Comscore Tracker

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahap

Yuk coba masak agar tidak bosan dengan menu itu-itu saja

Ikan menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin, lemak, hingga protein bermanfaat bagi tubuh. Dalam industri kuliner, terdapat banyak sekali kreasi pengolahan ikan, terutama bagi jenis-jenis berdaging putih.

Menyinggung soal pengolahan ikan, terdapat cara seru untuk membuat hasil tangkapan laut tersebut jadi crispy seperti lima kreasi hidangan berikut ini.

1. Crispy oven baked fish

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahapilustrasi crispy oven baked fish (unsplash.com/LikeMeat)

Olahan berikut ini terkenal dengan ciri berupa penggunaan tepung roti pada bagian luar hidangan sehingga seluruh bagian luar menjadi lebih renyah saat digigit namun daging ikan tersebut tetap lembut dan gurih.

Cara pemasakan crispy oven baked fish sendiri dilakukan dengan proses pemanggangan sehingga tak perlu khawatir akan meneteskan minyak dan membuat tenggorokan kurang nyaman ketika mengonsumsi makanan tersebut.

2. Pan fried fish

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahapilustrasi pan fried fish (unsplash.com/Homescreenify)

Bagi kamu yang ingin mengolah ikan dengan cara praktis namun tetap renyah, maka pan fried fish bisa menjadi solusi. Tips yang perlu diperhatikan ketika menggoreng ikan supaya crispy terletak pada kondisi daging.

Pastikan bahwa ikan fillet yang hendak dimasak sudah dalam kondisi kering. Dan untuk memaksimalkan hal tersebut cobalah memberi sedikit taburan tepung supaya ikan jadi lebih garing.

Baca Juga: 5 Olahan Berbahan Ikan dan Lemon yang Bikin Sajian Makin Nikmat

3. Crispy fish schnitzel

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahapilustrasi crispy fish schnitzel (unsplash.com/Nick Fewings)

Schnitzel adalah sebutan bagi olahan daging baik itu sapi atau ayam yang dibuat tipis serta dibaluri menggunakan adonan tepung terigu dan bread crumbs untuk menciptakan makanan crispy dan bentuk mirip steak lebar.

Schnitzel kerap kali disajikan bersama sayur-mayur untuk membuatnya makin enak. Namun gak melulu daging sapi dan ayam, schnitzel pun bisa lho diolah menggunakan ikan. Bila tepung roti sudah terbalur rata, jangan lupa digoreng sampai kecokelatan ya.

4. Fish and chips

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahapilustrasi fish and chips (unsplash.com/Kirill Sharkovski)

Fish and chips jadi salah satu makanan cepat saji populer yang diolah dari ikan fillet berbalut adonan tepung lalu digoreng, bersama kentang yang gurih dan garing. Sementara untuk menciptakan rasa makanan supaya makin beragam, fish and chips ini selalu dihidangkan bersama saus tartare bercita rasa segar.

5. Battered fish

5 Hidangan Ikan Crispy yang Bikin Santap Siang Makin Lahapilustrasi battered fish (unsplash.com/Calvin Ma)

Olahan ikan crispy berikut ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena adonan pelapis dibuat menggunakan larutan tepung terigu yang kental tanpa bread crumbs. Sehingga ketika selesai digoreng, permukaan ikan akan tampak lebih halus namun hal tersebut tak sampai menghilangkan kerenyahan yang ada.

Itu dia kelima sajian ikan crispy yang bisa coba dimasak di rumah sebagai makanan enak dari hasil tangkapan laut. Gimana, apakah kamu sudah menemukan menu yang cocok untuk dimasak hari ini?

 

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya