Comscore Tracker

Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Dilelang Hampir Rp400 Miliar 

Saudara Jeff Bezos, Mark, juga akan ikut penerbangan

Jakarta, IDN Times - Tiket terbang ke luar angkasa bersama Jeff Bezos menggunakan roket Blue Origin, telah berhasil dilelang seharga 28 juta dolar Amerika Serikat (AS). Jumlah tersebut setara sekitar Rp392 miliar.

Direktur penjualan Blue Origin Ariane Cornell, selama siaran langsung acara penutupan lelang pada Sabtu (12/6/2021), mengatakan ada 7.600 orang dari 159 negara telah mendaftar dan dapat mengajukan penawaran dalam lelang.

Kegiatan lelang yang dimulai sejak bulan lalu itu diselenggarakan RR Auction yang berbasis di Boston. Kendati, menurut CNN, nama penawar yang menang tidak diungkapkan.

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Elon Musk

1. Jeff Bezos ikut dalam penerbangan

Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Dilelang Hampir Rp400 Miliar Jeff Bezos (Twitter/@JeffBezos)

Pendiri Blue Origin Jeff Bezos akan ikut dalam penerbangan penumpang pertama ke luar angkasa dengan roket perusahaan, New Shepard. CEO Amazon itu juga akan ditemani saudaranya, Mark Bezos.

Menurut Bezos dalam pengumuman Senin (7/6/2021), penerbangan itu rencananya akan diluncurkan perusahaan luar angkasa itu dari fasilitas Blue Origin di kota Van Horn, Texas Barat, pada 20 Juli 2021. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

“Saya ingin melakukan penerbangan ini karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya,” kata Bezos dalam sebuah video yang diunggah ke Instagram-nya.

2. New Shepard telah menerbangkan belasan penerbangan uji coba

Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Dilelang Hampir Rp400 Miliar Blue Origin sukses uji coba kapsul New Shepard. (Instagram.com/blueorigin)

Sistem pariwisata ruang angkasa Blue Origin, New Shepard, sebuah roket yang membawa kapsul ke tepi ruang angkasa, telah melakukan 15 penerbangan uji coba tanpa awak yang berhasil sejak 2015. Salah satu penerbangan itu dilakukan pada April menggunakan fasilitas perusahaan di gurun Texas.

New Shepard dirancang untuk membawa hingga enam orang dalam perjalanan melewati tepi ruang angkasa, dengan kapsul pada penerbangan uji sebelumnya mencapai ketinggian lebih dari 100 kilometer. Kapsul itu memiliki jendela besar yang memungkinkan penumpang melihat pemandangan luar angkasa, saat menghabiskan beberapa menit dalam gravitasi nol sebelum kembali ke bumi.

Roket akan diluncurkan secara vertikal, sedangkan pendorong akan terlepas dan kembali mendarat di landasan beton di dekatnya. Sementara kapsul akan kembali mendarat dengan lembut di padang pasir dengan bantuan satu set parasut untuk memperlambat lajunya saat kembali.

Baca Juga: Blue Origin Sukses Luncurkan Kapsul Luar Angkasa

3. Petualangan yang mengubah penumpang

Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Dilelang Hampir Rp400 Miliar Jeff Bezos (Instagram/@jeffbezos)

Sebagai informasi, pada Senin, 7 Juni 2021, Bezos yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia itu juga mengatakan penerbangan ini akan menjadi petualangan yang mengubah pesertanya.

“Untuk melihat Bumi dari luar angkasa, itu mengubah Anda. Ini sebuah petualangan; itu urusan besar bagi saya," kata CEO Amazon itu.

Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000 dan memiliki perusahaan sepenuhnya. Ia mendanainya melalui penjualan saham Amazon yang dimilikinya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya