Comscore Tracker

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!

Bahan-bahan yang diperlukan gak banyak kok!

Sarapan adalah hal penting yang tak boleh dilewatkan saat akan berangkat bekerja atau bersekolah untuk menambah energi di pagi hari. Namun, seringkali kamu kesulitan untuk menentukan pilihan menu yang tepat dan praktis untuk mengganjal perut.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki segudang pilihan menu sarapan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur. Berikut ini ide menu sarapan khas Korea Selatan yang praktis, lezat, dan mengenyangkan yang bisa ditiru di rumah.

1. Gyeran bbang

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi gyeran bbang (instagram.com/bonappetit_jenna)

Gyeran bbang atau yang juga dikenal dengan roti telur adalah salah satu camilan yang biasa disantap orang Korea saat sarapan. Di Korea, gyeranbbang menjadi menu sarapan praktis saat hendak berangkat kerja atau sekolah, lho.

Gyeran bbang adalah hidangan sederhana yang memadukan cita rasa manis dan asin, sehingga menjadikan salah satu menu sarapan yang ideal. Gyeran bbang biasanya disajikan dengan aneka topping, seperti jamur, ham, bacon, sosis, sayuran, dan irisan keju.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gyeran bbang sendiri yakni tepung terigu, mentega, telur, gula halus, plain yoghurt, baking powder, dan baking soda.

Setelah semua bahan tercampur, kalian hanya perlu memanggangnya selama 20-25 menit di oven. Selamat mencoba di rumah, ya!

2. Korean street toast

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi Korean street toast (instagram.com/melmeleats)

Meskipun korean street toast ini bisa dengan mudah ditemui di kedai-kedai pinggir jalan, tetapi saat ini kebanyakan orang mulai membuat sendiri sandwich khas Korea ini di rumah, lho. Selain lebih higienis, cara pembuatannya juga cukup mudah.

Sandwich panggang ini terbuat dari dua lembar roti tawar dengan saus tomat, telur dadar goreng, dan taburan gula. Orang Korea memilih hidangan ini sebagai sarapan karena praktis dan cepat dibuat sebelum berangkat bekerja.

3. Gyeran mari

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi gyeran mari (instagram.com/korea_kimchi_gel)

Selain gyeran bbang, Korea juga memiliki menu sarapan praktis lain yang terbuat dari telur. Gyeran mari adalah telur dadar gulung khas Korea yang menggabungkan berbagai macam bahan tambahan.

Hidangan ini biasanya terdiri dari telur dengan daun bawang, wortel, paprika, jamur, zukini, keju, daging sapi, dan rumput laut nori. Dengan berbagai macam bahan tambahan tersebut, gyeran mari cukup mengenyangkan saat disantap sebagai menu sarapan.

Baca Juga: 5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

4. Chungmu gimbap

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasu chungmu gimbap (instagram.com/ejskitchen1004)

Sesuai dengan namanya, jenis gimbap ini berasal dari Chungmu atau yang saat ini lebih dikenal dengan tongyeong. Saat membuat chungmu gimbap, kalian hanya memerlukan nasi dan rumput laut panggang sebagai bahan utama.

Cara membuat chungmu gimbap yakni dengan menggulung nasi dan rumput laut. Karena pembuatannya yang sederhana, jenis gimbap ini menjadi menu sarapan praktis di Korea dengan kimchi lobak dan cumi pedas sebagai lauk sampingan.

5. Chamchi gimbap

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi chamchi gimbap (instagram.com/0hwa__)

Selain chungmu, chamchi juga kerap menjadi menu sarapan praktis khas Korea yang biasanya dibuat dengan tuna kalengan. Selain nasi dan tuna, isian chamchi gimpap bisa beragam sesuai dengan selera pribadi seperti sayuran segar, acar, dan telur.

Tuna dalam chamchi gimbap biasanya dihaluskan, lalu dikombinasikan dengan mayones, moster, dan penyedap rasa.

Jenis gimbap ini dibungkus dengan rumput laut panggang dan disajikan dengan diiris-iris kecil.

6. Kimchi bokkeumbap

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi kimchi bokkeumbap (instagram.com/potatoxchipz15)

Saat kalian memiliki sisa kimchi di rumah, maka kimchi bokkeumbap adalah pilihan menu sarapan yang tepat. Kimchi bokkeumbap adalah hidangan beraroma yang terbuat dari nasi dan kimchi.

Kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk menambah cita rasa, seperti daging dan sayuran. Kimchi bokkeumbap biasanya disajikan dengan telur goreng atau ditaburi biji wijen dan bawang daun di atasnya sebagai topping.

7. Jeon

7 Ide Menu Sarapan ala Korea yang Praktis, Bisa Ditiru di Rumah!ilustrasi haemul pajeon (instagram.com/jingeats_)

Jeon atau yang dikenal dengan sebutan pancake Korea adalah hidangan yang biasa disantap saat sarapan dengan nasi sebagai lauk. Adonan jeon biasanya terbuat dari tepung beras dan telur.

Jeon tersedia dalam banyak macam sesuai dengan bahan-bahan tambahan yang digunakan. Pajeon adalah salah satu jenis jeon yang berbahan utama daun bawang, sementara kimchijeon menggunakan kimchi sebagai bahan utama.

Dengan ide menu sarapan khas Korea di atas, kalian tak perlu bingung untuk menentukan pilihan bahan untuk dimasak di pagi hari. Bahkan dengan bahan-bahan yang minim, kalian bisa membuat menu sarapan yang lezat dan praktis, lho.

Baca Juga: Simak 6 Fakta Makanan Tradisional Korea yang Ternyata Menyehatkan

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya