Comscore Tracker

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!

Dijamin perut auto lapar

Jogja gak pernah sepi. Banyak warung atau kedai makanan yang justru memilih gelar lapak dari sore hingga dini hari demi melayani wisatawan yang ingin berburu kuliner saat gelap menyapa. Beberapa sajian berikut, misalnya, yang sepertinya pantang banget gak kamu cobain saat berkunjung ke Jogja.

Gak cuma kuliner bercita rasa manis yang menjadi ciri khas makanan Jogja, tersedia pula sajian asin-gurih bahkan pedas. Rasanya enak-enak semua. Yuk, kepoin satu per satu!

1. Bakmi Mbah Mo

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!Sepiring bakmi godog Mbah Mo (instagram.com/jogjafood)

Melegenda selama lebih dari tiga dasawarsa, kamu bisa mencicipi kelezatan Bakmi Mbah Mo dalam tiga pilihan jenis bakmi, yaitu godog (rebus), goreng, dan nyemek (berkuah sedikit). Uniknya, bakmi goreng di sini dihidangkan tanpa menggunakan kecap. Tapi, di masing-masing meja disediakan kecap botolan, lengkap dengan cabai rawit dan acar.

Keautentikan rasa sajian bakmi yang kini dikelola oleh generasi kedua tetaplah sama seperti racikan Mbah Mo yang sudah tutup usia. Kuncinya ada pada cara memasak menggunakan anglo, hanya menggunakan ayam kampung dan telur bebek, dan dimasak satu per satu, bukan banyak sekaligus.

Alamat: Jalan Parangtritis KM.11, Code, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul

Jam operasional: 17.00-22.00 WIB

Harga: Rp20 ribuan

2. Sate Klathak Pak Bari

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!Beberapa menu di Sate Klathak Pak Bari (instagram.com/herd89)

Tertarik makam malam di Jogja ala Rangga dan Cinta? Langsung mampir saja ke warung Sate Klathak Pak Bari. Alih-alih menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, potongan daging kambing di sini ditata rapi di tusukan besi. Suara klathak-klathak ketika sate-sate ini dimasak di atas bara api konon menjadi asal mula penamaan sate Pak Bari.

Penyajian sate klathak makin spesial karena dihidangkan dengan sepiring kuah gulai kambing. Selain sate, menu lain yang bisa kamu pesan di warung Pak Bari adalah tongseng, tengkleng, dan gulai.

Alamat: Jalan Imogiri Timur Nomor 5, Wonokromo II, Kecamatan Pleret, Bantul

Jam operasional: 18.30-01.00 WIB

Harga: Rp35 ribuan

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klatak di Yogyakarta, Rasanya Mantap!

3. Gudeg Pawon

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!Gudeg Pawon (instagram.com/jogjabikinlaper)

Katanya, belum ke Jogja kalau belum makan gudeg. Jadi, di perjalananmu berburu kuliner malam, sempatkan mampir ke salah satu warung gudeg tersohor di Jogja, yaitu Gudeg Pawon. Disebut pawon karena pengunjung bisa langsung ke pawon atau dapur ketika akan memesan menu di warung ini.

Gudeg Pawon adalah jenis gudeg basah dengan cita rasa gak terlalu manis. Proses memasaknya masih menggunakan tungku kayu bakar sehingga aroma smokey bakal terasa saat kamu melahap sajian gudeg ini. Pastikan kamu rela antre karena Gudeg Pawon hampir selalu ramai pembeli.

Alamat: Jalan Janturan UH/IV Nomor 36, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Jam operasional: 18.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp25 ribuan

4. Bakmi Kadin

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!Bakmi Kadin versi goreng (instagram.com/ivanwongso)

Warung bakmi legendaris yang satu ini, sih kayaknya hampir seantero pecinta kuliner tahu. Terbukti dari deretan mobil plat luar Jogja yang selalu memadati area parkir Bakmi Kadin. Eksis sejak tahun 1947, kamu hanya bisa menjumpai dua jenis bakmi di sini, yaitu bakmi basah dan bakmi goreng.

Berbeda dengan Bakmi Mbah Mo, bakmi goreng di Bakmi Kadin langsung dimasak menggunakan kecap. Sedangkan bakmi basah atau godog disajikan dengan kuah berwarna kekuningan, lengkap bersama acar. Jika kamu kulineran di sini, jangan lupa memesan bajigur yang menjadi minuman signature warung Bakmi Kadin.

Alamat: Jalan Bintaran Kidul Nomor 6, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: 10.30-23.30 WIB

Harga: Rp20 ribuan

5. Entok Slenget Kang Tanir

5 Kuliner Malam Jogja yang Seru buat Dicoba, Semuanya Enak!Proses penyajian Entok Slenget Kang Tanir (instagram.com/streetfoodstories)

Setelah menu bercita rasa asin-gurih dan manis, sajian pedas yang satu ini juga wajib masuk wish list-mu di agenda kuliner malam di Jogja. Bernama Entok Slenget Kang Tanir, menu utama yang dijual adalah rica-rica entok atau itik. Gak usah khawatir karena kamu bisa memesan tingkat kepedasan rica-rica sesuai selera.

Selain rica-rica entok, menu lainnya adalah balungan entok. Berbeda dengan rica-rica, menu balungan hanya ada satu level kepedasan, yaitu sedang. Buat yang suka menggerogoti tulang, menu balungan entok ini layak dipesan. Soal cita rasa, gak perlu ditanya. Pedasnya nampol dan makin sedap karena proses masaknya menggunakan anglo.

Alamat: Jalan Pakem-Turi, Pules Lor, Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman

Jam operasional: 16.00-20.00 WIB

Harga: Rp30 ribuan

Wah, sudah langsung auto lapar, nih kayaknya. Jangan lupa simpan info kuliner malam ini biar bisa langsung disambangi ketika kamu jalan-jalan ke Jogja. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tempat Makan Gudeg Paling Lezat di Jogja, Ingin Coba yang Mana Dulu?

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya