Comscore Tracker

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!

Mulai dari hidangan bercita rasa asam hingga yang manis

Mangga yang memiliki nama binomial Mangifera indica ini merupakan salah satu buah-buahan khas daerah tropis yang banyak di konsumsi di seluruh dunia. Usut punya usut, Indonesia bahkan termasuk dalam 10 negara produsen mangga terbesar di dunia, lho!

Nah, kepopuleran mangga sepertinya membuat buah yang satu ini ternyata tak hanya lezat diolah menjadi sajian jus saja, melainkan dapat pula dijadikan bahan dasar dari beberapa makanan pencuci mulut hingga makanan berat. Misalnya saja dari tujuh negara berikut. 

1. Khao niao mamuang dari Thailand

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!seriouseats.com

Khao niao Mamuang alias mango sticky rice ini merupakan makanan pencuci mulut klasik dari Thailand. Penyajiannya memadukan irisan mangga matang, nasi ketan, saus dari santan, serta diberi taburan wijen. Tampilan dan bahannya memang tampak sederhana, namun cita rasanya juara!

2. Mango mousse dari Yunani

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!sweetmango.in

Mango mousse diolah dari perpaduan yoghurt, irisan mangga matang, krim kental, gula, gelatin, dan vanili. Selanjutnya, semua bahan tersebut dijadikan satu ke dalam suatu adonan. Sebelum dihidangkan, adonan tersebut disimpan terlebih dahulu ke dalam kulkas.

3. Mango kulfi dari India

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!bakewithshivesh.com

Berbentuk seperti ice stick, olahan mangga yang satu ini memang merupakan sajian es krim ala India. Kulfi dibuat menggunakan mangga yang telah dihaluskan, lalu dicampur dengan yogurt atau susu kental manis. Kemudian, bahan tersebut dimasukkan ke kulkas dan disantap ketika sudah membeku layaknya es krim stik.

Baca Juga: 8 Ide Resep Minuman dari Mangga untuk Buka Puasa yang Sehat dan Segar

4. Mango jerk wings dari Amerika Serikat

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!grandbaby-cakes.com

Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, pun tak mau kalah. Negara adidaya ini memiliki mango jerk wings. Olahan mangga ini merupakan ayam panggang (terutama bagian sayap) yang dibumbui dengan buah mangga, serta ditambah perasan lemon dan aneka rempah. Alhasil, citara sanya tentulah kaya.

5. Salsa de mango dari Meksiko

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!relish.com

Olahan mangga dari negara terbesar ketiga di Amerika Latin ini adalah salsa de mango. Hidangan tersebut dibuat menggunakan ragam bahan. Mulai dari mangga yang telah dipotong kotak-kotak kecil, jalapeno, bawang bombay, paprika, dan perasan jeruk lemon. Semua bahan tersebut diaduk menjadi satu.

6. Rujak mangga muda dari Indonesia

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!cookpad.com

Rujak, tepatnya rujak mangga muda, agaknya sudah sangat lazim di lidah masyarakat Indonesia. Santapan ini menggunakan mangga muda yang dipotong tipis, lalu diberi bumbu berupa gula merah, atau pun bumbu tambahan lain sesuai selera.

7. Mango pudding dari Hong Kong

7 Negara Ini Punya Olahan Mangga yang Khas, Ada Indonesia Juga!beyondsustenance.com

Seperti namanya, mango pudding memang memiliki tekstur yang lembut dan creamy layaknya pudding. Cita rasa dari hidangan pencuci mulut khas negara berjulukan mutiara dari timur ini akan lebih sedap apabila disantap bersama saus susu seperti vla, lho.

Itulah tujuh hidangan khas berbahan mangga dari berbagai negara. Sudah coba?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Cake Mangga yang Enak, Lembut di Setiap Gigitan!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya