Comscore Tracker

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala 

Padat, kenyal dan gurih!

Kamu mungkin tidak familiar dengan kata tamale. Tamale sendiri merupakan sari pati jagung yang dibungkus dengan daun jagung itu sendiri. Tamale cukup familiar di Benua Amerika seperti Meksiko dan Guatemala. Adapun keunikan chuchitos dari tamale lain adalah saus tomat yang menambah cita rasa.

Jika ditelisik berdasarkan sejarah, tamale ini sudah ada sejak zaman Bangsa Maya beberapa abad yang lalu. Olahan ayam yang terbilang cukup kuno ini tetap lestari hingga saat ini. Kamu yang ingin mencicipi kelezatan tamale ayam khas Guatemala? Bisa simak resep lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Bahan yang digunakan 

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala ilustrasi tepung jagung (youtube.com/Global Food Book)

Ada beberapa bahan yang mesti kamu siapkan dalam membuat chuchitos sebagaimana tercantum di bawah ini.

Bahan saus tomat:
17 buah tomat
1 buah cabe guajilo atau cabe besar
2 buah paprika
1 buah bawang bombay
4 siung bawang putih

Bahan isian:
900 gr ayam
Garam dan lada secukupnya

Bahan adonan:
900 gr masa harina atau tepung jagung instan
2 sdm mentega
3 sdm minyak sayur
Garam dan lada secukupnya

Bahan tambahan:
10–15 lembar daun jagung kering

2. Rendam daun jagung dan buat saus tomat  

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala ilustrasi buat saus tomat (youtube.com/Kevin is Cooking)

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam daun jagung agar nanti mudah dilipat. Rendam menggunakan air panas, ya.

Selanjutnya siapkan grill atau pan, lalu panggang semua bahan saus hingga kulitnya agak kecoklatan. Jika tak ingin terlalu pedas, pastikan kamu membuang biji paprika dan cabe yang ada.

Haluskan semua bahan yang telah dipanggang menggunakan blender lalu tuang ke dalam kuali. Masak bahan saus hingga agak kental. Kamu bisa menambahkan larutan tepung jagung jika saus tampak encer. Aduk perlahan sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Penganan dari Tamale Berbungkus Kulit Jagung yang Enak Banget!

3. Masak ayam dan bumbui untuk isian tamale

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala ilustrasi masak ayam untuk isian (youtube.com/How to Boil)

Potong daging ayam hingga beberapa bagian. Masukkan ayam ke dalam kuali berisi air, kemudian masak hingga daging ayam matang sekitar 10 menit.

Di tengah proses memasak, beri garam dan lada agar bumbu meresap sekaligus memperkaya cita rasa daging ayam. Setelah itu, suir ayam atau potong kecil saja.

4. Buat adonan tamale, beri isian dan saus lalu bungkus  

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala ilustrasi membuat chucitos (youtube.com/Villa Cocina)

Dalam wadah cukup besar, masukkan garam, lada, mentaga dan minyak sayur. Aduk perlahan sampai halus, kemudian masukkan tepung jagung disertai beberapa ml air. Tuang air secara perlahan sambil terus diaduk sampai adonan agak kental seperti selai kacang.

Tutup wadah berisi adonan menggunakan kain agar kelembabannya terjaga. Ambil beberapa adonan sekitar satu sendok nasi, lalu taruh di atas daun jagung. Beri isian ayam dan saus tomat kemudian tutup dengan sedikit adonan, bungkus dan ikat di kedua ujung daun jagung.

5. Kukus hingga matang, lalu sajikan

Resep Chuchitos, Tamale Ayam khas Guatemala chucitos (youtube.com/Salt it with Selena)

Masak air hingga mendidih lalu masukkan nampan kukusan. Taruh tamale di atas nampan, lalu kukus hingga tamale benar-benar matang sekitar 40–60 menit.

Pastikan menutup kuali yang digunakan untuk mengukus. Tamale yang sudah matang siap disajikan dengan tambahan saus tomat di bagian atasnya atau parutan keju yang gurih.

Kami bisa menikmati tamale yang padat dan kenyal disertai isian ayam, yang super nikmat. Rasa asam dan pedas dari saus tomat pun dapat memberikan cita rasa khas tersendiri. Yuk, cobain resep chuchitos ala guatemala di atas!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di Dunia

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya