Comscore Tracker

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!

Dari babi guling hingga mie bumbu kacang!

Desa Kesiman terletak di wilayah Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Desa ini dikenal akan tradisi uniknya yang bernama ngerebong.

Selain dikenal dengan tradisi tersebut, di Desa Kesiman terdapat banyak kuliner tradisional yang sudah dikenal sejak lama dan memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa kuliner di Desa Kesiman juga dikenal sebagai kuliner legendaris dari Kota Denpasar.

Jika berkunjung ke Denpasar, tak ada salahnya untuk mencoba deretan kuliner yang ada di Desa Kesiman berikut ini. Cita rasanya mantap, kamu wajib coba, ya!

1. Nasi Campur Men Lotri terkenal sejak tahun 1970-an

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!Nasi campur Men Lotri. (instagram.com/balipunyarasa)

Warung nasi campur Men Lotri adalah salah satu warung nasi legendaris di Kota Denpasar. Warung nasi ini tidak mewah melainkan sangat sederhana, namun memiliki rasa yang sangat digemari penikmat kuliner tradisional Bali.

Untuk seporsi nasi dijual dengan harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu rupiah. Untuk seporsi nasi campur akan mendapatkan nasi putih, mie goreng, daging sapi, daging babi, tempe pedas manis, ayam goreng suwir, gorengan, serta sambal.

Lokasi warung ini ada dua, yakni Warung Men Lotri I berlokasi di Jalan Noja I, Kesiman Petilan, Denpasar yang buka dari pukul 17.00 WITA. Warung Men Lotri II berlokasi di Jalan Letda Winda nomor 9, Dangin Puri, Denpasar yang buka dari pukul 08.00 WITA.

Untuk mendapatkan nasi campur ini, pengunjung harus sabar antri. Namun jangan khawatir, di sini antrian terpisah menjadi dua yakni untuk dibawa pulang dan makan di lokasi.

2. Mie Badrun, mie dengan siraman bumbu kacang

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!Mie Badrun. (instagram.com/mie_badrun)

Mie Badrun adalah salah satu kuliner yang cukup unik di Kesiman. Warung mie yang terletak di Jl. Turi No. 21, Kesiman, Denpasar ini, menawarkan menu mie instan, baik yang digoreng maupun direbus. 

Nah, keunikan kuliner ini terletak pada kuah siramannya yakni bumbu kacang khas Lombok, NTB yang kemudian dilengkapi dengan lontong, tahu, potongan cabai rawit, telur mata sapi, dan kerupuk rambak.

Usaha ini dirintis oleh sepasang suami istri yakni Ayuni dan Badrun yang berjualan mie sejak tahun 2003. Awalnya, mereka berjualan lontong tahu secara berkeliling. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mengembakan bisnisnya hingga saat ini. 

Untuk harga seporsi mie Badrun dipatok Rp10 ribu rupiah. Mie Badrun buka mulai pukul 18.00 WITA. 

3. Nasi Babi Guling Men Redio, dikenal dengan kulit renyahnya

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!Nasi babi guling Men Redio. (instagram.com/myfoodyyy)

Warung nasi babi guling Men Redio berjualan di rumah pemilik pribadi yang berlokasi di . Jalan Noja No.56, Kesiman Petilan, Denpasar. Nasi babi guling Men Redio terkenal dengan kulit babi gulingnya yang renyah, maka dari itu pengunjung selalu ketagihan!

Seporsi nasi babi guling Men Redio memiliki isian cukup lengkap. Mulai dari lawar, daging babi goreng, babi guling, sate babi, kulit babi guling, urutan, dan gorengan kering lainnya. Seporsinya dijual mulai harga Rp10 ribu untuk dibawa pulang, dan Rp15 ribu rupiah untuk makan di tempat.

Untuk menikmati kuliner ini, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 WITA hingga malam hari. Datangnya jangan terlalu siang, ya, nanti kehabisan kulit krispinya, lho!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Paling Disukai Bule, Enak Semua!

4. Nasi Tekor Mula Bali, nostalgia tempo dulu 

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!Nasi Tekor Bali Mula. (instagram.com/cauk_putra_prayasa)

Menu yang disajikan di Warung Nasi Tekor Mula Bali adalah serba ayam. Seperti ayam gerang asem ala Bali Tengah, sate serapah ayam, jukut ares, ayam bakar sere lemo, lawar penyon ayam, dan beberapa pilihan sayur dan sambal.

Makanan yang dihadirkan ini mengingatkan pengunjung akan suasana tempo dulu, apalagi untuk alas makannya menggunakan tekor yang dibuat dari daun pisang. Jadul abis! Istimewanya lagi, pengunjung dapat menambah nasi, kuah, dan sambal tanpa dipungut biaya, lho.

Harga seporsi nasi tekor ini dijual mulai Rp10 ribu. Lokasi warungnya berada di pintu masuk Desa Wisata Kesiman Kertalangu, Denpasar. Warung nasi Tekor Mula Bali mulai buka pukul 08.00 WITA.

5. Warung Babi Guling Men Repot, salah satu kuliner legendaris di Desa Kesiman

5 Kuliner di Seputaran Desa Kesiman Denpasar, Nikmat!Nasi babi guling Men Repot. (instagram.com/babiguling_menrepot)

Sama seperti warung nasi babi guling Men Redio, warung babi guling Men Repot juga dikenal sebagai salah satu nasi babi guling legendaris di Kesiman, Denpasar. Warung ini berlokasi di Jalan Noja I, No. 24, Kesiman Petilan, Denpasar.

Menu yang ditawarkan mirip dengan nasi babi guling lainnya seperti lawar, babi guling, babi goreng, urutan, gorengan kering, kerupuk, dan sambal. Namun, warung ini memiliki cita rasa bumbu tradisional Bali yang cukup unik dan berbeda dari warung lainnya. 

Seporsi nasi babi guling di sini dijual mulai Rp15 ribu. Warung ini buka mulai pukul 07.00 WITA hingga siang hari.

Jika berwisata ke Bali, khususnya daerah Denpasar dan sekitarnya, jangan lupa utuk mencoba kuliner di atas, ya. Menikmati kuliner Bali yang kaya akan variasi bumbu tradisionalnya, tentu memberikan kesan tersendiri untuk liburanmu.

Baca Juga: 10 Makanan Halal Khas Bali yang Wajib Kamu Cobain, Gak Bikin Waswas!

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya