Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-sia

Kalau salah, kualitas rasa dan gizinya bisa menurun, lho

Sayuran menjadi bahan makanan yang wajib ada setiap harinya, demi memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Biasanya bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional. 

Namun, kadang kita masih susah terhindar dari kesalahan-kesalahan saat menyiapkan sayuran. Alhasil, jadinya malah pemborosan dan gizinya pun berkurang. Di antaranya seperti kesalahan-kesalahan berikut!

1. Terlalu cepat membeli sayuran

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-siashutterstock.com

Gak cuma makanan kemasan saja yang harus diperhatikan masa kedaluwarsanya, sayuran juga punya umur simpan, lho. Kalau biasanya kamu belanja sayur untuk persediaan selama sepekan, sebaiknya mulai dihindari ya!

Pasalnya, beberapa jenis sayuran hanya akan bertahan dalam satu atau dua hari saja. Sebelum membelinya, rencanakan dulu sayuran apa saja yang akan langsung dimasak. Atau masak dulu sayuran yang mudah rusak.

2. Mencuci sayuran dengan cara yang salah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-siathrillist.com

Jika kamu terbiasa mencuci sayuran dengan menuangkannya langsung pada air, hal ini akan membuatnya kurang bersih. Cara mencuci sayuran yang benar adalah dengan merendamnya di dalam wadah air dan menggosok sayuran satu per satu.

Cara ini bertujuan untuk melepaskan kotoran yang menempel pada sayur. Kamu juga bisa menggunakan sikat kecil untuk menggosok kentang atau wortel. 

3. Mengupas sayuran dengan cara yang kurang tepat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-siahuffingtonpost.co.uk

Kamu bisa menghabiskan banyak waktu kalau gak tahu cara mengupas sayuran yang lebih mudah. Misalnya mengupas kulit bawang putih dengan pisau besar.

Cara yang benar, tekan pisau besar ke bawang putih sampai kulitnya lepas. Cara ini lebih mudah dan cepat dibanding kamu mengupasnya dengan cara biasa.

Selain itu, mengupas kulit wortel dengan pisau khusus juga akan membantu proses memasakmu lebih cepat. 

Baca Juga: 10 Jenis Keripik Sayuran yang Krispi, Camilan Enak dan Sehat  

4. Menggunakan alat yang salah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-sialifesavvy.com

Memiliki alat masak yang baik akan membuat makananmu memiliki kualitas yang baik pula. Sebaiknya beli dua talenan berbeda untuk buah dan sayuran, terutama sayuran yang memiliki rasa pedas.

Pilih talenan kayu yang keras, karena tahan goresan. Selain itu, gunakan pisau tajam atau rajinlah mengasahnya. Sebab, kalau pisaumu tumpul, justru bisa merusak dinding sel sayuran. 

5. Membuang bagian yang masih bisa digunakan untuk masak

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengolah Sayuran, Bikin Sia-siabqrnd.com

Salah satu hal yang mungkin gak disadari banyak orang adalah membuang bagian sayuran yang masih bisa digunakan. Misalnya ujung daun bawang yang tua biasanya akan langsung dibuang, padahal itu bisa memberi rasa nikmat pada kaldu.

Batang jamur yang biasa dibuang begitu saja, padahal rasanya sama dengan bagian atasnya. Batang jamur pun bisa dijadikan campuran ke dalam tumisan, lho. 

Nah, itulah beberapa kesalahan saat menyiapkan sayuran sebagai bahan masakan. Semoga informasi di atas berguna ya. By the way, kamu paling sering melakukan yang mana, nih?

Baca Juga: 8 Sayuran Ini Gak Bakal Bikin Gemuk, meski Dimakan dalam Jumlah Banyak

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya