Comscore Tracker

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!

Wajib masuk ke dalam daftar wisata kulineran, nih!

Olahan nasi khas Sunda jadi salah satu kuliner yang menarik untuk dibahas. Kenapa nasi? Karena masyarakat Indonesia sudah lekat dengan yang namanya nasi, bahkan nasi jadi bahan pokok yang biasa disantap setiap hari.

Nah, masyarakat Jawa Barat sendiri umumnya sudah terbiasa mengenal olahan nasi seperti nasi goreng, nasi campur, nasi bungkus, dan nasi kuning. Namun sebenarnya masih ada, lho olahan nasi khas Sunda lainnya yang perlu kamu tahu. Penasaran apa saja? Di antaranya seperti kelima sajian olahan nasi berikut ini.

1. Nasi timbel

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!instagram.com/jktngobrolinmakan

Nasi timbel dibuat menggunakan nasi pulen yang dibungkus daun pisang, umumnya nasi timbel dibuat dari jenis beras merah campuran. Dulunya nasi timbel biasa disajikan oleh para petani untuk makan siang, lho. Namun kini nasi timbel bisa dinikmati siapa saja, bahkan jadi salah satu makanan favorit khas Sunda. Disajikan bersama lauk, nasi timbel jadi berpadu nikmat.

2. Nasi liwet

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!instagram.com/warungteteh_nasiliwet

Nasi liwet tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Solo, Jawa Tengah. Daerah Sunda pun mempunyai nasi liwet dengan cita rasa gurih tanpa menggunakan santan. Diracik dari bumbu dapur khas Indonesia seperti sereh, cabai rawit, bawang merah, bawang putih , daun kemangi, serta daun salam. Masyarakat Sunda umumnya menyajikan nasi liwet beserta pelengkap lauk sayur asem, ikan asin, tahu, dan tempe. Terbilang unik, tapi cita rasanya nagih.

3. Nasi tutug oncom

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!instagram.com/foodnusantara.id

Nasi tutug merupakan makanan tradisional khas Tasikmalaya berupa sajian nasi yang dicampur dengan lauk oncom baik digoreng ataupun dibakar. Pada awalnya penamaan 'tutug' berasal dari bahasa Sunda yang berarti menumbuk. Karena proses pembuatan makanan ini memang dibuat dengan cara ditumbuk bersama oncom.
Biasanya nasi tutug disajikan dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, sayur lalapan, dan sambal terasi.

Baca Juga: 7 Camilan Singkong dari Sunda yang Renyah Padat, Raos Pisan Euy!

4. Nasi cikur

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!instagram.com/ericekos

Menurut bahasa Sunda, nasi cikur berarti nasi yang terbuat dengan bumbu dari kencur, bawang merah, bawang putih, garam, dan terasi. Campuran bahan-bahan Inilah yang membuat nasi cikur terasa lebih unik dengan aroma wangi khas kencur yang siap dinikmati dengan pelengkap lauk.

5. Nasi jamblang

5 Sajian Olahan Nasi Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Bikin Lapar!instagram.com/cirebonkuliner_

Nasi Jamblang jadi kuliner nasi khas Sunda yang berasal dari Cirebon, ciri khas makanan ini adalah dibungkus menggunakan daun jati. Sama seperti kuliner nasi khas Sunda lainnya, nasi jamblang disajikan dengan lauk pauk yang beraneka ragam. Dijamin, deh sampai dibikin bingung pilih lauknya.

Nah, gimana sekarang sudah tahu kan apa saja sajian olahan nasi khas Sunda yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke daerah Jawa Barat. Kira-kira, kamu pernah coba yang mana nih?

Baca Juga: 6 Resto Makanan Sunda Terbaik di Kawasan Puncak Pass, Cita Rasa Juara!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya