Comscore Tracker

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Coba

Wah, menggiurkan semua!

India terkenal dengan negara yang kaya akan rempah pada berbagai olahan makanan nya. Cita rasa khas seperti kare atau makanan bersantan dari India bahkan memiliki eksistensi hingga ke berbagai belahan dunia.

Namun tidak hanya makanan berat yang ternyata enak dari India. Ternyata mereka juga punya berbagai makanan penutup atau dessert yang memiliki keunikan dan cita rasa yang khas banget. Kira kira apa aja ya?

1. Parwal Ki Mithai

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobacookpad.com

Di India tepatnya di daerah Bihar, parwal atau labu ini disulap menjadi makanan penutup yang indah dan juga lezat. Parwal adalah labu India dan sayuran musim panas yang populer yang kebanyakan orang tidak suka, namun jika diolah menjadi makanan penutup rasanya akan berubah menjadi sangat enak dan bisa bikin kita ketagihan nih!

2. Maa Vilakku

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobahungryforever.com

Maa Vilakku adalah makanan manis serta unik dari India Selatan yang ditawarkan kepada para dewa pada saat perayaan hari besar. Kue ini dibuat dari tepung beras dan dibentuk dalam bentuk lampu (diya), lalu diterangi dengan lilin(ghee) dituangkan di tengahnya. Unik banget ya?

3. Purnam Burelu

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobablendwithspices.com

Cemilan manis yang satu ini adalah salah satu menu favorit makanan penutup orang India. Bola bola kecil bewarna cokelat ini terbuat dari tepung, mentega dan kelapa. Kalo di Indonesia sih ini namanya bolang baling!

4. Patoleo

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu CobaInstagram.com/enidfernandes

Patoloeo dibuat dengan mencamprukan pasta beras di atas daun kunyityang diisi dengan jaggery kelapa, bubuk kayu manis dan kelapa parut segar kemudian dikukus. Masyarakat India biasa memakanan makanan hangat ini saat musim hujan. 

5. Chena Poda

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobajharaphula.com

'Chena' di Odia berarti keju cottage dan 'poda' berarti terbakar. Cara pembuatan makanan lezat yang satu ini dengan cara keju cottage diremas dengan hati-hati dengan gula dan dipanggang hingga berubah menjadi cokelat keemasan. Tekstur renyah di bagian luar dan lembut dan lengket di dalam membuat makanan khas India yang satu ini jadi menu yang wajib kamu cobain saat berkunjung kesana. Kombinasi karamel gula dan keju cottage yang terbakar juga dijamin bakal bikin kita ketagihan!

6. Shor Bhaja

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobavoxspace.in

Shor Bhaja dibuat dengan bahan dasar susu kental manis yang dituang secara perlahan kedalam penggorengan dan menggoreng susu kental manis sampai berubah menjadi coklat keemasan. Cemilan yang satu ini berasal dari Krishna Nagar di distrik Nadia, Bengal Barat.

7. Awan Bangwi

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobavaradaskitchen.blogspot.com

Khusus disiapkan di Tripura, Awan Bangwi adalah makanan penutup berbentuk kerucut yang dibuat dengan ketan, kacang mete, kismis, kacang almond dan jumlah besar sekali ghee untuk menampung kerucutnya. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam kerucut yang terbuat dari daun pisang dan dikukus. Rasa yang khas dan gurih bikin kalian gak bisa berpaling dari makanan yang satu ini!

8. Gokak Karadantu

Unik & Aneh, Ini 8 Dessert Lezat Khas India yang Harus Kamu Cobaflavorsofmycity.com

Dikemas dengan rasa jaggery, kismis, kacang mete, kopra, kacang tanah, pala dan buah kering lainnya, Gokak Karadantu digoreng dalam ghee dan permen karet yang bisa dimakan, memberikan tekstur kenyalnya yang khas. Kalo kalian ke India harus cobain ini ya!

Jadi mau pilih nomor berapa nih, guys?

alys Photo Community Writer alys

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You