Comscore Tracker

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!

Cocok nih untuk kamu yang menghindari minyak sayur

Minyak sayur atau minyak goreng merupakan salah satu bahan dapur yang selalu tersedia di setiap rumah. Fungsinya yang memang sangat krusial untuk proses memasak membuat bahan yang satu ini bagai tak pernah surut dicari oleh orang-orang.

Namun, kadang kala kandungan di dalamnya cenderung mengandung lemak jenuh yang membuat makanan hasil gorengan menjadi tak sehat. Untuk itu, kamu dapat mengganti minyak sayur dengan beberapa bahan alternatif lainnya. Berikut lima daftarnya. 

1. Mentega

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!thelocal.de

Mentega memang salah satu bahan paling populer yang digunakan untuk menggoreng dan dapat menggantikan posisi minyak sayur. Namun, patut diakui bahwa mentega memiliki kandungan vitamin-vitamin dan lemak baik untuk tubuh.

Meskipun dapat menjadi rekomendasi, namun pastikan untuk tak menggunakannya secara berlebihan, ya. 

2. Minyak alpukat

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!productnation.co

Pernahkah kamu mendengar tentang minyak alpukat? Minyak yang satu ini dapat pula kamu gunakan untuk menggantikan posisi minyak sayur dalam berbagai proses memasak. Sebut saja seperti teknik menggoreng, menumis, memanggang, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan memanfaatkan minyak alpukat.

Selain itu, tentu semua orang tahu bahwa alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin dan lemak baik. 

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!

3. Minyak zaitun 

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!scitecheuropa.eu

Tentu semua orang pasti mengenal minyak yang satu ini. Kepopuleran dari minyak zaitun memang sangat besar sebab dinilai sehat dan dapat digunakan untuk segala macam hal, apalagi untuk aktivitas memasak.

Namun, penggunaan minyak zaitun hanya dapat digunakan untuk suhu rendah sebab kandungan baiknya dapat hilang apabila digunakan dalam suhu tinggi. 

4. Minyak wijen

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!jersey.desertcart.com

Bila kamu memiliki persediaan minyak wijen di rumah, maka dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif lain untuk menggantikan posisi minyak sayur. Kandungan minyak wijen dapat mencegah diabetes, menjaga kesehatan hati, dan menurunkan kadar kolesterol. Tentunya sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan menumis atau menggoreng. 

5. Minyak kelapa

5 Alternatif Pengganti Minyak Sayur, Lebih Sehat dan Efektif!today.com

Minyak kelapa juga tak luput dari pilihan sebagai alternatif pengganti minyak sayur untuk memasak. Minyak jenis ini memiliki berbagai kandungan yang sangat baik dengan fungsi-fungsinya yang menyehatkan untuk kesehatan tubuh. Bahkan, minyak kelapa sangat cocok digunakan untuk kamu yang sedang dalam proses diet. 

Nah, beberapa bahan-bahan alternatif di atas dapat menjadi pilihan terbaik untukmu yang ingin menggantikan minyak sayur dengan bahan-bahan lainnya. Mana yang paling sering kamu gunakan?

Baca Juga: 7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya