Comscore Tracker

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsi

#ANGPOIN Bisa ditanam, jangan langsung dibuang

Ada beberapa bagian bahan masakan yang sering kali terabaikan. Padahal bagian yang terabaikan itu justru bisa dimanfaatkan kembali, baik untuk dikonsumsi sendiri atau ditanam kembali. 

Bingung, mau mencoba jenis sayuran yang mana? Berikut adalah delapan sayuran dan tanaman herbal yang bisa ditanam lagi, dan kembali mengonsumsinya di lain waktu. Selain sehat, bisa juga untuk berhemat, nih.

1. Wortel

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsihttp://projectfidgetyfingers.blogspot.com

Ketika kalian hendak memotong wortel yang sudah dibersihkan pasti kalian akan memotong ujung wortel tersebut yang berwarna hijau kehitaman. Sebaiknya, mulai sekarang kalian harus menanamnya kembali ketika bagian tersebut sudah terpotong.Ujung wortel tersebut akan menumbuhkan wortel lagi, jika kalian menaruhnya di mangkuk kaca atau wadah plastik dengan sedikit air. Taruh di tempat yang memiliki pencahayaan baik dan cukup terang. Setelah beberapa hari, wortel tadi bisa kalian gunakan kembali sebagai bahan masakan atau garnish.

2. Basil

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsihttp://cepsinthecity.blogspot.com

Nah, bagi kalian yang suka mengkonsumsi daun yang memiliki wangi khas ini bisa gunakan tips berikut agar daun basil kalian bisa dikonsumsi lagi dengan jumlah yang lebih banyak. Caranya, masukkan beberapa potongan kemangi berukuran kurang lebih 10 cm ke dalam segelas air dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Saat akarnya mulai tumbuh sekitar 2 cm, kalian bisa menanamnya dalam pot untuk menumbuhkan tanaman tersebut. Mudah dan lebih hemat juga, kan?

3. Daun bawang

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsipixabay.com

Untuk menghemat uang dan mendapatkan daun bawang tanpa bahan berbahaya, kalian bisa menanamnya hanya dalam waktu lima hari saja. Caranya adalah dengan memotong bagian ujung daun bawang dengan panjang kira-kira tiga sentimeter dari bagian akar. Letakkan di dalam gelas kecil yang sudah terisi sedikit air. Dalam beberapa hari kedepan, kalian sudah bisa mengonsumsi daun bawang segar dan bebas dari bahan berbahaya.

4. Daun selada

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsiremoveandreplace.com

Jika kalian masih memiliki batang selada yang masih utuh, kalian bisa tempatkan batang selada tadi dalam mangkuk dengan ditambah sedikit air dan letakkan di ambang jendela. Kalian akan mulai melihat daun selada yang baru dalam waktu kurang lebih dua minggu, dan terus akan tumbuh dalam tiga atau empat minggu. Karena tumbuhan sayur yang satu ini biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropis, dan digunakan sebagai bahan utama pembuatan salad.

Baca Juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Rumah Tanpa Perlu Lahan yang Luas

5. Bok choy atau sawi sendok

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsiwonderhowto.com

Sama seperti selada, bok choy dapat ditanam kembali dengan menempatkan ujung akar ke dalam air di area yang cukup terang. Dalam satu atau dua minggu, kalian bisa memindahkannya ke pot dengan tanah dan membiarkannya tumbuh. Ketika sudah tumbuh dengan cukup baik kalian juga bisa kembali mengonsumsinya.

6. Bawang merah

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsipixabay.com

Sama seperti selada dan bok choy, bawang merah dapat ditanam kembali dengan menempatkan ujung akar ke dalam air di area yang cukup terang. Dalam satu atau dua minggu, pindahkan ke dalam pot dengan tanah. Bawang merah siap untuk di tanam kembali.

7. Jahe

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsipixabay.com

Rempah-rempah dan bahan obat yang memiliki nama ilmiah zingiber officinale ini dapat ditanam di tanah untuk ditumbuhkan kembali, tetapi prosesnya jauh lebih panjang. Tidak seperti bawang merah, selada, atau bok choy yang bisa ditumbuhkan kembali dalam kurun waktu singkat. Jahe memerlukan waktu beberapa bulan untuk bertunas, dan baru bisa dipanen ketika tanaman sudah berusia dewasa, yaitu sekitar 8-10 bulan.

8. Daun ketumbar

8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsipixabay.com

Seperti halnya kemangi, daun ketumbar dapat menumbuhkan akar jika batangnya ditempatkan dalam segelas air. Setelah akarnya cukup panjang, tanam dalam pot dengan tanah. Dalam beberapa minggu tangkai baru akan mulai tumbuh, dan dalam beberapa bulan kalian sudah bisa memanennya.

Itulah delapan sayuran dan tanaman herbal yang bisa kalian tanam kembali walaupun sudah kalian sempat konsumsi, alih-alih membudidayakannya. Dengan begitu kalian akan sedikit puas karena bisa merasakan bahan-bahan masakan yang segar, yang pastinya ditanam tanpa bahan berbahaya. Gimana, berani coba di rumah?

Baca Juga: Menanam Pohon Sama dengan Menyemai Doa, Cari Tahu Maknanya!

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya