Comscore Tracker

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!

Bisa dijadikan teman makan pasta juga, lho #IDNTimesFood

Udang dikenal memiliki rasa yang gurih dengan cita rasa seafood yang khas. Terdapat beraneka ragam hidangan dari udang yang mampu memanjakan lidah.

Salah satunya adalah shrimp scampi. Scampi adalah makanan yang dimasak bersama bawang putih dan mentega hingga menghasilkan hidangan yang gurih dan aroma wangi yang melekat.

Kreasi scampi tersebut dapat disajikan dengan bermacam-macam gaya. Kelima di antaranya adalah sebagai berikut ini. Simak, ya!

1. Classic shrimp scampi

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!ilustrasi classic scampi (pixabay.com/Sabine Felidae)

Shrimp scampi klasik ini menjadi pilihan terbaik untuk mengolah udang menjadi sajian sederhana, tetapi tetap gurih dan kaya rasa. Udang yang dipakai pun bisa berukuran apa saja, mulai kecil hingga besar. Pastikan bahwa kepala serta ekor sudah dibersihkan, ya!

Lelehkan mentega dalam wajan, kemudian tumis bawang putih sampai mengeluarkan aroma sedap. Tambah sedikit kaldu, kemudian masukkan udang ke dalamnya dan bumbui menggunakan paprika bubuk, serta garam dan lada.

2. Scampi pasta

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!ilustrasi scampi pasta (pixabay.com/RitaE)

Scampi menjadi salah satu teman yang cocok diolah bersama aneka pasta, seperti salah satu yang paling dikonsumsi, yakni spageti. Dengan adanya scampi, pasta akan terasa jadi lebih nikmat dan gurih.

Dalam memasak makanan ini, cukup rebus spageti hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Setelah itu, campur bersama udang yang telah dimasak bersama bawang dan mentega.

Baca Juga: 9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizi

3. Scampi with salad

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!ilustrasi scampi with salad (pixabay.com/Евгений Тарасов)

Mengonsumsi salad sayur menjadi pilihan tepat untuk menikmati makanan sehat dan praktis. Namun, ketika mengonsumsi hidangan tersebut, biasanya diperlukan tambahan protein agar komponen nutrisi dari sebuah hidangan menjadi lebih lengkap.

Selain menggunakan ayam panggang atau daging sapi, kamu juga bisa menggunakan udang yang diolah menjadi scampi untuk dimakan bersama salad berisikan sayuran segar tersebut, lho!

4. Baked scampi

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!ilustrasi baked scampi (unsplash.com/Lampos Aritonang)

Selain dimasak dengan cara ditumis menggunakan mentega, scampi pun cocok diolah dengan cara dipanggang. Rasa makanan tetap nikmat dan gurih. Jadi, kamu bisa memilih proses terbaik sesuai selera.

Sebelumnya, bumbui udang menggunakan mentega, bawang putih, cabai bubuk, paprika bubuk, dan air lemon. Jika sudah, segera masukan udang yang sudah dibumbui tersebut ke dalam loyang. Bila ingin ada sensasi kriuk, jangan lupa tambahkan breadcrumbs di atas udang, ya!

5. Scampi skewers

5 Kreasi Scampi yang Bikin Laper, Olahan Udang Mentega Yummy!ilustrasi scampi skewers (pixabay.com/Ana Krach)

Nggak melulu dibuat dari daging ayam atau kambing, sate pun rupanya bisa diolah menggunakan seafood seperti udang. Rasa shrimp scampi ini menjadi lebih menarik akibat aroma asap hasil pembakaran.

Dalam membuat hidangan, cukup siapkan marinasi menggunakan campuran mentega, bawang putih, paprika bubuk, minyak zaitun, air lemon, serta garam dan lada. Balurkan pada seluruh sate dan bakar selama beberapa saat.

Kenikmatan udang yang dibalut rasa mentega dan bawang putih ini menjadi lebih enak untuk disajikan sebagai lauk makan sehari-hari. Bagaimana, apakah kamu sudah tertarik membuat salah satunya?

Baca Juga: 5 Hidangan Pastri Isi Udang yang Bikin Rasa Kudapan Makin Nampol

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya