Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!

Mau coba makanan yang mana dulu, nih?

Buton merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara dengan pusat pemerintahan ada di Pasarwajo.

Selain destinasi wisata yang memukau, kabupaten ini juga memiliki ragam kuliner khas lezat yang resepnya diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang, yaitu kerajaan Buton.

Nah, berikut ini terdapat 5 rekomendasi kuliner nikmat khas Buton yang sayang untuk dilewatkan. Simak, ya!

1. Kambewe

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!Kambewe (instagram.com/dinarkitc)

Kambawe merupakan lepat jagung khas Buton. Bahannya hanya menggunakan jagung yang dihaluskan tanpa diberi tambahan bahan lain. Kemudian jagung tersebut dibungkus menggunakan daun jagung lalu dikukus hingga matang.

2. Ikan parende

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!Ikan parende (instagram.com/rasasayange)

Ikan parende merupakan jenis kuliner berupa sup ikan bumbu kuah kuning. Ikan yang digunakan haruslah ikan pelagis yang meliputi ikan tuna, ikan cakalang, dan ikan tongkol.

Sementara itu, bumbu-bumbu yang digunakan terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, belimbing wuluh, dan bumbu rempah-rempah lainnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah di Pulau Buton yang Harus Didatangi

3. Ikan dole

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!Ikan dole (instagram.com/kitaina.id)

Bahan dasar ikan dole adalah ikan tenggiri. Sebelum diolah, ikan tenggiri dipisahkan dari tulangnya. Kemudian giling daging ikan lalu campur dengan kelapa muda yang sudah diparut. Terakhir, goreng ikan lode hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

4. Tuli-tuli

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!Tuli-tuli (instagram.com/citrainryani)

Bentuk kue tuli-tuli sangat unik, yaitu menyerupai angka delapan. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya ubi kayu yang diparut, kemudian diolah hingga menjadi tepung. Lalu dibentuk seperti angka delapan. Selanjutnya goreng hingga matang.

Kue tuli-tuli akan terasa lebih nikmat saat disantap bersama sambal khas Beton.

5. Epu-epu

5 Kuliner Khas Buton yang Populer, Lezatnya Getarkan Lidah!Epu-epu (instagram.com/asritcici)

Epu-epu bahan utamanya adalah tepung ketan. Kemudian tepung ketan tersebut dibuat adonan lalu di dalamnya diisi dengan gula merah dan kelapa parut. Setelahnya goreng epu-epu di dalam minyak panas hingga matang.

Beragam makanan khas Buton di atas bisa kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Makanan tersebut bisa menjadi makanan yang super lezat untuk temani liburan kamu, nih.

Baca Juga: 6 Wisata Gua Paling Cantik di Buton Tengah, Hidden Gems yang Memesona

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya