Comscore Tracker

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!

Kelahiran 1990-an pasti tahu, nih

Selain teman dan sahabat, jajanan menjadi salah satu hal yang paling berkesan di sekolah dasar. Sebelum masuk kelas, sewaktu jam istirahat, bahkan setelah pulang sekolah, jajanan selalu dicari-cari oleh murid sekolah dasar.

Jajanan SD memang sangat lekat dengan kenangan di masa sekolah. Gak heran kalau mampu membuat penikmatnya menjadi bernostalgia. Berbicara soal jajanan, berikut ini beberapa jajanan SD yang masih hits sampai sekarang.

1. Agar-agar khas abang-abang

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!ilustrasi agar-agar khas abag-abang (twitter.com/food_fess)

Agar-agar legendaris ini biasa dijajakan oleh abang penjual kartu dan mainan. Rasanya jadi makin nagih ketika ditaburi serbuk susu. Saking enaknya, makan satu saja gak cukup.

Salah satu ciri khas dari agar-agar ini yang membedakannya dengan lainnya adalah tekstur yang lembut. Padahal, sama seperti agar-agar pada umumnya, agar-agar ini dibuat dari bubuk agar-agar biasa, lho.

2. Gulali

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!ilustrasi gulali (instagram.com/retnowu_land)

Jajanan yang gak hanya enak, tapi juga punya nilai estetika karena bentuknya yang menarik berwarna-warni. Gulali merupakan sejenis permen berbahan dasar gula putih dan pewarna makanan yang dimasak dalam wajan, sebelum dibentuk.

Karena berbahan dasar gula putih, jajanan satu ini terasa manis disertai tekstur renyah. Di beberapa pedagang, kamu bisa meminta berbagai bentuk sesuai inginkan. Manis dan lembutnya gulali bikin ketagihan, deh.

3. Es goyang

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!ilustrasi es goyang (instagram.com/fredyseash)

Es ini gak kalah enak dari es potong, es mambo, es gabus, dan es-es lainnya. Nama goyang sendiri diadaptasi dari cara si penjual membekukan es, yaitu dengan menggoyang-goyangkan gerobak.

Bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini cukup sederhana, yaitu santan dan gula.  Sebelum dinikmati, es goyang biasanya dicelupkan ke dalam cokelat.

Beberapa penjual tak jarang menambahkan topping tambahan, seperti meses dan potongan kacang. Biasanya, es goyang paling enak dinikmati di saat jam istirahat siang karena rasanya yang menyegarkan.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Indonesia yang Manis dan Gurih, Wajib Dicoba!

4. Telur gulung

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!ilustrasi telur gulung (instagram.com/telurgulung.jb)

Sesuai namanya, jajanan satu ini terbuat dari telur yang dikocok dan dibumbui, lalu digoreng. Kemudian, telur digulung dengan sebatang bambu. Supaya telurnya tergulung dengan sempurna, dibutuhkan teknik khusus dalam menggulung telur ini, lho.

Telur gulung menjadi salah satu jajanan favorit anak SD yang selalu laris dan masih eksis sampai saat ini. Gak heran karena telur gulung ini rasanya memang nagih banget, apalagi kalau ditambah saus sambal.

5. Mi gaul

5 Jajanan SD yang Bikin Susah Move On, Nostalgia Banget!ilustrasi mi gaul (instagram.com/eatpartner_)

Masih eksis hingga saat ini, jajanan satu ini biasanya disajikan di atas mangkuk dengan sebatang sumpit bambu. Dibuat dari sebungkus mi instan, cara membuatnya sama seperti mi instan pada umumnya, hanya saja ditambahkan berbagai macam pelengkap, seperti sayuran, bakso, dan sosis.

Selain itu, biasanya si penjual menyediakan saus untuk menambah cita rasa. Kalau masih belum puas dengan satu bungkus, kamu bisa minta jadi dua bungkus. Selain itu, mi gaul paling enak disantap saat istirahat makan siang karena bikin kenyang.

Gimana, sudah cukup bernostalgia belum dengan jajanan SD di atas? Jajanan SD memang gak pernah gagal bikin kangen, ya. Mana yang selalu jadi kesukaanmu hingga kini?

Baca Juga: Resep Telur Gulung Camilan Favorit Anak-anak, Bikin Sendiri Yuk!

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya