Comscore Tracker

Green Tea vs. Kopi, Mana yang Sebenarnya Lebih Menyehatkan?

#MasakItuGampang Dilema di antara 2 minuman enak

Kopi dan green tea mengandung kafein dalam jumlah yang berbeda, namun sama-sama mengandung anti oksidan yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Keduanya aman dan menyehatkan untuk rutin dikonsumsi, kecuali bagi ibu hamil yang harus membatasi asupan kafein per harinya, yaitu kurang dari 200 mg per hari.

Meski pun sama-sama mengandung kafein, per cangkirnya green tea mengandung 26 mg sementara kopi mengandung kafein sekitar 150 mg. Lantas, manakah yang lebih menyehatkan untuk tubuh?

1. Kedua jenis minuman ini sama-sama memiliki manfaatnya, sehingga sebenarnya tak bisa dibandingkan begitu saja

Green Tea vs. Kopi, Mana yang Sebenarnya Lebih Menyehatkan?unsplash.com/@veeo

Kedua minuman lezat ini sama-sama bisa membantu meringankan penderita diabetes tipe 2. Orang yang rutin konsumsi kopi akan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Pecinta green tea tak perlu iri, kalau kamu gemar minum ini, risiko terkena gangguan jantung dan stroke juga akan menurun hingga 40%.

2. Kedua minuman ini juga dikenal memperlancar metabolisme, namun tak terlalu bagus untuk kesehatan oral

Green Tea vs. Kopi, Mana yang Sebenarnya Lebih Menyehatkan?unsplash.com/@asoggetti

Sudah jadi rahasia umum kalau green tea bisa membakar lemak dan bahkan membantumu mengurangi berat badan jika sedang menjalani diet. Beberapa studi juga menunjukkan jika konsumsi kopi dan green tea bisa meningkatkan metabolisme di tubuh hingga 11%. Meski pun angka ini tergolong kecil, namun sangat berpengaruh dalam menunjang program dietmu.

Tapi kalau kamu terlalu sering minum green tea dan kopi, bukan tak mungkin lagi kalau gigimu akan memiliki noda. Jadi, pintar-pintar merawat kebersihan mulut ya kalau kamu hobi minum kopi dan green tea.

3. Lantas, apa kesimpulan dari perbandingan 2 minuman lezat ini?

Green Tea vs. Kopi, Mana yang Sebenarnya Lebih Menyehatkan?unsplash.com/@brookelark

Dua minuman lezat ini sama-sama mengandung kafein yang jumlahnya sama tingginya dengan kandungan anti oksidan yang dimiliki. Manfaat rutin minum kedua jenis minuman ini bisa dirasakan karena efek antioksidan yang disebut 'hormesis'. Hormesis adalah fenomena biologis yang membuat tubuhmu menjadi lebih toleran terhadap stres.

Penting untuk diketahui bahwa polifenol dalam kopi dan teh adalah zat yang asing bagi tubuh, sehingga secara otomatis juga akan meningkatkan sistem imun.

Kalau kamu lebih pilih minum teh, teruskan saja kebiasaan sehat ini. Kalau lebih pilih kopi, nggak ada masalah juga. Tapi selalu perhatikan untuk tak minum terlalu banyak karena semua yang terlalu banyak itu tak pernah baik.

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You