Comscore Tracker

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!

Bisa langsung tahu, gak perlu direndam segala

Diperlukan ketelitian dalam memilih telur saat belanja. Jangan sampai telur yang kita bawa pulang keadaannya tidak fresh atau malah nyaris busuk.

Selain gak bisa bertahan lama, kandungan nutrisinya pun akan rusak. Biar gak kena jackpot, simak lima tips memilih telur yang baik berikut ini!

1. Perhatikan tekstur cangkang telur

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tekstur dan permukaan cangkang. Tanda telur yang segar yakni teksturnya agak kasar dan kadang terdapat butiran putih (lapisan kalsium) di permukaannya.

Telur yang permukaannya mengkilap biasanya sudah disimpan terlalu lama. Selain itu, bintik-bintik hitam dalam permukaan telur bisa jadi tanda adanya pertumbuhan jamur. Hindari cangkang telur yang retak meski sedikit atau belum terbuka, karena telur rentan terkena infeksi bakteri.

2. Lihat warna cangkangnya

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!Unsplash.com/Jakub Kapusnak

Selain tekstur, perhatikan pula warna cangkangnya. Telur yang segar biasanya berwarna cerah dan tampak pekat. Warna yang kusam atau sedikit keruh bisa jadi indikasi telur sudah lama disimpan.

Namun perlu diketahui, memang ada telur yang punya warna aslinya lebih terang atau lebih cerah. Selama warnanya masih terlihat segar dan tidak kusam, berarti masih bisa masuk kategori telur segar.

3. Pilih telur berbentuk bulat

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!Unsplash.com/Caroline Attwood

Pilih telur yang berbentuk cenderung bulat, kalau kamu ingin mendapat bagian kuning yang lebih besar dan padat. Kebalikannya, kalau butuh lebih banyak putih telur, kamu tinggal pilih telur yang lebih lonjong.

Baca Juga: 10 Potret Telur Goreng Bernilai Seni Tinggi, Bentuknya Bikin Sayang

4. Cium aroma telur

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!Unsplash.com/Erol Ahmed

Kamu mungkin sedikit bingung gimana aroma telur idealnya? Kuncinya, selama tidak tercium aroma busuk atau anyir menguar dari cangkang, telur relatif aman dikonsumsi.

5. Guncangkan telur

5 Tips Memilih Telur yang Baik Saat Belanja, biar Gak Kena Jackpot!littlethings.com

Cara terakhir dan paling ampuh untuk mengecek kesegaran telur adalah dengan mengguncangkannya secara perlahan. Jika kamu merasa ada isi yang bergoyang atau ada massa yang bergerak di dalamnya, tandanya telur tersebut busuk. 

Gerakan tersebut diakibatkan karena tali pusat yang menghubungkan kuning telur dengan cangkang sudah terlepas, sehingga kuning telur tak berada di tempatnya. Hal ini bisa dikarenakan telur sudah terlalu lama disimpan.

Selalu cek telur yang akan kamu beli. Baiknya hindari membeli telur yang sudah ditimbang dan dikemas. Bahkan, telur omega kemasan yang katanya punya kualitas lebih baik saja bisa kamu terima dalam keadaan busuk.

Itulah beberapa tips memilih telur yang bisa kamu praktikkan saat berbelanja. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Olahan Telur untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You