Comscore Tracker

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmur

Kamu sudah memilikinya belum nih?

Tahun baru bukan hanya disambut dengan perayaan meriah di malam puncak pergantian waktu, tapi ada pula banyak hal yang harus diperbarui. Misalnya menghilangkan kebiasaan buruk, mengganti pola hidup jadi lebih sehat, hingga kepada urusan keuangan yang diharapkan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Jika berbicara tentang keuangan maka salah satu hal penting yang harus dilakukan di awal tahun ini ialah membuat resolusi keuangan. Waktunya kamu lebih peka dan sadar bagaimana cara mengatur keuangan demi kehidupan yang makmur. Yuk, simak 5 resolusi keuangan di tahun baru berikut ini!

1. Mulai membuat perencanaan keuangan

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmurunsplash.com/@kellysikkema

Jika tahun-tahun sebelumnya kamu gak pernah punya perencanaan keuangan tandanya tahun ini menjadi awal yang tepat untuk memperbaikinya. Selama satu tahun ini catat apa saja tujuan yang ingin dicapai, mulai dari saldo tabungan, investasi, belanja barang pribadi dan hal lain yang dirasa butuh dipikirkan biayanya.

2. Mengubah pola hidup konsumtif jadi lebih efektif

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmurunsplash.com/@travisessinger

Pola hidup konsumtif bukan lagi kebiasaan yang bisa dibiarkan begitu saja. Rubah pola hidup konsumtif jadi lebih efektif dengan mengalihkan pengeluaran ke hal yang lebih bernilai, seperti investasi, menabung emas, dan membeli buku atau 'ilmu' dalam bentuk lain agar bisa jadi pribadi yang lebih berkualitas. Kamu boleh banget semangat mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal kaya tadi.

3. Menargetkan peningkatan investasi atau tabungan

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmurunsplash.com/@gooner

Seperti yang sudah diulas pada poin-poin sebelumnya, investasi dan tabungan itu harus selalu ada dalam pengelolaan keuangan. Buat target tentang dua hal tersebut agar bisa meningkat selama setahun ini. Kamu bisa menambah jumlah uang yang dialokasikan per bulan atau per 3 bulan. 

Baca Juga: 5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabungan

4. Memprioritaskan dana darurat

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmurunsplash.com/@alexandermils

Tahu gak sih kalau dana darurat itu penting banget lho untuk dimiliki semua orang. Karena yang namanya hidup manusia pun gak bisa menebak apa yang akan terjadi nanti. Supaya gak pusing cari pinjaman uang saat tiba-tiba musibah atau hal kurang menyenangkan menimpa kini kamu perlu menyisihkan gaji ke dalam simpanan dana darurat. 

5. Tidak lupa sedekah dan saling berbagi rezeki

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmurunsplash.com/@anniespratt

Semua harta yang kita miliki gak akan ada artinya bila tidak pernah dibagi kepada sesama. Uang dan segala kekayaan itu hanya titipan yang gak abadi. Biar itu membawa berkah untuk kehidupan maka sedekah dan saling berbagi rezeki itu kewajiban. Sedekah juga gak harus berbentuk uang, sumbangan barang untuk korban bencana dan bantuan jasa secara cuma-cuma juga bisa dibilang sebagai sedekah dan saling berbagi pada sesama. 

Resolusi keuangan butuh dilakukan supaya hidup jadi semakin jelas dan terarah. Karena mau gimana pun juga uang punya peranan penting dalam kehidupan, jika terlalu kekurangan atau berlebihan bisa menimbulkan permasalahan.

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk, Pelajari Tabungan Emas

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya