Comscore Tracker

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus Makanan

Setiap daun punya manfaat masing-masing

Selama ini daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau jajanan tradisional, seperti pepes, botok, lemper, nagasari, dan sebagainya. Ternyata selain daun pisang, ada beberapa daun yang juga kerap dijadikan pembungkus makanan, lho.

Bukan sekadar sebagai wadah, setiap jenis daun mempengaruhi makanan punya aroma dan karakteristik rasa yang khas. Berikut ulasannya!

1. Daun jati

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus MakananIndonesiaKaya.com

Daun pohon jati ini punya aroma wangi yang khas. Nasi jamblang khas Cirebon adalah salah satu makanan yang memanfaatkannya sebagai pembungkus. Sedangkan daerah Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, biasa menggunakan daun jati untuk membungkus tempe. 

Selain itu, membungkus daging mentah dengan daun jati dipercaya bisa mengurangi aroma amis dan membuatnya lebih empuk. Kebanyakan yang diambil adalah daun lebih muda, karena teksturnya lebih ulet alias gak mudah robek.

2. Daun mangkok

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus MakananInstagram.com/ihealthyfarm

Sesuai namanya, daun ini berbentuk cekung menyerupai mangkuk. Beberapa daerah di Indonesia punya julukan berbeda-beda untuk daun ini. Orang Sunda biasa menyebutnya daun mamanukan, masyarakat Jawa Timur menyebutnya godong mangkokan, sedangkan di Ambon dan Papua disebut daun papeda. 

Beberapa makanan seperti bubur sagu, pepes, dan pecel juga menggunakan daun mangkok sebagai wadahnya. Selain praktis, daun ini dikenal ramah lingkungan dan bisa menghilangkan bau amis pada pepes ikan.

3. Daun pelepah jagung

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus Makanankebudayaan.kemdikbud.go.id

Pelepah jagung punya serat memanjang yang kuat dan rapat, sehingga dianggap ideal untuk membungkus makanan. Selain itu, ada aroma wangi khas yang muncul saat proses pemasakan. Tak heran kalau banyak jajanan manis yang memanfaatkan daun ini. Misalnya wajik Bandung, pudak, dan dodol ayas khas Gresik.

4. Daun kelapa

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus MakananJogja.co

Sama seperti daun pisang, banyak jajanan pasar yang dibungkus menggunakan daun kelapa. Karena bentuknya memanjang dengan lebar tak seberapa, mungkin lebih cocok untuk membalut makanan dengan cara memutar, seperti yang kita temukan pada clorot, lepet ketan, atau legondo khas Yogyakarta.

5. Daun nyangku

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus MakananInstagram.com/blitarlocalguides

Daun nyangku memang tak begitu familiar seperti lainnya, tapi sudah sering dimanfaatkan warga lereng Gunung Slamet untuk membungkus makanan, sejak dulu sebelum ada plastik atau kertas. Karakteristiknya yang lebar memanjang dan punya serat kuat, dianggap ideal sebagai pembungkus makanan. Termasuk pada kuliner khas masyarakat lereng Gunung Slamet yang bernama sego nyangku.

6. Daun bambu

Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus MakananInstagram.com/ram_yu

Seluruh bagian tanaman bambu dapat dimanfaatkan, mulai dari batang hingga daunnya. Daun bambu yang memanjang biasa dijadikan pembungkus bakcang, kue gambir khas Bali, atau tempe. 

Namun, daun bambu tak bisa langsung digunakan sebelum dipetik, karena terdapat bulu-bulu halus dan kotoran di permukaan daun. Daun bambu terlebih dahulu harus dibersihkan dan direbus hingga sedikit layu.

Saat menyantap makanan yang dibungkus enam jenis daun di atas, ada yang bisa menangkap dan membedakan aroma masing-masing daunnya gak? Tulis pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Hits Instagram Lumajang yang Wajib Kamu Coba 

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You