Comscore Tracker

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!

Ada yang eperti onde-onde, lho!

Kuliner dari Jepang sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kepopulerannya. Bahkan di Indonesia juga terdapat berbagai booth atau rumah makan khusus makanan Jepang. Selain rasanya, makanan penutup atau kudapan khas Jepang biasanya memiliki rasa yang nikmat dengan bentuk lucu.

Salah satu makanan dari Jepang yang nikmat dan berbentuk lucu adalah kue Dango. Kue yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu tersebut menjadi salah satu kudapan yang digemari di Jepang. Bentuknya kecil dan bulat dengan tekstur lembut, kenyal serta beberapa diantaranya memiliki rasa hambar. Namun, Dango memiliki banyak varian yang bisa disantap. 

1. Hanami Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!personaglia.com

Salah satu Dango yang paling favorit di Jepang yaitu Hanami Dango. Varian dango satu ini terdiri dari tiga warna, yaitu hijau, putih dan merah muda yang kemudian dijadikan satu tusuk. Warna hijau merupakan rasa teh hijau (matcha), putih tanpa rasa dan merah muda rasa bunga sakura.

Hanami Dango biasanya disajikan ketika musim semi di perayaan hanami atau pesta bunga sakura. Selain itu, masyarakat Jepang biasa menikmatinya dengan segelas teh hijau.

2. Mitarashi Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!otakumode.com

Dango yang menjadi favorit lainnya, yaitu Mitarashi Dango. Varian satu ini cukup simpel untuk membuatnya, hanya dengan campuran tepung beras, tepung ketan dan gula. Kemudian dipanggang dan dilumuri saus. 

Saus tersebut yang menjadikan dango satu ini unik. Sausnya terbuat dari campuran kecap ikan, air, tepung maizena dan gula pasir. Sehingga dango ini memiliki rasa manih dan gurih yang pas di lidah.

3. Goma Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!wow-j.com

Dango satu ini hampir mirip dengan onde-onde di Indonesia. Selain itu, sebutannya di beberapa negara juga berbeda, seperti Jih Dui di Tiongkok, butsi di Filipina dan kuih bom di Malaysia. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan hampir sama dengan dango pada umumnya. Pembeda dari dango lainnya hanya isiannya yang berupa kacang merah dan taburan wijen di bagian luarnya.

Baca Juga: Suka Makanan Jepang? Ini 6 Jenis Rumput Laut untuk Lengkapi Santapanmu

4. Zunda Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!tryhiddengems.com

Variasi dango selanjutnya yaitu zunda dango yang merupakan dango dengan pasta edamame atau kedelai. Tapi, kamu juga bisa menyantapnya dengan tambahan krim kocok serta pasta kacang merah. Zunda dango ini sangat populer di wilayah Tohoku tapi kamu juga bisa menikmati lezatnya di cafe-cafe yang tersebar di seluruh Jepang.

5. Kinako Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!instagram.com/nidkanitta

Kinako dango ini salah satu dango yang paling mudah dibuat, kamu bisa menemukan bahan dasarnya di supermarket terdekat. Masih sama dengan dango lainnya, cukup menggunakan adaonan tepung beras. Kemudian ditaburi dengan tepung kedelai di atasnya. Kamu bisa menyajikannya bersama teh hijau.

6. Shiratama Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!asianinspirations.com.au

Shiratama dango ini biasanya memang berwarna putih, terbuat dari tepung beras ketan tanpa diberi isian atau dilumuri saus. Namun, kamu bisa mengkreasikannya dengan warna merah muda atau menambahkan jus buah, teh hijau dan bahkan wijen hitam dalam adonan. Sehingga kamu bisa menikmati shiratama dango yang lebih bervariasi. Sedangkan orang Jepang biasanya membuat warna putih dan merah muda sebagai simbol ucapan selamat.

7. Kibi Dango

7 Kue Dango yang Jadi Favorit Orang Jepang, Lezatnya Bikin Nagih!visitwestjapan.co

Kibi dango dikenal berasal dari Okayama, namun kamu dapat menikmatinya di seluruh wilayah Jepang. Biasanya dango satu ini dijual dengan tiga rasa, yaitu rasa teh hijau, rasa manis gula dan rasa buah peach atau persik. Orang Jepang biasanya menyantap kibi dango sebagai makanan penutup atau teman minum teh.

Variasi dango di atas tidak hanya bisa kamu kreasikan rasanya tapi juga bentuknya. Sudah banyak bentuk dango yang terinspirasi dari tokoh karun lucu atau anime di Jepang. Orang Jepang menjadikan dango sebagai makanan penutup atau teman minum teh, terutama teh hijau. 

Baca Juga: Jangan Salah Sebut! 7 Makanan Jepang ini Punya Unsur "Don"

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You