Comscore Tracker

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup 

Kira-kira, jagungnya biasa dijadikan apa saja, ya?

Sama seperti di Indonesia, negara Thailand juga sering menggunakan jagung sebagai bahan utama dalam masakan. Mereka juga memiliki berbagai hidangan dari jagung, dari yang menjadikannya lauk, salad, hingga kudapan manis.

Untuk kamu yang tengah mencari inspirasi dalam pengolahan jagung, kamu bisa membuat hidangan Thailand berikut untuk dijadikan sarapan, makan siang, atau makan malam hari ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak poin-poin di bawah ini!

1. Salad jagung Thailand

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup ilustrasi salad jagung Thailand (youtube.com/MasterChef Ramida -Thai Food Expert)

Kreasi jagung ala Thailand yang satu ini merupakan hidangan salad yang menyajikan empat rasa yaitu asam, pedas, manis, dan asin. Rasa asam akan kamu dapatkan dari jeruk nipis, pedas dari cabai, manis dari jagung, dan asin dari kecap ikan.

Hidangan ini biasa dinamakan som tum kao pod yang biasanya menggunakan pepaya, namun terdapat kreasi-kreasi lain yang bahannya tidak menggunakan pepaya. Nah, kamu juga bisa menggunakan jagung sebagai bahan utama untuk membuat hidangan ini.

2. Kue jagung kukus

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup ilustrasi kue jagung kukus (youtube.com/Thailand Foods)

Kue jagung kukus ala Thailand dibuat dengan adonan jagung yang digiling halus, beras ketan yang sudah direndam yang digiling halus, dengan tambahan gula, santan, dan garam. Uniknya, mereka memasukkan adonan ke dalam sekam jagung untuk dikukus.

Adonan tersebut kemudian dikukus selama 25-30 menit hingga matang dan sedikit mengembang. Orang Thailand menikmati makanan penutup ini karena rasanya yang manis alami dari jagung.

Baca Juga: 5 Kreasi Es Krim ala Thailand, Wajib Dicoba! 

3. Puding santan jagung 

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup ilustrasi puding santan jagung (youtube.com/Thailand Foods)

Puding santan jagung merupakan jajanan manis Thailand yang terbuat dengan jagung, tepung jagung atau maizena, santan, air, garam dan gula. Bahan-bahan tersebut dimasak hingga membentuk adonan kental.

Pertama, maizena, garam, dan gula dilarutkan dalam santan dan air, lalu disaring agar tidak ada gumpalan. Adonan tersebut dimasak hingga kental dan diletakkan dalam loyang yang dilapisi minyak. Tunggu beberapa saat hingga bentuknya tercetak.

4. Jagung goreng Thailand

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup ilustrasi jagung goreng Thailand (youtube.com/Tastemade)

Jagung goreng ala Thailand yang satu ini mirip dengan bakwan jagung Indonesia. Perbedaan keduanya adalah jagung goreng ala Thailand menggunakan bumbu kari merah sehingga memberikan rasa yang manis dan pedas.

Cara membuat adonannya adalah dengan menggunakan food processor yang terdiri dari separuh jagung utuh, telur, pasta kari merah, daun jeruk, baking powder, garam, dan tepung beras. Sebelum digoreng, masukkan separuh jagung lainnya agar terbuat tekstur gigitan.

5. Makanan penutup sagu ala Thailand 

5 Kreasi Jagung ala Thailand, Dari Salad hingga Makanan Penutup ilustrasi makanan penutup sagu Thailand (youtube.com/Cooking with Hel)

Makanan penutup Thailand ini harus dicoba karena rasanya yang sangat lezat. Kudapan manis ini dibuat dengan jagung manis, santan, dan sagu. Sagunya dimasak dengan air kelapa dan jus pandan yang disaring sehingga terdapat lapisan bening dipermukaannya.

Hidangan ini biasa disajikan dengan kuah santan yang membuatnya jauh lebih gurih. Penambahan jagung juga membuat teksturnya menjadi lebih beragam dan manis alami.

Itu dia lima kreasi jagung ala Thailand yang wajib kamu coba hari ini. Ternyata, negara Thailand sering mengkreasikan jagung hingga membuatnya menjadi salad, kue, puding, hingga gorengan. Semuanya terlihat sangat lezat!

Baca Juga: 5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! 

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya