Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!

Harus dicicipi nih kalau berkunjung kesana

Kalau mendengar nama Probolinggo, pasti kamu akan langsung teringat dengan Gunung Bromo. Sebab wisatawan biasanya berkunjung ke Gunung Bromo melalui Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo. Namun selain mengunjungi tempat wisatanya, jika ke Probolinggo rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi aneka kuliner khas daerahnya juga.

Berikut ini ada beberapa kuliner khas Probolinggo yang harus kamu cicipi kalau berkunjung ke sana. Walaupun namanya kurang populer, namun kelezatannya bisa bikin kamu ketagihan lho.

1. Kepiting Olok

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!wisataku.id

Sesuai dengan namanya, bahan baku utama dari kuliner yang satu ini adalah kepiting.

Namun cara pengolahannya cukup unik dan berbeda dari cara mengolah kepiting pada umumnya. Saat membuat hidangan ini, daging kepiting akan dikeluarkan terlebih dahulu, kemudian direbus dengan udang dan sausnya.

Dan ketika hendak disajikan, daging kepiting dimasukkan kembali ke dalam cangkangnya.

Kepiting yang digunakan adalah kepiting muda. Oleh karena itu dinamakan kepiting olok. Cita rasa kuliner yang satu ini sangat gurih dan kaya rasa karena perpaduan bumbu-bumbu saat diolah. Kepiting olok ini cocok banget disantap dengan nasi panas.

2. Ketan Kratok

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!stalktr.net

Kuliner yang satu ini biasanya banyak dijual di pagi hari. Oleh karena itu kalau kamu ingin mencicipinya, kamu bisa menjadikannya sebagai menu sarapan pagi kamu.

Sekilas kalau dilihat kuliner yang satu ini tidak berbeda dengan kuliner olahan ketan lainnya, namun yang membedakannya adalah campuran kratok (sejenis kacang koro) pada ketan.

Saat disajikan, ketan akan dicampur dengan kratok dan ditaburi parutan kelapa, sehingga rasanya sangat gurih. Kamu juga bisa minta ditambahkan tetesan gula merah di atasnya kalau menyukai rasa manis. Perpaduan rasa gurih, asin, dan manis terasa sangat pas dan nikmat. Apalagi kalau ditemani dengan segelas kopi pahit.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Tiris, Surga Wisata Tersembunyi Probolinggo

3. Soto Kraksaan

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!instagram.com/rawintan

Orang Indonesia sangat suka menyantap soto. Tidak heran kalau hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki hidangan soto khasnya masing-masing. Di Probolinggo soto yang paling terkenal adalah Soto Kraksaan. Soto ini berasal dari daerah Kraksaan, Probolinggo. Tapi yang membedakan soto ini dari soto lainnya adalah kuahnya.

Soto Kraksaan memakai kuah santan dan ayamnya hanya memakai ayam jantan saja. Ayam tersebut direbus dengan santan, kemudian ditaburi dengan kelapa sangrai. Soto ini biasa disajikan dengan tambahan potongan kentang dan kerupuk udang. Rasanya sangat gurih dan nikmat, mencicipi satu mangkok saja rasanya tidak cukup.

4. Nasi Jagung Merpati

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!instagram.com/no_em14an

Nasi merupakan makanan yang biasa disantap oleh orang Indonesia. Tapi berbeda dari nasi yang biasanya, di Probolinggo ada nasi yang terbuat dari jagung. Salah satu nasi jagung legendaris yang sangat populer di Probolinggo adalah nasi jagung merpati, yang sudah terkenal sejak tahun 1982.

Untuk membuat nasi jagung, sebelumnya jagung harus ditumbuk dahulu kemudian dikukus hingga empuk dan mekar.

Biasanya nasi jagung dihidangkan dengan aneka lauk seperti urap, perkedel, telur balado, dan lain sebagainya, mirip seperti nasi rames. Dan lebih nikmat jika disantap bersama dengan sambal terong.

5. Prol Tape

5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bisa Bikin Ketagihan!putratravel.net

Makanan yang satu ini biasanya sering dibeli para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Bahan baku utama dari kuliner khas Probolinggo yang satu ini adalah tapai singkong manis. Untuk membuat prol tapai, bahan baku utama tadi akan dicampur dengan tepung terigu, garam, margarin, gula pasir, telur ayam, dan susu cair.

Kemudian sebagai toppingnya biasa ditambahkan kismis atau parutan keju.

Kuliner yang satu ini memiliki rasa gurih dan manis. Dan pastinya sih kamu bisa dengan mudah menemukan prol tape, karena banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Probolinggo.

Nah itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Probolinggo yang harus kamu cicipi, kalau kamu memiliki kesempatan untuk datang berkunjung ke sana. Walaupun mungkin beberapa di antaranya jarang terdengar namanya, namun cita rasanya gak kalah deh dengan kuliner populer dari daerah lainnya. Yuk dicoba!

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Balikpapan yang Lezat & Nikmat, Wajib Banget Kamu Coba!

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You