Comscore Tracker

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesia

Jadi direpotkan lagi dengan biji lemon nih!

Lemon merupakan salah satu jenis buah jeruk yang kerap dikonsumsi sebagai jus dan penyegar makanan.

Tapi, proses pembuatan lemon menjadi jus atau lemonade kadang sedikit repot karena terdapat biji yang cukup banyak. Nah, karena itu lemon Montaji Agrihorti bisa jadi solusi bagi kamu pencinta lemon nih. Variasi lemon unik satu ini dikembangkan oleh peneliti Indonesia lho.

Simak beberapa faktanya berikut ini yuk! 

1. Hasil penelitian dari Badan Penelitian dan Pemgembangan Pertanian

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesiailustrasi lemon montaji (unsplash.com/Julia Peretiatko)

Para peneliti dari Balitbangtan ini berlokasi tepatnya di Batu, Jawa Timur. Mereka meneliti di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropis yang kini menghasilkan beragam varietas buah jeruk seperti lemon Montaji Agrihorti tanpa biji ini yang dirilis ke publik pada tahun 2018. 

2. Mudah dibudidayakan sendiri

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesiailustrasi pohon lemon (unsplash.com/Ildar Garifullin)

Bagi kalian yang suka bercocok tanam, lemon Montaji Agrihorti cukup mudah untuk dirawat dan dikembangkan. Kalian hanya perlu menanam bibitnya di pot, tabulapot, atau di tanah lapang. 

Lemon Montaji Agrihorti tumbuh dengan baik meski pun medianya terbatas dengan jangka waktu panen sekitar 6-7 bulan. Satu pohon yang tumbuh dengan baik dapat menghasilkan buah 8-13 kilogram buah setiap tahunnya. 

Baca Juga: 8 Rahasia Lemon yang Belum Diketahui Banyak Orang, Ajaib Banget!

3. Memiliki keunikan dari lemon lainnya

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesiailustrasi lemon montaji (unsplash.com/Claudia Soares)

Lemon ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan lemon lainnya yang diameter rata-ratanya adalah sekitar 5-8 cm. Tekstur kulitnya pun licin dan halus serta lebih tipis dari lemon lainnya. 

Kandungan air dan vitamin dari lemon Montaji Agrihorti ini lebih tinggi. Serta keunggulan utamanya yaitu tak memiliki biji sehingga memudahkan untuk dikonsumsi. 

4. Memiliki kandungan yang punya banyak manfaat

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesialemon tanpa biji (unsplash.com/Mary Khaliqi)

Dalam satu buah Montaji Agrihorti terdapat banyak kandungan seperti Vitamin C, B1, B2, B3 dan B5. Gak cuma itu, adanya asam sitrat, asam folat dan senyawa lainnya dalam kandungan lemon ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. 

Sejak dulu, lemon memang dikenal sebagai buah yang memberi manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi di antaranya dapat menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan sebagai antobodi. 

5. Diharapkan menjadi alternatif bagi masyarakat

5 Fakta Lemon Montaji Agrihorti, Lemon Tanpa Biji Inovasi Indonesialemon infused water (unsolash.com/Charity Beth Long)

Selama beberapa tahun belakangan, Balitbangtan telah menghasilkan 6 varietas baru jeruk fungsional yang bisa dikonsumsi masyarakat. Kualitasnya pun tak kalah dari buah lainnya dan terus diupayakan agar dapat meningkatkan kualitas ekspor jeruk. 

Dengan adanya Montaji Agrihorti sebagai contoh lemon unik tanpa biji ini masyarakat diharap memilih produk lokal. Selain mudah diolah menjadi jus, lemonade, atau infused water, rasanya juga tak kalah segar dari lemon asal luar negeri lho. 

Nah, itu dia lima fakta dari lemon unik bernama Montaji Agrihorti yang dikembangkan oleh para peneliti asal Indonesia. Gimana, kalian sudah pernah coba belum? 

Baca Juga: 11 Kreasi Minuman Unik Berbahan Lemon Selain Lemon Tea, Segar Banget

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya