Comscore Tracker

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!

Masih banyak yang belum bisa membedakannya

Berbicara mengenai sayuran yang ada saat ini memang sangat beraneka ragam, bahkan hingga ke tampilan yang sangat mirip sekalipun. Sama halnya dengan caisim dan pakcoy yang masih membuat banyak orang kebingungan hingga kini. Kedua jenis sayuran ini memang sekilas tampak serupa sehingga wajar saja banyak orang yang menganggap keduanya mirip.

Bila kamu salah satu orang yang kesulitan dalam membedakan keduanya, berikut lima perbedaan antara caisim dan pakcoy.

1. Tangkai daun yang berbeda

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!simplyrecipes.com

Hal pertama yang dapat dilihat dari caisim dan pakcoy adalah bentuk daunnya. Pada umumnya caisim memeiliki tampilan daun yang lebih rapat, namun tidak besar. Sementara untuk pakcoy relatif lebar bila dibandingkan dengan caisim. Sehingga tak heran bila bentuk daunnya dapat dibedakan.

2. Perbedaan tekstur batang

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!food52.com

Bila dibandingkan antara caisim dan pakcoy, pada umumnya batang pakcoy jauh lebih keras bila dibandingkan dengan batang dari tangkai caisim. Hal ini yang membuat banyak orang akan membuang ujung tangkai pakcoy. Sebaliknya, bahkan tangkai batang caisim dapat ikut diolah karena tak keras.

3. Bentuknya tak sama

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!pasarinduk.id

Meski sama-sama berwarna hijau segar, jika dilihat sekilas sebenarnya antara caisim dan pakcoy dapat terlihat perbedaannya. Caisim pada umumnya lebih panjang dengan bentuk yang tegap. Sementara, pakcoy terlihat mirip seperti bentuk sendok yang melengkung, namun dengan daun yang lebar.

Baca Juga: Resep Pakcoy Tahu Jamur: Mudah, Lezat, dan Cepat Dibuat

4. Cita rasa keduanya

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!bukalapak.com

Jika ditanya kira-kira apa cita rasa yang tersaji antara caisim dan pakcoy, keduanya memiliki rasa yang tak beda jauh, namun tetap berbeda. Caisim umumnya terasa sedikit pahit, namun masih dikonsumsi meskipun tak melalui proses pemasakan yang lama. Sentara pakcoy lebih terasa agak pahit dan biasanya disajikan sebagai isian pada menu sup.

5. Olahan yang terbuat dari caisim dan pakcoy

5 Perbedaan Antara Caisim dan Pakcoy, Jangan Tertukar Lagi Ya!inspiredtaste.net

Sudah jelas kedua sayuran ini diolah melalui menu-menu yang jelas berbeda antara satu dan lainnya. Caisim dapat dikatakan sebagai jenis sayuran rumahan yang paling sering diolah, contohnya sebagai mi instan, mi ayam, bakso, atau menu sayuran. Sementara pakcoy lebih umum untuk menu-menu sup dan biasanya tersedia di restoran-restoran bertema all you can eat.

Nah, beberapa perbedaan antara caisim dan pakcoy di atas semoga dapat membantumu dalam membedakan keduanya. Sudah bisa?

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Sayur Pakcoy, Kamu Wajib Tahu!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya