Comscore Tracker

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!

Yang hobi ngerujak, wajib tahu makanan serba timun ini

Mentimun jadi salah satu sayur yang memiliki sensasi dingin ketika dimakan langsung, maka nggak heran bila hasil tanam ini selalu ditemui sebagai pendamping atau lalapan dalam beberapa masakan Indonesia.

Namun karena keseringan dijadikan pendamping, sebetulnya mentimun juga dapat dijadikan bintang dalam suatu olahan tertentu. Bahkan, berikut ini ada lima santapan serba timun kesukaan masyarakat yang bisa dibuat di rumah.

1. Tumis timun telur

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!ilustrasi tumis timun telur (pixabay.com/RitaE)

Kreasi dari mentimun yang satu ini cukup gampang untuk dimasak karena memerlukan bahan-bahan yang umum tersedia di dapur. Belum lagi tumisan juga dilengkapi dengan telur sehingga membuat masakan tambah enak.

Persiapan bumbu bisa dimulai dari menghaluskan bawang putih, bawang merah, sampai cabai rawit. Kemudian masak memakai sedikit minyak, tambahkan telur, irisan timun, dan sedikit air. Aduk-aduk sampai seluruhnya matang.

2. Acar timun wortel bumbu kuning

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!ilustrasi acar timun wortel bumbu kuning (yummy.co.id/Aisah)

Makanan berikutnya sangat kental akan penggunaan kunyit sehingga warna makanan pun didominasi oleh kuning. Meski begitu, rasanya tetap enak dan pas banget kalau untuk ide makan sayur yang berbeda namun tetap praktis.

Nah, proses pembuatan acar timun dan wortel ini memerlukan bahan-bahan lain yang perlu dihaluskan. Sebut saja bawang-bawangan, kemiri, dan cabai untuk menciptakan sensasi pedas. Tumis seluruh komponen dan biarkan hingga matang.

Baca Juga: 5 Variasi Salad dari Mentimun yang Terasa Segar dan Menggugah Selera

3. Sayur timun santan

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!ilustrasi sayur timun santan (pixabay.com/Rajeesh T K)

Siapa bilang sayur santan cuma bisa diisi dengan bahan baku yang berat? Nyatanya meskipun hanya menghadirkan timun, namun sayur ini tetap enak dan bisa bikin kamu ketagihan juga, lho.

Bumbu yang digunakan dalam sup terbilang sederhana. Bisa dengan mengiris bawang-bawangan dan cabai, lalu tumis sesaat. Masukan santan, irisan timun, serta bumbu, dan biarkan matang.

4. Rujak timun

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!ilustrasi rujak timun (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Memiliki perpaduan sensasi yang dingin membuat mentimun juga direkomendasikan apabila hendak dibuat rujak. Rujak menjadi salah satu makanan wajib Indonesia yang biasanya menemani waktu santai di siang hari, supaya terasa lebih fresh.

Macam-macam rujak tersedia untuk dikolaborasikan bersama mentimun. Namun, kamu dapat pula menggunakan perpaduan antara gula merah, terasi, cabai rawit, asam jawa, serta sedikit gula untuk menyeimbangkan rasa.

5. Urap timun

5 Kreasi Masakan dari Timun, Disukai Masyarakat Indonesia!ilustrasi urap timun (pixabay.com/Myléne)

Timun juga bisa dibuat sebagai urap sayur yang enggak kalah gurih dan segar, dibandingkan urap mainstream lainnya. Terlebih, proses pembuatannya juga tidak memakan waktu sama sekali. Bisa hanya dengan mencampurkan irisan timun bersama bawang-bawangan dan bumbu penambah rasa. Kemudian lengkapi menggunakan parutan kelapa, maka urap timun pun siap untuk dikonsumsi.

Tuh kan, mentimun enggak cuma cocok dijadikan pendamping atau lalap. Buktinya lima santapan favorit di atas tetap eksis dan banyak disukai masyarakat Indonesia, meski cuma menghadirkan sayuran segar ini.

Baca Juga: 5 Hidangan dari Mentimun Iris yang Bikin Makanan Jadi Lebih Segar

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya