Comscore Tracker

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!

Biasa dihidangkan dalam porsi besar, lho

Seperti kebanyakan negara-negara di Asia lainnya, masyarakat Turki juga sangat gemar menyantap nasi, di samping roti yang menjadi makanan pokok mereka.

Di banyak restoran yang ada di Turki, tersedia berbagai menu hidangan nasi khas Turki yang diolah dengan menggunakan bumbu dan rempah tradisional. Biasanya masyarakat Turki memakan nasi sebagai hidangan utama yang mengenyangkan.

Sering disajikan bersama sayur-sayuran hingga olahan daging lainnya dengan porsi yang cukup besar.

Inilah lima hidangan nasi khas Turki dengan cita rasa yang menggugah selera. Siapa tahu bisa jadi salah satu referensi kuliner yang akan kalian coba ketika berkunjung ke Turki.

1. Nohutlu pilav

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!yemek.com

Nohutlu pilav merupakan hidangan tradisional sederhana yang sangat mudah dijumpai di sepanjang pinggir jalan ibukota Istanbul. Makanan ini terbuat dari nasi putih yang dimasak dengan menggunakan minyak sayur, mentega dan bawang merah. Memiliki karbonhidrat yang tinggi sebagai sumber energi, biasanya nohutlu pilav disajikan dengan irisan dari daging ayam, sayuran atau acar.

Untuk menambah kelezatan saat menikmati nohutlu pilav, masyarakat Turki sering memakan hidangan ini sambil ditemani ayran yaitu sejenis minuman yoghurt yang memiliki rasa asam.

2. Etli pilav

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!tarifsofrasi.com

Dari segi penyajian, etli pilav memiliki tampilan yang hampir mirip dengan nohutlu pilav. Namun, etli pilav dibuat dengan mencampurkan daging sapi atau kambing serta bawang bombai yang dimasak dengan menggunakan mentega.

Sedangkan untuk bumbu, hidangan ini hanya diberi garam, minyak zaitun, dan merica. Setelah etli pilav matang, daging domba selalu diletakan pada bagian atas nasi yang menjadi ciri khas penyajiannya.

Agar lebih nikmat saat menyantapnya, etli pilav selalu disajikan dalam keadaan masih panas serta ditemani dengan hidangan sayuran seperti tumis terong.

Baca Juga: 6 Jenis Street Food Turki yang Menggugah Selera, Sudah Coba?

3. Perde pilavi

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!sedattan.com

Perde pilavi merupakan hidangan nasi dengan cara pengolahan yang cukup unik. Makanan ini terdiri dari adonan yang terbuat dari tepung, telur, mentega serta yoghurt.

Lalu, adonan diisi dengan berbagai bahan seperti nasi, daging ayam, kismis, dan almon. Sedangkan untuk memberikan rasa, tambahkan garam, merica serta rempah-rempah.

Perde pilavi sangat sering disajikan pada acara pernikahan karena hidangan ini melambangkan rumah tangga baru bagi masyarakat Turki.

4. Ic pilav

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!sabah.com.tr

Dari beberapa jenis hidangan nasi khas Turki, ic pilav memiliki cita rasa yang lebih berbumbu serta aroma khas yang menggugah selera.

Makanan ini terbuat dari kombinasi nasi dengan bahan lainnya seperti bawang, kismis, tomat dan daun mint. Untuk rasa, tambahkan garam, kayu manis, merica serta rempah-rempah khusus.

Setelah bahan tercampur semua, aduk nasi hingga semua bumbu merata dan matang. Sebagai pelengkap hidangan ini, ic pilav sangat direkomendadikan dimakan bersama daging panggang.

5. Sehriyeli pilav

5 Jenis Hidangan Nasi Khas Turki dengan Rasa Autentik, Mengenyangkan!haberturk.com

Sehriyeli pilav banyak tersedia di restoran-restoran yang ada di negara Turki. Hidangan ini terdiri dari nasi dan orzo, yaitu sejenis pasta berukuran kecil yang dimasak dengan minyak serta mentega.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur tambahkan sedikit kaldu ayam, merica, garam dan rempah-rempah agar memberikan rasa yang lebih autentik. 

Nah, itulah beberapa jenis hidangan nasi khas Turki dengan cita rasa menggugah selera. Nampaknya, beberapa hidangan di atas sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang sangat gemar mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

Baca Juga: 9 Kudapan Lezat Ini Wajib Banget Dicoba Saat Berkunjung ke Turki

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya