Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

Kamu paling tertarik mencicipi hidangan yang mana? #LokalIDN

Tana Tidung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Utara dengan Tideng Pale sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten ini tak hanya memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan, tapi juga ragam kuliner khas yang kelezatannya mampu menggugah selera. Tak heran jika Tana Tidung begitu populer di kalangan wisatawan.

Penasaran apa saja kuliner khas Tana Tidung yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sate temburung

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobasate temburung (instagram.com/estymaya07)

Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut yang tampilannya mirip seperti kerang. Cita rasa satenya sangat unik, tidak seperti sate lain yang biasa kamu jumpai. Perpaduan rasa gurih dari bumbu rempah dan segar dari jeruk nipis yang digunakan dijamin akan membuat siapa saja ketagihan sekali coba.

2. Nasi subut

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobanasi subut (instagram.com/natakitchen.id)

Setiap daerah di Indonesia memiliki olahan nasi khas yang berbeda-beda, tak terkecuali kabupaten Tana Tidung yang populer dengan nasi subut. Tampilan nasi ini sangat unik karena berwarna keunguan yang berasal dari ubi ungu.

Cita rasa nasi subut gurih dan lezat. Biasanya masyarakat setempat menyajikan nasi subut bersama dengan taburan jagung di atasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mandai, Fermentasi Kulit Cempedak Khas Kalimantan

3. Sambal ikan asin

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobasambal ikan asin (instagram.com/adhatalita)

Oleh masyarakat Tana Tidung sambal ikan asin dikenal juga dengan nama gammy. Proses pembuatan sambal ini terhitung mudah, yaitu ditumis bersama dengan saus gurih dan sayur singkong.

Perpaduan cita rasa pedas bercampur asam dan manisnya dijamin membuat siapa saja tak sabar untuk segera mencicipinya. Biasanya sambal ikan asin dijadikan sebagai lauk nasi subut yang khas dan populer.

4. Udang galah

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobaudang galah (instagram.com/cjshen77)

Udang galah yang bisa ditemukan di sungai Sesayap ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan badannya. Hal tersebut dikarenakan di dalam kepalanya terdapat banyak telur udang.

Daging udang galah memiliki rasa manis nan gurih serta tidak berbau tanah. Jadi, tanpa diberi tambahan bumbu apa pun rasanya sudah sangat nikmat.

5. Sate ikan pari

5 Kuliner Khas Tana Tidung yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Cobasate ikan pari (instagram.com/madewedastra)

Berbeda dengan sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam dan daging sapi, sate khas Tana Tidung dibuat dari ikan pari yang diperoleh khusus dari sungai Sesayap. Cita rasa satenya sangat khas sehingga membuat banyak orang penasaran ingin mencicipinya.

Mula-mula ikan pari harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian dipotong-potong dan direndam dalam air jeruk nipis. Lalu diberi bumbu rempah-rempah. Jangan lupa untuk melumurinya dengan madu dan kecap. Setelah itu sate ikan pari dibakar hingga matang.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Tana Tidung yang lezatnya dijamin bikin kamu ketagihan sekali coba. Apakah ada favoritmu?

Baca Juga: 7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya