Comscore Tracker

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Jangan ngaku pernah ke Bandung jika belum pernah coba jajanan-jajanan ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia.Selain udaranya yang sejuk, beragam objek wisata baik alam maupun wisata belanja, Bandung juga terkenal sebagai "Surganya Wisata Kuliner"

Segala macam jenis kuliner yang unik dan enak, dari mulai yang tradisional hingga modern banyak tersedia di ibukota priangan Jawa Barat ini. Nah, berikut ini 7 jajanan khas Kota Bandung yang wajib dicoba oleh kalian semua:

1. Cimol Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanresepdanmasakan.com

Cimol berasal dari kata aci dan gemol yang disingkat menjadi cimol. Aci yang berarti bahan utama makanannya adalah aci (Tepung Kanji) dan gemol adalah pembentukan aci dengan cara dibentuk bulat. Cimol biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau taburan bumbu kering seperti rasa berbeque, balado, keju dan banyak lainnya. 

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal, menjadikan cimol menjadi salah satu jajanan kuliner khas Bandung yang disukai oleh berbagai kalangan usia.

2. Siomay Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanyoutube.com

Saking populer dan terkenalnya, jenis makanan yang berasal dari kota Bandung ini mudah didapatkan dimanapun anda berada. Baik di Mall, di pasar ataupun pedagang kaki lima. Siomay Bandung terkenal akan rasa ikan tenggirinya yang khas. Biasanya, siomay selalu dijual berbarengan dengan batagor.

3. Batagor Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanyoutube.com

Kurang afdol rasanya kalau membeli siomay bandung tanpa membeli juga batagornya sekalian. Selayaknya sahabat karib, siomay dan batagor tidaklah bisa dipisahkan. Nama batagor itu sendiri merupakan singkatan dari bakso dan tahu goreng.

Batagor merupakan makanan yang di buat dengan bahan adonan ikan & tepung kanji yang kemudian di jadikan satu dan di goreng. Disajikan bersama bumbu atau saus kacang, batagor siap membuat kalian ketagihan lagi dan lagi.

4. Cilok Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanresepmakanenak.com

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa jajanan yang sangat melegenda ini berasal dari Kota Bandung. Cemilan bertekstur kenyal berisi daging yang dipadukan dengan siraman bumbu kacang yang nikmat, sangatlah mudah kita temukan di pinggir jalan ataupun di tempat perbelanjaan. 

Dewasanya saat ini, cilok telah di kombinasikan dalam berbagai bahan dan juga saus dalam penyajiannya. 

5. Surabi Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkantribuntravel.com

Makanan tradisional khas bandung yang sudah sangat populer di seluruh indonesia ini, merupakan makanan khas yang dibuat dari tepung. Surabi ini sendiri bentuknya hampir mirip dengan pancake. Akan tetapi, surabi di buat dengan di bakar di atas tungku cetakan tanah liat.

Tidak ingin ketinggalan jaman, saat ini banyak sekali varian toping surabi yang bisa kamu pilih. Seperti keju, coklat, durian dan masih banyak lainnya.

6. Mie Kocok Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanculturenesia.com

Makanan yang satu ini tentu sangat mudah bisa kita temukan di Kota Bandung. Baik itu di pedagang kaki lima ataupun di restoran. Mie Kocok merupakan hidangan mie yang di campur dengan berbagai sayuran dan biasanya ditambah dengan kikil sapi.

Makanan ini dinamakan mie kocok karena saat proses pembuatannya mienya dikocok dan diaduk hingga terolah secara sempurna. Tertarik mencoba?

7. Peuyeum Bandung

7 Jajanan Khas Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkanwisataku.id

Berbicara soal jajanan khas Kota Bandung, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas peuyeum. Makanan berbahan dasar singkong yang difermentasikan ini sangatlah enak dan populer. Bahkan saking khasnya, peuyeum biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang kebetulan sedang berada di Kota Bandung. Sudah pernah coba?

 

So Guys, selamat berwisata kuliner!

 

Ryan Pratama Photo Writer Ryan Pratama

Hanya seorang kura-kura

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya