Comscore Tracker

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Dapat kita gunakan untuk menghasilkan masakan yang bergizi

Cara mengolah makanan tidak kalah penting pula untuk diperhatikan. Boleh jadi kita mengonsumsi makanan yang dikenal bergizi tinggi dan waktu yang digunakannya pun sesuai dengan 'jam makan' tubuh, tetapi semua itu jadi kurang berarti kalau makanan yang di sajikan telah kehilangan zat gizinya karena proses pengolahan dan penyajiannya kurang tepat. Cara pengolahan berkaitan erat dengan teknik memasak, sedangkan cara penyajian berkaitan erat dengan teknik combining antara satu bahan makanan dengan bahan makanan lainnya.

Teknik memasak yang sehat adalah bagaimana menciptakan masakan yang enak tanpa 'mengorbankan' kandungan gizi dari makanan tersebut, atau tanpa menambahkan unsur-unsur kurang penting dalam masakan secara berlebihan, semisal lemak jenuh, garam, atau penyedap rasa.

Ada lima teknik yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan masakan yang terjaga nilai gizinya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Memanggang

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehatilustrasi memanggang (pixabay.com/Free-Photos)

Memanggang daging merah, unggas, atau ikan, termasuk cara bijak dalam memasak. Dengan memanggang kita tidak perlu menambah lemak apa pun pada makanan.

Namun perlu diingat, pada saat memanggang, kita pun harus berhati-hati agar daging yang kita panggang tidak sampai gosong. Tak hanya sehat, rasa juga penting dalam masakan. 

2. Mengoven

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehatilustrasi memanggang di oven (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Proses mematangkan makanan dengan cara mengoven sangat mirip dengan memanggang. Bedanya, panas di oven datang dari atas daging daripada dari bawah.

Mengoven dapat memperpendek waktu memasak. Dengan demikian, kerusakan pada makanan relatif sedikit. 

3. Menggunakan pressure cooker

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehatmemasak dengan pressure cooker (pixabay.com/Counselling / 1187 foto)

Memasak dengan menggunakan tekanan (pressure) termasuk cara yang sangat bagus dalam memasak daging, unggas, atau ikan. Pasalnya, cara ini dapat mempercepat waktu memasak.

Dengan teknik ini makanan bisa matang dalam waktu cepat tanpa banyak terkena suhu tinggi sehingga lebih banyak nutrisi yang terawetkan. Memasak dengan menggunakan tekanan sangat baik untuk potongan ketat daging atau membuat sup lezat dan minuman. 

Baca Juga: 5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!

4. Menggoreng

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehatmenggoreng daging (pixabay.com/felix_w)

Menggoreng dengan mengaduk-aduk makanan adalah cara yang paling lazim dalam memasak, khususnya dalam memasak daging, unggas, ikan, dan sayuran karena menggunakan waktu memasak yang singkat. Agar lebih optimal, kita dapat menggunakan minyak kanola, yang merupakan lemak sehat memasak.

Penggorengan dengan cara mengaduk juga nyaman. Pasalnya, kita hanya membutuhkan satu panci besar untuk menggabungkan daging atau ikan dengan sayuran segar, nasi, atau mi. 

5. Merebus

5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehatilustrasi merebus (pixabay.com/jasongillman)

Merebus termasuk cara yang paling umum dalam memasak makanan. Khususnya untuk mengolah sayuran.

Sama seperti teknik memasak lain, agar zat gizi dari makanan tidak hilang, proses merebus sebaiknya tidak terlalu lama. Sebagai contoh, ketika kita akan memasak sayuran dengan cara merebus, sebaiknya kita biarkan air mendidih kurang lebih 2 menit hingga oksigen berkurang baru kemudian kita masukkan sayurnya.

Demikian cara memasak bahan makanan dengan cara yang lebih sehat. Jangan lupa gunakan bahan-bahan yang bergizi.

muhammad difa Photo Writer muhammad difa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya