Comscore Tracker

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita Rendah

Penyebabnya karena utang, konflik, dan lainnya

Negara dengan tingkat ekonomi rendah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari utang yang menumpuk, konflik tak berkesudahan, hingga pengelolaan sumber daya yang buruk. Tak terkecuali di Asia Tenggara.

Padahal, negara di Asia Tenggara terkenal dengan sumber daya alam melimpah yang dijadikan komoditas. Hampir semua negara di Asia Tenggara mengandalkan sektor pertanian dan perikanan sebagai penggerak ekonomi, kecuali Singapura dan Brunei.

Lalu, dari 11 negara di Asia Tenggara, mengapa 5 negara berikut ini bisa dikategorikan sebagai negara termiskin? Berikut ini adalah penjelasan singkatnya. Simak, yuk!

1. Myanmar

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita RendahSeorang pengunjuk rasa pro-demokrasi ditahan oleh petugas polisi anti huru hara saat unjuk rasa menentang kudeta militer di Yangon, Myanmar, (27/2/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer.

Negara Myanmar dinobatkan menjadi negara termiskin di Asia Tenggara. Predikat ini berdasarkan jumlah produk domestik bruto (PDB) per kapita, yaitu sebesar USD1.407 atau sekitar Rp21,4 juta per tahun.

Penyebab masalah ekonomi Myanmar diketahui karena mereka gagal dalam menghasilkan barang ekspor yang menarik di pasar dunia. Ditambah dengan berbagai konflik yang terjadi di dalam Myanmar yang mengganggu perekonomian negara. Investor pun enggan untuk menanamkan modalnya di sana.

2. Timor Leste

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita RendahPenduduk Timor Leste (ABC.net.au)

Di urutan kedua terdapat Timor Leste sebagai negara termiskin di Asia Tenggara. Diketahui PDB per kapitanya hanya sebesar USD1.560 atau sekitar Rp23,8 juta per tahun.

Penyebabnya karena Timor Leste merupakan negara yang belum lama berdiri sehingga masih dalam proses berkembang. Ditambah lagi, negara tersebut harus mengelola sumber daya minyak yang sebenarnya bisa menjadi sumber ekonomi potensial bagi negaranya.

Sayangnya, pengelolaan yang buruk dan terlalu mengeksploitasi sumber minyaknya membuat Timor Leste termasuk negara paling miskin di Asia Tenggara.

3. Kamboja

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita Rendahthesmartlocal.com

Kamboja menjadi negara termiskin di Asia Tenggara berikutnya. PDB per kapita Kamboja berada di angka USD1.643 atau sekitar Rp25,1 juta per tahun.

Penyebab Kamboja tergolong sebagai negara termiskin mirip seperti Myanmar. Mereka kesulitan dalam memproduksi dan mengelola barang untuk ekspor agar laku di pasar dunia.

Ditambah dengan konflik-konflik sosial yang terjadi di sana, sehingga memperburuk kondisi ekonomi Kamboja.

4. Laos

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita RendahIlustrasi perempuan Laos (blogs.adb.org)

Negara termiskin selanjutnya adalah Laos. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar USD2.534 atau setara dengan Rp38,7 juta per tahun.

Ada beberapa faktor yang membuat Laos menjadi negara termiskin. Mulai dari nilai mata uang yang rendah, sedikitnya lapangan pekerjaan, hingga pelayanan kesehatan yang belum optimal. Ditambah lagi dengan pembangunan infrastruktur yang belum maksimal.

5. Vietnam

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, PDB per Kapita RendahWarga menanti kapal feri mesi ada peraturan pemerintah mengenai pembatasan sosial saat penyebaran virus korona di provinsi Hai Duong, Vietnam, pada 7 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kham

Negara termiskin yang kelima adalah Vietnam. Mengapa bisa begitu? Vietnam diketahui memiliki kasus korupsi yang mengganggu perekonomian negara dan tingkat pendidikan yang masih rendah. Bahkan, belum memenuhi standar dunia.

Untuk diketahui, PDB per kapita di Vietnam sebesar USD 2.715 atau sekitar Rp41,4 juta per tahun.

Nah, itulah tadi daftar 5 negara termiskin di Asia Tenggara yang bisa menambah wawasan kamu tentang dunia. Untuk semakin menambah pengetahuan, ketahui juga negara terkaya di Asia Tenggara, ada Indonesia tidak ya?

Baca Juga: 10 Negara Termiskin di Asia, Ada Indonesia?

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya