Comscore Tracker

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsi

Cocok untuk dikonsumsi langsung

Nangka merupakan buah yang memiliki karakteristik khusus dan eksistensinya telah dikenal oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Nangka yang telah matang tentunya memiliki ciri yang lebih terlihat daripada nangka yang masih mentah. Pemanfaatan dari nangka matang juga sering dikonsumsi secara langsung maupun diolah kembali menjadi berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Namun, dibalik cita rasanya yang manis khas, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih nangka yang manis dan tepat?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih buah nangka yang manis dan pas, simak yuk apa saja!

1. Perhatikan kerapatan dari duri buah nangka

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsithefreshmarket.com

Buah nangka memiliki duri disekelilingnya meski duri tersebut tidak sama dengan duri pada buah durian. Duri tidak tajam tersebut dapat menjadi ciri khas yang dapat menentukan kematangan dari buah nangka yang akan dipilih. Jangan memilih buah nangka dengan duri yang rapat karena bisa jadi itu merupakan indikasi bahwa nangka masih dalam kondisi mentah.

2. Cobalah untuk mencoba memukul buah nangka

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsiopenfit.com

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengecek kematangan dari buah nangka adalah dengan cara memukul buah nangka menggunakan benda padat yang tumpul. Suara yang dihasilkan akan menentukan kematangan dari buah nangka. Buah nangka yang matang cenderung bersuara longgar dibandingkan buah nangka yang masih mentah.

3. Lihatlah warna dari buah nangka

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsiwestjetmagazine.com

Jika kamu mencoba untuk membeli buah nangka yang telah dipotong-potong, maka pastikan untuk memilih nangka yang memiliki buah berwarna kuning terang. Warna kuning cerah namun terang ini dapat menjadi indikasi kematangan dari nangka yang dapat kita konsumsi sehingga nangka akan terasa lebih lezat, manis, dan menggugah selera.

4. Bertekstur padat, kenyal, dan beraroma khas

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsitimesofindia.com

Selanjutnya hal yang dapat kamu amati adalah tekstur konsistensi dari nangka tersebut. Pastikan untuk membeli nangka yang memiliki konsistensi kenyal dan padat, namun lembut. Jangan lupa mengenai aroma khas dari nangka yang dapat tercium dengan jelas dan harus sebagai tanda kematangannya. Jangan membeli nangka yang belum matang karena tentunya tidak enak dikonsumsi.

Baca Juga: Khasiat Terpendam Buah Nangka yang Gak Pernah Kamu Tahu

5. Warna dari kulit nangka

5 Tips Memilih Nangka yang Matang Agar Enak Dikonsumsifoodnetwork.com

Jika kamu memilih untuk mengolah nangka utuh dan mencoba memanfaatkannya sebagai hidangan penutup atau dimakan langsung, kamu dapat coba untuk melihat warna dari kulit buah nangka sebelum memutuskan untuk memanennya. Pastikan warna yang dihasilkan agak kekuningan ataupun hijau kecokelatan karena dapat menjadi indikasi kematangan yang pas dari nangka.

Nah, 5 tips diatas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin memilih nangka yang matang agar tetap lezat untuk dikonsumsi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You