Comscore Tracker

Selain Es Kepal Milo, Ini 8 Es Serut Terfavorit dari Berbagai Negara

Kalau lagi panas, satu mana cukup

Siapa yang tak suka es serut? Kudapan dingin menyegarkan ini jadi favorit banyak orang. Proses dan isinya sederhana. Es batu diserut, ditambahkan sirup rasa buah, diberi potongan jelly atau buah lainnya.

Nah, baru-baru ini, es serut kembali viral dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Es kepal Milo namanya. Es kepal artinya es serut yang dibentuk menyerupai kepalan.

Es serut yang berasal dari Malaysia itu berhasil menyedot perhatian publik dengan antrean yang mengular. Padahal, gerainya hanya berupa pedagang kali lima di pinggir jalan. Jelas saja karena rasanya enak, harganya pun relatif murah.

Tapi, kamu tahu gak sih, selain es kepal Milo, jenis es serut sangat bervariatif dari berbagai negara, lho. Seperti yang paling populer di bawah ini.

1. Chuski, India

worldofcoins.eu

Mirip banget kayak es yang dijual abang-abang di depan sekolah, ya? Bedanya, es chuski menggunakan sirup mawar dan sirup khas India, yaitu kala-khatta.

2. Snow cones, Amerika Serikat

imbibemagazine.com

Snow Cones diperkenalkan oleh penduduk Dallas bernama Samuel Bert pada 1919. Es serut Amerika ini disajikan dengan kertas berbentuk kerucut, lalu disiram sirup warna-warni di atasnya. Es yang diperkenalkan dalam Texas State Fair ini selalu ada saat musim panas.

3. Snowball, New Orleans

theodysseyonline.com

Berbeda dengan snow cones, snowball memliki tekstur yang lebih halus. Rasa favorit dari snowball adalah delima dengan susu kental manis di atasnya. Tapi, banyak juga kedai yang menyediakan beberapa rasa, seperti rootbeer, cola, bahkan kopi.

4. Raspado, Meksiko 

tucsonfoodie.com

Raspado, dalam bahasa Meksiko berarti tergores. Namanya diambil dari kata "raspa" yang berarti mengikis. Selain rasa buah, raspado juga memiliki rasa klasik. Yakni picosito (bubuk lemon dan cabai),  pistachio, timun, dan rasanya agak asam.

Baca juga: VIDEO: Resep Bikin Es Kepal Milo Kekinian, Gak Perlu Antre Panjang

5. Granizado, Kuba

cookingchanneltv.com

Diambil dari bahasa Spanyol, "granizo" atau yang berati hujan es. Graanizado dijual dalam truk es krim. Rasa yang ditawarkan terdiri dari buah-buahan dan rempah-rempah khas Kuba.

6. Shaved ice, Hawai 

tropicaldreamsutah.com

Rasanya, es serut sangat cocok dimakan di Hawaii karena cuacanya relatif cukup terik. Di atas shaved ice, biasanya disiram sirup warna-warni dan susu kental manis. Ditambahkan pula kacang adzuki. 

7.  Kakigori, Jepang 

tokyopic.com

Saat musim panas di Jepang, kakigori sangat digemari. Teksturnya, tidak seperti es serut di Indonesia. Lebih halus dan berbentuk seperti sisa dari rautan pensil. Di atasnya sering ditambahkan susu kental manis, pasta kacang merah, dan dango.

8. Ais kacang, Malaysia 

foodadvisor.my

Sebelum ada es kepal Milo, Malaysia memilimi es serut yang juga sangat populer. Ais kacang namanya. Biasa dikenal juga sebagai ABC (air batu campur). Yang berati, es batu yang dicampur dengan banyak isian.

Ais kacang juga ada di Singapura dan Brunei Darussalam dengan sebutan "ais kachang". Isiannya terdiri dari buah kalengan, kacang merah, kacang, dan cendol, seperti yang ada di Indonesia.

Hhmmm...semuanya tampak enak dan bikin ngiler ya. Kamu paling suka yang mana, nih?

Baca juga: 1 dari 9 Es Krim Ini Bikin Instagram Kamu Makin Hits, Fancy Abis!

yummy-banner

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya