Comscore Tracker

Nggak Nyangka! Ini Alasan Seseorang Memilih Menjadi Vegan

Kamu mau juga?

Vegetarian kini tak hanya bicara soal ideologi, tetapi telah menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Sejumlah public figure pun perlahan lebih banyak beralih memakan sayur-sayuran dibanding daging. Namun, ternyata ada perbedaan makna antara vegan dam vegetarian. Wah, apa saja ya?

Vegetarian vs Vegan.

Nggak Nyangka! Ini Alasan Seseorang Memilih Menjadi Veganpixabay

Selama ini, seseorang yang tidak mengkonsumsi makanan berasal dari (bagian tubuh) hewan disebut sebagai vegetarian. Mereka masih bisa menikmati telur dadar atau keju dari susu sapi. Tetapi tidak mengkonsumsi daging steak, bakso, atau sosis. 

Sedangkan, seorang vegan tidak mengkonsumsi semua olahan turunan dari hewan tersebut. Di antaranya seperti susu sapi, telur ayam, keju dari susu sapi, dan sebagainya. Mereka menikmati olahan makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan seperti jenis umbi, kacang, buah, padi. 

Bagi orang lain yang tidak menjalani gaya hidup seperti itu, tentu akan heran bagaimana seseorang bisa tahan tanpa makan hidangan lezat seperti semangkuk bakso, pepperoni pizza, atau ayam kentucky? Terdapat banyak alasan mengapa seseorang memilih hidup sebagai vegan atau vegetarian. 

Baca juga: Waspadalah, Ini 10 Daftar Makanan Paling Berbahaya di Dunia

Alergi jadi salah satu alasan.

Nggak Nyangka! Ini Alasan Seseorang Memilih Menjadi Veganpexels.com

Beberapa orang tidak seberuntung kamu yang bisa bebas makan tanpa pantangan. Ada yang sedari bayi memiliki alergi protein hewani seperti pada udang, ikan, atau putih telur. Seperti diketahui, anak-anak cenderung alergi terhadap susu sapi, sedangkan orang dewasa alergi dengan kepiting. Bahkan, bagi segelintir orang alergi yang mereka alami bisa menyebabkan sesak nafas, gangguan fungsi otak, atau kematian. Sehingga pada dosis tertentu mereka mungkin masih bisa toleran dengan dampaknya, tapi tidak lebih dari itu. 

Selain alergi, seorang memilih vegan atau vegetarian karena menjunjung tinggi hak asasi hewan. Gaya hidup tersebut menjadi bentuk protes eksploitasi hewan untuk dijadikan makanan atau minuman. Salah satu kasus yang sempat menjadi trending yaitu eksploitasi peternakan penyu berkedok konservasi di Bali.

Hewan ternak lain seperti ayam, sapi, atau unggas lain juga tidak luput dari kekejaman. Hewan ternak tersebut mungkin memang sudah biasa dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai olahan makanan. Namun, seringkali peternak membiarkan hewan tersebut menderita lama hanya untuk memperoleh keuntungan. 

Makanan sehat demi hidup lebih baik.

Nggak Nyangka! Ini Alasan Seseorang Memilih Menjadi Veganpexels.com

Terlepas dari kedua alasan di atas, beberapa orang mungkin bukan tidak tega atau terlalu peduli dengan polemik hewan ternak. Namun, tetap memilih gaya hidup sebagai vegan atau vegetarian demi kesehatan pribadi. Menjaga kesehatan lebih baik dilakukan sejak dini, supaya tidak perlu jatuh sakit dulu baru melakukan pantangan. Pola makan sehat yang disertai dengan olahraga bisa membantu kinerja jantung, hati, dan otak kita lebih maksimal. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Baca juga: Mau Diet Efektif? Coba Kurangi Konsumsi Makanan Ini!

Fransiska Dessy Photo Writer Fransiska Dessy

Kata Albert Einstein, "saat kamu berhenti belajar, kamu sekarat".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya