Comscore Tracker

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!

Sederhana nan menggugah selera

Salah satu makanan pokok orang Indonesia jenisnya cukup bervariasi. Bukan hanya nasi putih, masih ada nasi kuning, nasi goreng, nasi bakar, hingga nasi liwet. Nasi liwet disajikan dengan sayur dan banyak lauk pendamping.

Beberapa sayuran segar bakal menjadi lalapan yang disajikan dengan nasi liwet. Gak ketinggalan ada tahu, tempe, ikan asin, dan tentunya sambal. Nasi liwet juga cocok disantap dengan tumis sayuran atau sayuran yang diolah dengan santan.

Masih bingung mau memasak sayur untuk pendamping nasi liwet? Berikut sejumlah olahan sayur yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap nasi liwet. Jadi lebih kaya rasa, deh!

1. Tumis daun singkong

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!tumis daun singkong (instagram.com/dapursindangkasih)

Daun singkong rebus kerapkali disajikan bersama nasi padang. Demikian pula dengan nasi liwet yang cocok disajikan dengan daun singkong. Namun, kali ini diolah menjadi tumis daun singkong dan dapat kamu tambahkan teri.

Kalau kamu ingin berkreasi dengan tumis daun singkong untuk sayur pendamping nasi liwet, tambahkan beberapa bahan lainnya. Ditumis bersama bunga pepaya atau udang rebon jadi makin gurih dan nikmat.

2. Tumis kangkung

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!tumis kangkung (instagram.com/dapur__uli)

Sayuran hijau lainnya yang cocok sebagai pendamping nasi liwet adalah kangkung. Sayur yang mudah didapat dengan harga terjangkau ini bisa kamu tumis.

Tumis kangkung dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menambahkan sedikit kuah ketika menyantap nasi liwet. Tambahkan pula cumi-cumi, udang, atau ikan jambal ketika membuat tumis kangkung.

Kamu bisa menyesuaikan rasanya sesuai seleramu, seperti menambahkan saus tiram, tauco, dan bahkan terasi. Terasa nikmat menggoyang lidah!

3. Tumis pare

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!tumis pare (instagram.com/hermawatyaprilia)

Pengin menikmati nasi liwet dengan sayur yang berbeda dari biasanya? Cobain bikin tumis pare sebagai sayur pendampingnya. Tenang saja, kamu bisa mengurangi rasa pahitnya dengan garam.

Udang dan teri kerap menjadi andalan sebagai bahan tambahan ketika membuat tumis pare. Kalau ingin lebih sederhana, tambahkan tempe atau jagung juga gak kalah lezat, lho.

4. Tumis oncom leunca

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!tumis oncom leunca (instagram.com/kristianidwi)

Berbeda lagi dengan nasi liwet khas Sunda, biasanya menggunakan tumis oncom leunca sebagai sayur pendampingnya. Oncom menjadi salah satu makanan fermentasi yang banyak diolah dalam masakan khas Sunda. Sedangkan leunca berupa sejenis terung mirip takokak atau terung pokak.

Kedua bahan tersebut menjadi kombinasi sempurna untuk membuat tumis khas Sunda. Biasanya disantap dengan nasi liwet yang masih hangat dan sambal petai. Apalagi lauknya berupa ayam goreng atau ikan asin.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Nasi Liwet Khas Sunda yang Gurih, Pulen Banget!

5. Sayur asem

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!sayur asem (instagram.com/claudiathe70)

Nasi liwet juga lezat disantap bersama sayur yang memberikan sensasi segar di tenggorokan, seperti sayur asem. Biasanya labu siam, jagung manis, dan kacang menjadi bahan utama untuk membuat sayur asem.

Namun, kamu juga dapat menggunakan kangkung dan taoge kedelai untuk membuatnya. Olahan sayur berkuah ini dapat kamu kreasikan sesuai dengan selera, seperti pedas atau tidak.

Makin nikmat disantap dengan sambal terasi. Cocok banget nih untuk pendamping nasi liwet ala rumahan.

6. Sambal goreng labu siam

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!sambal goreng labu siam (instagram.com/noor.estiati)

Kalau kamu kurang suka dengan sayur asam, sambal goreng labu siam bisa menjadi alternatif lainnya. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati gurihnya nasi liwet dengan olahan sayur bercita rasa pedas.

Kamu bisa menambahkan tahu atau krecek ketika memasak sambal goreng labu siam. Sambal goreng labu siam ini biasanya disajikan dengan nasi liwet khas Solo.

Semakin lengkap dengan opor ayam dan telur areh. Mau coba membuat sendiri di rumah?

7. Tumis buncis jagung putren

7 Jenis Sayur untuk Pendamping Nasi Liwet ala Rumahan, Jadi Kaya Rasa!tumis buncis jagung (instagram.com/bowinies11)

Pengin menikmati nasi liwet tanpa kuah? Tumis buncis jagung putren dapat menjadi sayuran pendampingnya. Kedua bahan ini teksturnya renyah dan empuk yang bikin ketagihan.

Kamu juga dapat menambahkan sosis atau bakso untuk membuat tumis buncis jagung putren. Jika ingin berbeda, dapat menggunakan bumbu kuning ala nasi kotak.

Nah, sekarang sudah gak bingung lagi, kan mau memasak sayur apa untuk pendamping nasi liwet? Nasi liwet sendiri sudah bercita rasa gurih dan nikmat, sehingga cocok dinikmati dengan berbagai macam olahan sayur. Mana yang sesuai dengan seleramu, nih?

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Nasi Liwet yang Paling Enak, Jadi Makin Kaya Rasa

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya