selama masa pandemi Covid-19.

5. Gunakan layanan same day delivery

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi delivery (pexels.com/NormaMortenson)

Terdapat banyak orang yang bergantung dengan toko online untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi COVID-19. Kamu perlu gunakan layanan same day delivery atau pengiriman satu hari lebih maksimal agar produk dapat dikirim dengan cepat kepada konsumen.

Semakin cepat barang dikirimkan, maka besar kemungkinan konsumen akan lebih puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

Selain itu, bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan akan lebih diuntungkan dengan layanan ini karena tidak perlu khawatir makanan basi.

6. Manfaatkan e-commerce dan situs online

6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemiilustrasi bekerja (pexels.com/AnthonyShkraba)

Salah satu strategi bisnis yang paling efektif di masa pandemi COVID-19 yaitu teknik pemasaran digital. Kamu bisa memanfaatkan berbagai situs jual beli online hingga e-commerce untuk menjangkau konsumen yang lebih jauh tanpa ada batasan.

Kemenkominfo RI sendiri mendorong UMKM Go Online agar para pelaku UMKM bisa beralih ke jualan online yang dinilai lebih efektif selama masa pandemi.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu catat sebagai pelaku UMKM agar bisnismu tetap bertahan selama masa pandemi COVID-19 masih berlangsung. Semoga kondisi perekonomian Indonesia segera membaik ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Pemulihan Ekonomi RI

M. Faris Z Photo Writer M. Faris Z

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya