Comscore Tracker

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihan

Ini membantu supaya kita lebih cepat pulih

Akhir-akhir ini, bersepeda kembali digemari oleh masyarakat. Jalanan pun ramai dengan para pesepeda yang datang dari segala usia, latar belakang, dan jenis kelamin. Namun, jarang yang memerhatikan kebutuhan nutrisi untuk pemulihan setelah bersepeda.

Padahal, nutrisi ini penting untuk mempercepat recovery atau pemulihan agar otot pulih dan rasa nyeri berkurang. Dapatkan nutrisi tersebut dari makanan dan minuman ini, yuk!

1. Milkshake cokelat

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihankelseywells.com

Mengapa milkshake cokelat direkomendasikan untuk diminum setelah bersepeda? Minuman ini mengandung karbohidrat dan protein dengan perbandingan 4:1 yang bisa mengoptimalkan pemulihan, tutur laman Real Buzz.

Milkshake cokelat bisa diminum setelah berolahraga. Minuman ini bisa menjadi pengganjal lapar dan haus sekaligus. Akan lebih baik jika diberi tambahan, seperti buah pisang dan selai kacang yang diblender bersamaan, lalu ditaburi chia seed di atasnya.

2. Daging ayam

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihanfoodlove.com

Dalam 100 gram daging ayam, ada sekitar 18 gram protein. Selain itu, ada omega-3 yang bersifat antiinflamasi dan asam amino yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi otot, terang laman Real Buzz.

Disarankan untuk mengonsumsi dada ayam panggang setelah bersepeda. Ini akan membantu proses pemulihan dan mempersiapkan otot untuk aktivitas berikutnya. Selalu pilih dada ayam dibanding bagian lainnya karena tinggi protein dengan sedikit lemak.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil 

3. Salmon

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihancookscountry.com

Tak ada salahnya untuk mengonsumsi salmon setelah bersepeda. Sebab, ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan otot pascalatihan. Penjelasannya, omega-3 menurunkan prostaglandin, senyawa alami yang meningkatkan peradangan.

Kandungan protein tanpa lemak pada salmon bisa mempercepat pemulihan. Dalam 100 gram salmon mengandung 22 gram protein. Salmon juga mengandung vitamin D, B6, dan B12 yang bisa meningkatkan energi, jelas laman Real Buzz.

4. Ubi jalar

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihanthewoksoflife.com

Setelah beraktivitas fisik, kadar glikogen tubuh akan turun. Ubi jalar bisa menjadi sumber karbohidrat kompleks yang baik dan bisa memulihkan kadar glikogen. Dalam 100 gram ubi jalar, terdapat 21 gram karbohidrat, ujar laman Nutritionix.

Selain itu, ubi jalar juga kaya serat, betakarotena, vitamin C, mangan, dan kalium, tutur laman Real Buzz. Disarankan untuk mengonsumsi ubi jalar dengan cara dikukus agar lebih sehat.

5. Energy bar

Hobi Bersepeda? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mempercepat Pemulihanjuliemorris.net

Energy bar adalah opsi yang paling praktis sebab kamu bisa mendapatkannya di toko terdekat. Disarankan untuk memilih protein bar karena dirancang khusus untuk membantu perbaikan otot setelah latihan, saran laman Veloforte.

Bahan apa yang harus ada dalam sebuah energy bar? Baiknya, energy bar itu mengandung oat, kurma, kacang, madu, dan minyak kelapa. Kurma bisa membuat rasanya manis tanpa gula atau sirop jagung fruktosa tinggi, sementara madu digunakan sebagai pemanis dan pengikat alami.

Nah, itulah lima makanan dan minuman yang baik untuk pemulihan pascabersepeda. Jangan lupa dicoba, ya!

Baca Juga: Stop! Jangan Konsumsi 9 Makanan Ini Setelah Minum Obat

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya