Comscore Tracker

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmu

#PANJATPOIN Duh bikin kangen semua!

Masa kecil itu masa yang paling membahagiakan, di mana kamu bisa bermain sepuasnya dan makan sesukamu. karena itu, gak heran kalau makanan masa kecil itu selalu membuatmu senang. Seperti 11 jajanan jadul ini, siapa sih yang gak tersenyum saat menyantapnya. Jadi ingin balik ke masa kecil deh!

1. Kue rangi

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/kafebetawi_id

Kue rangi atau disebut juga sagu rangi merupakan makanan tradisional Betawi yang terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut. Tak lupa disajikan dengan kinca gula (cairan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung sagu). Kamu termasuk tipe yang menyantap kuenya bersamaan dengan kinca gulanya atau tipe yang menyantapnya secara terpisah?

2. Rambut nenek

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/lestariucilestari

Jajanan manis ini memiliki penyebutan nama yang berbeda, ada yang menyebutnya rambut nenek, arbanat, gulali, atau juga arumanis. Makanan yang berbahan dasar gula pasir ini biasanya disajikan dengan kerupuk berbentuk lingkaran seperti gambar di atas.

Masih ingatkah kamu bagaimana penjual rambut nenek keliling zaman dulu menjajakan jualannya? Ya, dengan berkeliling menggendong wadah berbentuk seperti balok yang bahannya dari kaleng.

3. Jagung kelapa

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/jenmardiana

Jajanan berbahan dasar jagung ini mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya jagung kelapa, grontol, salkomsel, gongsir, bledus, blendung, jagung urap, atau juga kukurau. Makanan bertabur kelapa parut ini biasanya disajikan dengan gula pasir. Kalau kamu lebih suka pakai gula apa tidak?

4. Kue grubi

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/dapur_nn

Jajanan murah meriah ini terbuat dari bahan ubi jalar dan gula merah. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat beberapa konsumen tak cukup sekali membeli. Seperti grontol, jajanan ini juga memiliki penyebutan yang berbeda tergantung daerah. Ada yang menyebutnya grubi, sarang balam, kremesan ubi, carang mas, cekerremes, walangan, gagati, cakar ayam, atau juga jajan srebet. Apa nama jajanan ini di daerahmu?

5. Kue lupis

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/hinggisafaranti

Kue ini bisa dibilang merupakan jajanan yang mengenyangkan perut, sebab kue ini terbuat dari beras ketan. Siraman saus gula merah dan taburan kelapa parut di atasnya membuat kue ini terasa manis dan gurih. By the way, bila diamati kue ini mirip gak sih dengan lontong daun pisang hanya berbeda bentuknya saja?

Baca Juga: 8 Jajanan Masa Kecil Dulu vs Sekarang, Selisihnya Bisa 10 Kali Lipat

6. Permen gulali

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/gembulfoodie

Permen jadul ini berbahan dasar gula, dan biasanya diberi kental manis coklat di sekitar permen.

Penjual permen ini butuh keterampilan tangan dalam membentuk permen yang sekiranya disukai oleh anak-anak. Bentuk bunga dan empeng biasanya selalu dibuat oleh si penjual. Apa bentuk permen gulali favoritmu zaman dulu?

7. Jipang

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/yunmikomilanisti

Jajanan yang satu ini berbahan dasar beras ketan dan gula merah. Makanan ini cocok dijadikan teman minum teh atau kopi, tetapi biasanya anak-anak zaman dulu biasa memakannya begitu saja tanpa tambahan teh atau kopi.

8. Biskuit kembang gula

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/marimemasak.id

Apa yang terlintas di benakmu saat pertama kali melihat gambar biskuit ini? Apakah cara memakannya yang khas dengan menyantap kembang gula yang berwarna-warni terlebih dahulu, baru kemudian memakan biskuitnya? Jika iya, berarti kamu sudah masuk zona nostalgia masa kecil.

9. Kue sarang laba-laba

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/khosmatika

Kue manis yang bertekstur kering ini memiliki penggemar yang tak sedikit. Rasanya yang enak dan cocok dilidah menjadi sebab orang-orang menggemarinya. Kue berbentuk seperti sarang laba-laba ini berbahan dasar tepung terigu. Ada yang kangen jajanan ini?

10. Getuk dan kawan-kawannya

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/yue_cooking

Coba sebutkan satu persatu nama-nama makanan di atas! Ada yang masih ingat? Yang berwarna merah muda itu cenil, lalu di bawahnya yang berwarna coklat namanya tumpeng tiwul, warna putih: sawut, warna hitam keungu-unguan: ketan hitam, warna coklat berbentuk kubus: getuk, dan yang terakhir ada ciwel yang berbentuk kubus warna hitam. Biasanya getuk dan kawan-kawannya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir.

11. Kue tapai goreng

Serba Manis, 11 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmuinstagram.com/taqiana

Kue berbahan dasar tapai dan biskuit ini memiliki dua perpaduan tekstur, yaitu crunchy dan lembut. Tekstur crunchy berasal dari biskuit dan tekstur lembut dari tapai. Menyantap kue ini cocok ditemani dengan secangkir kopi, teh, ataupun susu.

Menyenangkan ya 11 jajanan di atas ini, pada bikin kangen semua! Paling kangen yang mana nih?

Baca Juga: Gak Cuma di Indonesia, 10 Jajanan Era 90-an Ini Juga Hits di Malaysia!

Aprilia Sulistiawati Photo Writer Aprilia Sulistiawati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya