Comscore Tracker

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putih

Serupa tapi tak sama!

Daging ayam adalah salah satu bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, yang mampu menggugah selera makan. Seperti contoh, olahan ayam berwarna kecokelatan khas Asia yang akan disebutkan ini.

Ayam cokelat di sini, maksudnya bukanlah ayam yang dimasak dengan buah cokelat. Melainkan olahan ayam yang dimasak dengan resep masing-masing sehingga menghasilkan cita rasa yang khas serta memiliki tampilan berwarna cokelat.

Kira-kira ada olahan ayam cokelat apa saja, ya? 

1. Semur ayam

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihcraftlog.com

Olahan ayam cokelat urutan pertama ini ialah masakan khas dalam negeri. Dapat diracik dengan resep yang disesuaikan dengan selera. Ada satu bahan yang tidak boleh absen saat membuat semur ayam yaitu kecap manis.

Kecap manis inilah yang membuat semur ayam masuk daftar olahan ayam cokelat. Baik dimasak dengan dilengkapi kentang maupun tidak. Semur ayam tetaplah nikmat dijadikan sebagai pendamping nasi putih hangat.

2. Adobo

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihseriouseats.com

Adobo adalah olahan ayam cokelat asal Filipina yang namanya populer pula di beberapa negara kawasan Amerika Selatan.

Bila semur ayam menggunakan kecap manis, adobo mengandalkan kecap asin pada resep pembuatannya. Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana seperti gula, garam, bawang putih, lada, cuka, dan daun salam.

3. Jjimdak

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihskyscanner.com.sg

Dilengkapi dengan mi yang terbuat dari ubi, jamur shitake, kentang, wortel, dan taburan wijen putih, jjimdak ialah olahan ayam cokelat berasal dari Negeri Gingseng, Korea Selatan.

Berkuah dan memiliki rasa sedikit pedas, jjimdak menggunakan kecap asin serta saus tiram yang membuat tampilannya menjadi cokelat serta memiliki cita rasa yang khas.

4. Ayam teriyaki

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putiharchanaskitchen.com

Olahan ayam cokelat asal Jepang ini, kalian pasti juga sudah gak asing lagi dengan kenikmatanya. Ayam teriyaki dimasak dengan menggunakan saus yang terbuat dari sake, kecap asin, gula, dan mirin. 

Namun, rata-rata racikan saus teriyaki yang menggunakan sake umumnya digunakan di Jepang. Sedangkan di negara kita, saus teriyaki dapat dibuat dengan gula merah, kecap manis, kecap asin, dan saus tiram.

Untuk daging ayam yang digunakan sebagai bahan ayam teriyaki sendiri, dipilih ayam fillet yang biasanya dipotong kecil-kecil atau dipotong dadu.

Baca Juga: 10 Aneka Olahan Ayam Goreng Khas Indonesia, yang Mana Favoritmu?

5. San bei ji

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihfoodelicacy.com

Terkenal di Taiwan dan Tiongkok, san bei ji rata-rata menggunakan paha atau sayap ayam yang telah dipotong pada bagian ujungnya sebagai bahan utama.

San bei ji dimasak dengan bumbu berupa kecap, anggur beras, jahe, gula, bawang putih dan minyak wijen. Olahan ayam cokelat ini identik pula dengan keberadaan daun kemangi Thailand yang membuat rasa serta aromanya kian nikmat saat disajikan.

6. Si yau kai

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihtheburningkitchen.com

Berasal dari masakan khas Kanton. Si yau kai ialah olahan ayam cokelat nan lezat yang namanya cukup populer di Malaysia dan Singapore.

Jika pada olahan sebelumnya, ayam yang digunakan telah dipotong-potong. Si yau kai menggunakan daging ayam utuh yang telah dibersihkan jeroannya lalu direbus ke dalam panci yang berisi racikan air, anggur beras, kecap asin, kecap manis, serta rempah-rempah.

Si yau kai memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih layaknya ayam hainan. 

7. Ayam manchurian

7 Olahan Ayam Kecokelatan Asia yang Cocok Dijodohkan dengan Nasi Putihvaya.in

Dapat dimasak kering maupun berkuah, ayam manchurian merupakan olahan ayam cokelat perpaduan resep India dan Tiongkok.

Memiliki tekstur kental yang berasal dari tepung jagung dan maida, ayam manchurian menggunakan bumbu rempah-rempah yang dipadupadankan dengan kecap, saus tomat, dan saus  cabai.

Di India, ayam manchurian biasa disantap bersama hangatnya nasi goreng atau mi Hakka.

Nah, itulah tadi tujuh olahan ayam cokelat dari beberapa negara di Asia. Serupa tapi tak sama, kan? Olahan ayam cokelat yang telah disebutkan tadi bisa jadi ide varian masakan sehari-hari juga, lho!

Baca Juga: 9 Olahan Ayam Pedas Khas Korea Selatan Paling Favorit, Berani Cobain?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya