Comscore Tracker

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidah

Berasal dari warisan Kerajaan Mughal

Pakistan tidak hanya tentang Peshawar atau Lahore. Ada satu kota di negara ini yang cukup menarik perhatian, yaitu Multan.

Namanya memang cukup asing di telinga. Namun, kota yang lokasinya berada di tengah ini adalah kota tertua di Pakistan yang kaya budaya dan sejarah. Bahkan nama Multan disematkan sebagai kota tertua di kawasan Asia Selatan.

Sebagai kota tua, Multan memiliki ragam budaya. Begitu juga dengan kuliner khas yang nikmatnya sangat memanjakan lidah. Mau tahu, ada kuliner apa saja di kota tua ini? Intip, yuk!

1. Multani mutton chops

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahpinterest.com

Biasa dijadikan sebagai menu hidangan utama, multani mutton chops adalah daging domba panggang khas kota Multan yang dimasak dengan cara direndam terlebih dahulu di adonan pepaya mengkal, pasta jahe, dan garam.

Setelahnya, daging domba dilumuri dengan tepung maida yang telah dicampur dengan yogurt dan rempah-rempah, yang kemudian dipanggang.

Utamanya, daging domba yang dipilih sebagai bahan pembuatan multani mutton chops adalah daging segar yang masih melilit bersama tulang.

2. Multani halwa

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahweb.cbnt.io

Usai menyantap gurihnya multani mutton chops, terkadang masyarakat Multan menggenapi nikmatnya santap mereka dengan menikmati multani halwa yang manis.

Multani halwa ialah hidangan penutup yang terbuat dari campuran susu, ghee, kapulaga, gula, kacang almond, yang diberi taburan renyahnya kacang pistacio.

3. Badam kulfi

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidaharchanaskitchen.com

Dessert satu ini jadi pilihan terbaik ketika cuaca kota Multan cukup terik pada siang hari. Dibuat dengan menggunakan cetakan yang memiliki gagang, badam kulfi bisa dibilang adalah es krim ala kota Multan.

Badam kulfi terbuat dari susu krim, gula, susu kental manis, kacang almond, kapulaga, dan saffron, dicampur menjadi satu adonan yang kemudian dimasukkan ke dalam cetakan lalu didiamkan dalam lemari pendingin.

Baca Juga: 7 Keajaiban Street Food Pakistan yang Bisa Menggodamu untuk Melancong

4. Tawa chicken

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahpinterest.com

Memiliki rasa gurih dan pedas. Daging ayam dipotong dadu, biasanya dipilih oleh masyarakat Multan sebagai bahan utama pembuatan tawa chicken agar memudahkan saat menyantap karena sudah tidak ada tulang.

Selain kaya rempah, tawa chicken terdapat campuran perasan lemon yang membuat rasanya jadi segar. Rasa pedas tawa chicken juga didapat dari bubuk cabai.

5. Multani kaali arbi

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahfood-dee-dum.com

Kuliner satu ini yang paling sederhana, baik bahan maupun cara pembuatannya. Kalian pun dapat mempraktikkannya di rumah jika memang sesuai dengan lidah.

Multani kaali arbi adalah sup yang terbuat dari talas atau ubi. Bumbunya sendiri hanya memerlukan garam dan cabai. Untuk melengkapi kelezatannya, irisan daun ketumbar jadi penyempurna multani kaali arbi.

6. Chapatis

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahbbc.co.uk

Chapatis ialah pancake yang terbuat dari tepung gandum, garam, tepung terigu, dan minyak zaitun. Nikmat disantap dengan menggunakan chutney, chapatis alternatif menu sarapan pagi masyarakat Multan yang  tidak sempat meracik lauk pauk.

7. Chapli kabab

7 Kuliner ala Kota Tua Multan di Pakistan yang Memanjakan Lidahkraftcanada.com

Dapat disantap menggunakan roti, atau digunakan sebagai isian burger. Chapli kabab semacam daging cincang yang dimasak dengan bumbu lalu digoreng. Dagingnya sendiri dapat menggunakan daging sapi, ayam, atau kambing. Disesuaikan dengan selera lidah.

Chapli kabab memiliki rasa gurih, dan pedas segar yang berasal dari jahe, daun mint, dan potongan paprika.

Nah, itulah tadi tujuh kuliner ala kota tua Multan di Pakistan yang memanjakan lidah. Ingin puas kulineran di kota ini? Kunjungi sekitar Ghanta Ghar Chowk, landmark kota Multan yang dikelilingi oleh kedai-kedai makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Burung Unta, Hidangan Khas Berbuka di Pakistan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya