Comscore Tracker

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahu

Hari gini masih pakai uang cash untuk transaksi?

Seiring perkembangan teknologi, kini ada banyak sekali alat pembayaran seperti uang elektronik dan uang virtual. Sudah banyak orang menggunakan uang elektronik, seperti TCASH, Go-Pay, Sakuku, dan sebagainya. 

Di sisi lain masih banyak orang yang salah kaprah mengenai uang virtual layaknya bitcoin. Selain itu aturan uang virtual di beberapa negara masih belum jelas, termasuk Indonesia.

 

1. Perbedaan mendasar antara uang virtual dengan uang elektronik

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahubreakingnews.co.id

Uang elektronik terbilang lebih aman karena diterbitkan secara digital oleh lembaga keuangan dan dijamin otoritas. Sejak dikenalkan pertama kali pada 2007, uang elektronik secara tidak langsung telah merubah tren masyarakat Indonesia,

Mereka menjadikan uang elektronik sebagai alternatif pembayaran non tunai tanpa harus memiliki rekening bank atau kartu kredit. Sedangkan bitcoin mempunyai peran ganda sebagai mata uang dan uang elektronik yang bisa digunakan di situs khusus.

Seseorang yang lebih dikenal dengan Satoshi Nakamoto (nama samaran) merupakan sosok di balik suksesnya uang virtual tersebut. Sayangnya bitcoin diterbitkan oleh sebuah komunitas yang disebut ‘miner’ sehingga regulatornya tidak jelas.

2. Mempunyai bitcoin lebih menguntungkan, dong?

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahuarstechnica.com

Fungsi utama bitcoin adalah mata uang kripto yang digunakan sebagai alat pembayaran online. Bitcoin mempunyai simbol mata uang sendiri, yakni BTC. Sayangnya, menurut Gubernur Bank Sentral Inggris Mark Carney, bitcoin dinilai gagal sebagai mata uang.

"Karena bitcoin bukan penyimpan nilai karena sangat tidak fokus dan tidak konsisten. Tidak ada yang menggunakannya sebagai alat tukar," kata Carney kepada mahasiswa di Universitas Regent London seperti yang dilansir dari Telegraph, (19/2).

Bukan tanpa alasan banyak orang gemar berinvestasi bitcoin, sebab nilai 1 bitcoin itu bisa mencapai Rp 200 juta. Berdasarkan data Bitstamp, diperkirakan harganya akan kembali pada titik tertinggi pada Juli mendatang.

Meski belum ada peraturan resmi, Bank Indonesia sama sekali tidak mengajurkan berinvestasi bitcoin.

"Kalau belum jelas, saran kami jangan, karena volatilitasnya tinggi," kata Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko di Gedung BI, (31/1).

3. Manfaat utama uang elektronik untuk transaksi online

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahuinfinitemlmsoftware.com

Uang elektronik terbagi dalam dua jenis menurut sistem pembayarannya, yakni kartu kredit dan kartu prabayar. Kartu kredit bisa memberikan keuntungan untuk mendapatkan sejumlah uang dengan cara berhutang kepada bank.

Selain itu dengan mempunyai kartu kredit, kamu bisa bebas melakukan transaksi online secara global. Sedangkan kartu prabayar memungkinkanmu untuk membawa uang dalam bentuk digital. Secara umum tentu kamu sering menggunakannya, seperti e-toll, Go-Pay, TCASH, dan sebagainya.

Selain tidak perlu repot mengurus ke bank, penggunaan kartu prabayar bisa membuatmu lebih aman dan nyaman.

4. Lebih aman mana antara bitcoin dengan uang elektronik?

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahufutuready.com/

Meskipun bisa sebagai alat pembayaran, namun pihak Bitcoin Indonesia menginginkan pemerintah menjadikan uang virtual ini sebagai komoditas, bukan sebagai alat pembayaran.

"Sejak awal kami memang tidak pernah bergerak ke arah alat pembayaran. Harapannya kami bisa di-treat sebagai komoditi," kata Leader Consultan Bitcoin.co.id Nidya Rahmanita.

Meski sangat diunggulkan dalam investasi, bitcoin lebih mengkhawatirkan. Walau pun kamu mendapatkan akses ke dalam server, tapi kamu harus berani menanggung risikonya.

Sedangkan uang elektronik lebih aman dan praktis karena keamanannya langsung diuji sertifikasi dari Bank Indonesia. Masalah utamanya adalah seberapa bijak kamu bisa menggunakan uang elektronik tersebut?

5. Banyak sekali promo menarik bagi pengguna uang elektronik

Uang Zaman Now, Ini Beda Bitcoin & Uang Virtual yang Harus Kamu Tahutwitter.com/tcash_id

Maraknya pengguna uang elektronik dimanfaat sejumlah merchants untuk meningkatkan keuntungan. Sebab kamu bisa memiliki barang impiamu menggunakan program cicilan 0 persen atau diskon khusus.

Pemilik kartu prabayar seperti TCASH juga bisa mendapatkan penawaran yang menarik. Misalnya membeli Chatime dengan harga 18 ribu, cashback 20 persen di McDonald's, potongan Rp 10 ribu di KFC, dan banyak lainnya.

Maka dari itu,jika kamu tidak cermat, kamu bisa menjadi pribadi yang boros dan terlena dengan teknologi uang elektronik. Gunakan secara bijak, jadilah manusia cerdas dalam memanfaatkan teknologi "zaman now".

Azer Photo Community Writer Azer

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You