Comscore Tracker

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbeda

Kesegarannya bakal sukses memikat lidah kamu, lho!

Selama lebaran beberapa waktu lalu, umumnya terdapat stok sirup jeruk yang begitu melimpah di rumah. Biasanya bahan tersebut digunakan sebagai alternatif minuman yang kemudian diseduh bersama es batu agar terasa lebih menyegarkan.

Jika kamu sudah merasa bosan dengan sisa sirup jeruk yang ada, jangan lupa untuk memanfaatkan keberadaan bahan tersebut dengan dijadikan lima hidangan hits berikut ini.

1. Rujak mangga sirup jeruk 

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbedailustrasi rujak mangga sirup jeruk (pexels.com/Mix and Match Studio)

Sirup ternyata bisa dijadikan pendamping untuk olahan rujak agar rasa manis pedasnya semakin seimbang. Makanan tersebut pun cocok sekali dinikmati dengan cara digabungkan bersama buah segar seperti mangga.

Pilih buah mangga mengkal untuk dipotong-potong, kemudian buat kuahnya dari campuran sirup jeruk, air putih, dan irisan cabai. Lalu aduk-aduk seluruh bahan tersebut dan sajikan di saat cuaca sedang panas terik agar hidangan makin terasa maksimal.

2. Bolu sirup jeruk 

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbedailustrasi bolu sirup jeruk (pexels.com/Mumma Oyens)

Santapan selanjutnya yang juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sisa sirup jeruk yang ada di rumah adalah kue bolu. Hidangan ini dapat cocok sekali dijadikan teman ngemil bareng keluarga atau teman terdekat selama berkumpul di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan di dalam kue pun tidak jauh berbeda dari bolu biasa, mulai dari tepung, pengembang, telur, margarin atau minyak sayur. Kemudian tambahkan juga susu kental manis dan sirup jeruk sebagai penambah rasa dari adonan tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Kreasi Popsicle Berbahan Jeruk Nipis yang Segar

3. Puding susu sirup jeruk 

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbedailustrasi puding susu sirup jeruk (pexels.com/Kezia Lynn)

Olahan ketiga yang gampang untuk dibuat menggunakan sisa bahan dari sirup jeruk adalah puding. Tentunya makanan ini sudah begitu terkenal di dalam industri kuliner khususnya di Tanah Air karena bisa dibuat dengan komponen sederhana pakai bahan-bahan yang ada.

Pada proses pembuatan puding kali ini, kamu bisa memanfaatkan keberadaan agar-agar tanpa rasa yang nantinya akan dicampur bersama sirup jeruk serta susu agar terasa lebih creamy.

Bila ingin lebih menarik, kamu juga dapat membuat dua adonan berbeda. Satu rasa sirup jeruk dan satunya lagi rasa susu kental manis. Kemudian dinginkan dua lapisan tersebut sampai set sebelum disajikan.

4. Cup cake sirup jeruk 

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbedailustrasi cup cake sirup jeruk (pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush)

Bukan cuma kue bolu berukuran besar saja yang bisa memanfaatkan keberadaan sisa dari sirup jeruk. Melainkan rekanannya pun bisa diolah dengan bahan yang sama, apalagi kalau bukan si mungil cupcake.

Hidangan ini dapat dimaksimalkan dengan keberadaan sirup jeruk yang ditambahkan ke dalam adonan tepung. Selain itu penggunaan sirup juga dapat dimasukkan ke dalam adonan butter cream sehingga rasa buahnya jadi tajam tercium.

5. Bubble sirup jeruk     

5 Sajian dari Sisa Sirup Jeruk Lebaran, Tampilannya Jadi Berbedailustrasi bubble sirup jeruk (pexels.com/Carla Gutierrez)

Beralih ke minuman, kali ini sirup jeruk tersebut bisa diseduh dengan cara yang sedikit lebih unik mengikuti minuman-minuman kekinian yang saat ini laris manis dijual di cafe atau coffee shop kekinian.

Khusus untuk minuman yang satu ini, bahan yang diperlukan tidak banyak lho sebab kamu hanya perlu menyiapkan sirup jeruk, air putih, es batu, dan bubble manis yang sudah siap digunakan. Dengan begini, minuman pun cocok dinikmati bareng hidangan utama favorit.

Sirup menjadi salah satu minuman yang selalu ada saat lebaran, namun terkadang sisanya justru tidak terlalu dilirik karena merasa sudah bosan. Oleh sebab itu memanfaatkan keberadaan sirup menjadi lima santapan di atas bisa membuat bahan tersebut terjadi cepat habis di rumah.

Baca Juga: 5 Sajian Orange Julius, Bikin Olahan Jeruk makin Yummy!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya