Comscore Tracker

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan Contoh

Apa saja contoh software atau perangkat lunak?

Berbicara tentang teknologi memang tiada habisnya. Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi semakin hari semakin canggih sehingga mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya adalah dengan hadirnya perangkat lunak atau software

Berbeda dengan perangkat keras yang memiliki wujud fisik, perangkat lunak berbentuk data elektronik atau sistem pemrograman yang dapat ditemukan dalam komputer dan semacamnya. Lebih lanjut, berikut IDN Times sajikan rangkuman lengkap seputar perangkat lunak. Simak sekarang!

1. Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan Contohilustrasi perangkat lunak (Fastwork)

Perangkat lunak atau yang biasa disebut software merupakan kumpulan data elektronik yang tersimpan serta dikendalikan oleh komputer. Perangkat lunak juga disebut sebagai sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik yang diinstal dalam sebuah komputer atau laptop agar bisa dioperasikan, contohnya adalah Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Software Desain Rumah Terbaik di PC, Rancang Sendiri

2. Fungsi Perangkat Lunak

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan Contohilustrasi perangkat lunak (pixabay.com/Free-Photos)

Ada beberapa fungsi perangkat lunak, berikut di antaranya:

  • Memproses data, perintah, atau instruksi khusus.
  • Sarana interaksi antara user dengan perangkat kerasnya.
  • Mengidentifikasi suatu program. 
  • Menyediakan fungsi dasar.
  • Penerjemah suatu perintah software

3. Jenis-Jenis Perangkat Lunak

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan ContohAndroid 11 (androidinfotech.com)

Umumnya, ada 7 jenis perangkat lunak, yaitu :

  1. Perangkat Lunak Berbayar merupakan perangkat lunak yang mengharuskan penggunanya untuk memberikan bayaran dengan harga tertentu untuk menggunakan perangkat lunak tersebut. Contoh: software berbayar adalah Microsoft Office, Microsoft Windows, Adobe Photoshop, dan sebagainya.
  2. Freeware merupakan perangkat lunak gratis tanpa batas waktu. Contoh: software freeware adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, dan sebagainya.
  3. Free Software merupakan perangkat lunak di mana pengguna harus membeli perangkat lunak ini terlebih dahulu, lalu pengguna bebas untuk melakukan penggandaan, modifikasi, hingga distribusi.
  4. Shareware merupakan perangkat lunak yang dibagikan secara gratis untuk keperluan tertentu. 
  5. Malware merupakan perangkat lunak yang dianggap sebagai perusak, sehingga bisa berbahaya jika disalahgunakan. Contoh malware adalah virus computer, spyware, dan adware. 
  6. Open Source Software merupakan perangkat lunak yang bersifat terbuka, sehingga kode sumbernya dapat dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Contoh: adalah Linux.
  7. Firmware merupakan perangkat lunak penyimpanan yang Memory Read Only atau hanya dapat dibaca. 

Baca Juga: 5 Alternatif bagi Kamu Pengguna Software Bajakan untuk Kerja!

4. Macam-Macam Perangkat Lunak

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan Contohilustrasi launcher bertema iOS untuk Android (hitechdroid.com)

Terdapat 4 macam perangkat lunak, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi

Perangkat lunak sistem operasi memiliki fungsi sebagai pengendali dari seluruh sistem kerja mendasar yang ada di komputer. Jenis perangkat lunak ini merupakan platform yang memungkinkan perangkat lunak dan aplikasi lainnya untuk dapat berfungsi karena sistem operasi mengatur segala proses, termasuk menerjemahkan input, output, tabel pengkodean, mengelola memori, dll.

Pada intinya, perangkat lunak sistem operasi menghubungkan pengguna, perangkat keras, dan perangkat lunak aplikasi agar dapat digunakan sebagai secara bersamaan. Contoh dari perangkat lunak sistem operasi adalah linux, Mac, IOS Apple, Microsoft Windows, Google Android, dan OS Windows Phone.

2. Perangkat Lunak Aplikasi

Sesuai namanya, perangkat lunak aplikasi merupakan berbagai jenis aplikasi atau program yang tersedia di komputer yang dapat dioperasikan untuk membantu menyelesaikan hal tertentu. Perangkat lunak aplikasi ini menjadi jenis software yang paling sering digunakan oleh banyak orang sekaligus dikenal sebagai perangkat non esensial yang berarti harus diinstal terlebih dahulu dan dioperasikan sesuai kebutuhan penggunanya. Contohnya seperti Game (PES, WE, GTA), Skype, Adobe Premiere, Adobe Photoshop, Ms. Excel, dan masih banyak lagi.

3. Perangkat Lunak Pemrograman 

Perangkat lunak pemrograman merupakan software yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan instruksi-instruksi dari bahasa program ke kode bahasa mesin melalui prosedur tertentu agar dapat diterima dan dibaca oleh komputer sehingga program yang dibuat dapat dioperasikan. Perangkat lunak pemograman umumnya digunakan oleh seorang programmer untuk menerjemahkan, menulis, menguji, mengembangkan, hingga men-debug software lain, contohnya Python, PHP, Java, C++, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan Pascal.

4. Perangkat Lunak Tambahan/Program Bantu (Utility)

Perangkat lunak tambahan merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk membantu pengelolaan komputer, seperti melindungi sistem, mengkompres file, memformat disket, mengatur harddisk, mengkopi data, dan lain-lain. Contohnya seperti Winzip, Antivirus, Scandisk, Norton Utility, dan Defragment.

5. Contoh Perangkat Lunak

Perangkat Lunak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Macam, dan Contohilustrasi Google Chrome di HP (pexels.com/Deepanker Verma)

Berikut beberapa contoh perangkat lunak yang sering digunakan.

  • Software System, merupakan perangkat lunak yang berperan sebagai sistem operasi komputer. Contohnya seperti Windows, linux, dan Mac.
  • Software Browser, merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai mesin pencari situs untuk mendapatkan berbagai informasi secara online. Beberapa di antaranya adalah Opera Mini, Mozilla Firefox, Chrome, Internet Explorer, dan sebagainya.
  • Microsoft Office, merupakan perangkat lunak yang berguna untuk mempermudah atau meningkatkan efisiensi berbagai pekerjaan kantor, contohnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Outlook, dan Powerpoint.
  • Paint Software, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah gambar atau desain, contohnya Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint, dll.
  • Software Anti Virus, merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mencegah masuknya serangan virus-virus yang dapat merusak sistem ke dalam komputer. Antivirus dibuat untuk mencegah komputer dari serangan virus yang mungkin masuk pada saat kamu download file online atau dari USB yang tersambung ke computer yang berakibat pada kerusakan beberapa file. Contoh software anti virus adalah Smadav, Norton, AVG, dan masih banyak lagi.

Itulah pembahasan mengenai perangkat lunak lengkap dengan jenis, fungsi, dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10

Topic:

  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya