Comscore Tracker

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!

#HaloJatim Hati-hati lapar waktu baca

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya tidak hanya terkenal dengan mall dan pantai atau kebun binatangnya saja. Selagi berkunjung ke sana, rasanya akan tambah lengkap kalau kamu mampir dan berwisata dengan kuliner legendarisnya.

Mulai dari yang pedas-pedas, sampai yang seger, Surabaya punya spot kuliner favorit yang nggak cuma legendaris, tapi juga laris manis! Nah, penasaran kan apa saja? Berikut 8 tempat makan legendaris Surabaya yang wajib banget kamu coba!

1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/daihan2583

Surabaya memang terkenal punya kuliner unik-unik, yang kebanyakan berwarna kehitaman. Salah satunya adalah rujak.

Nah, ngomongin rujak di Surabaya, memang gampang banget ditemuin warung-warung rujak di berbagai tempat. Tapi ada satu warung rujak yang paling spesial, yaitu Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Warung legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1970, dan sejak itu pula pengunjung di sana tidak pernah sepi.

Untuk yang pengen coba kuliner satu ini, jangan kaget karena Rujak Ahmad Jaiz ini harganya di atas Rp50 ribu per porsi! Walaupun harganya selangit, pastikan kamu datang lebih awal ke warung di Jl. Ahmad Jaiz, Peneleh karena rujak satu ini cepat ludes!

2. Lontong Balap Pak Hasyim

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!blog.traveloka.com

Masih seputar makanan yang hitam-hitam, kuliner legendaris favorit warga surabaya selanjutnya adalah lontong balap milik Pak Hasyim. Terletak di jalan Barata Jaya, Gubeng, warung lontong balap ini ternyata sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Dengan harga di bawah Rp15 ribu-an, kuliner berisikan potongan tahu, taoge, lontong yang disiram kuah kaldu dan petis ini makin nikmat disantap bersama lentho yang terbuat dari kacang hijau dan sate kerang. Pokoke wenak!

3. Rawon Kalkulator

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/indonesianstreetfood_id

Rawon kalkulator, nama warung ini begitu akrab di telinga warga Surabaya. Bukan hanya namanya yang unik, tapi juga karena rawonnya yang enak dan begitu melegenda. Untuk seporsi rawon yang nikmat abis ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar kurang lebih Rp20 ribu-an saja!

Yang bikin menarik dari warung di daerah Taman Bungkul satu ini, seusai makan si Kasir bisa secepat kilat menghitung jumlah yang harus dibayar, makanya warung tersebut dinamai Rawon Kalkulator. Unik ya!

4. Sate Klopo Ondomehen Bu Asih

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/noniicha

Sudah 73 tahun sejak berdirinya, sate klopo Ondomehen milik Bu Asih ini masih laris diburu sampai saat ini. Citarasa dan racikan yang tak pernah berubah membuat pelanggan merasa puas dan ketagihan makan lagi, dan lagi.

Sate satu ini cukup unik karena dibuat dari kelapa yang menyelimuti potongan daging, kemudian disajikan bersama lumuran saus kacang dan potongan bawang merah serta cabai.

Semakin endes lagi, ada serundeng dan lontong yang menjadi teman makan sate klopo ini. Dipatok harga sekitar Rp25 ribu per piring, untuk kamu yang belum nyoba bisa langsung mengunjungi warung yang terletak di Jl. Walikota Mustajab. Dijamin deh, nggak bakalan rugi!

Baca Juga: 7 Tempat Syuting Film Aruna & Lidahnya, Referensi Wisata Kuliner Enak

5. Es Krim Zangrandi

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/_emaseptia

Kalau kamu sedang mencari jajanan klasik yang ada di Surabaya, pas banget! Es Krim paling legend yang didirikan sejak 1930 ini bisa kamu jadikan pilihan. Usai jalan-jalan di Surabaya yang udaranya amat panas, emang paling sempurna kalau kamu nyari yang segar-segar.

Walau sudah lebih 80 tahun, es krim legendarisnya masyarakat Surabaya ini tak berubah rasa sedikitpun lho! Cukup menyediakan budget berkisar Rp50-100 ribu, kamu bisa dapat seporsi es krim yang dijamin bikin kamu bahagia seharian. Nggak percaya? Buktikan sendiri ke kedai yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 15, Kaliasin.

6. Sego Sambel Mak Yeye

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/kulinersby

Walau menu dan warungnya sederhana, jangan salah. Warung nasi sambel satu ini ternyata punya pelanggan yang super membludak! Masyarakat Surabaya yang kebanyakan suka dengan makanan-makanan pedas, memang pasti cocok dengan sambal khas Mak Yeye yang pedasnya nampol!

Buka di malam hari, warung nasi dan sambelan (tempe, ikan, dan lain-lain) yang dibuka sejak 1982 ini berlokasi di wonokromo. Cocok nih buat yang suka kuliner malam yang pedas..

7. Nasi Cumi Waspada

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/nomnommedan

Dinamakan Nasi Cumi Waspada karena letak warung satu ini yang terletak di Jl. Waspada No. 2-4 di sekitaran Pasar Atom. Bernuansa sederhana, warung tenda yang terkenal dengan menu nasi cuminya ini sudah didirikan oleh generasi pertama sejak 1917!

Dalam satu piring, nasi cumi ini disajikan mirip-mirip dengan nasi rames, yang bedanya tentu saja terletak pada masakan cuminya yang guri dan menggugah selera. Untuk yang penasaran, tak perlu khawatir kehabisan karena warung ini buka 24 jam sehari.

8. Nasi Krawu Mbuk Su

Laris Manis, 8 Kuliner Legendaris Surabaya Ini Wajib Banget Dicoba!instagram.com/horizonhoman

Salah satu kuliner favorit yang ada di Surabaya adalah nasi krawu yang berasal dari Gresik. Di daerah gubeng, ada satu warung nasi krawu yang ternyata sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, yaitu Nasi Krawu Mbuk Su.

Nasi krawu terkenal disajikan dengan cara dipincuk. Selain nasi dan suwiran daging, Nasi Krawu Mbuk Su juga diberi isian serundeng dan juga sambal, semakin mantap karena dibungkus daun pisang yang membuat aromanya sedap. Hmm... Jadi laper!

Yang belum pernah makan, buruan dicoba pokoknya. Dijamin semuanya bikin nafsu makanmu jebol!

Baca Juga: 9 Event Paling Seru Selama Oktober di Surabaya, Rugi kalau Gak Datang

Billy Photo Writer Billy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya