Comscore Tracker

Cara dan Tips Membuat Eggs Benedict yang Sempurna untuk Menu Sarapan

Rasanya nikmat dan bikin semangat

Ada banyak menu sarapan simpel yang bisa kamu masak di rumah. Salah satunya eggs benedict, menu sarapan khas Amerika Serikat.

Menu yang juga akrab disebut eggs benny ini terdiri dari muffin yang dibelah dua, lalu ditambah telur, bacon, dan saus hollandaise di atasnya.

Eggs benedict juga lazim dihidangkan jelang makan siang. Nah, jika kamu ingin mencoba membuat eggs benedict, berikut cara dan tips membuatnya.

1. Buat saus hollandaise-nya terlebih dahulu

Cara dan Tips Membuat Eggs Benedict yang Sempurna untuk Menu Sarapanjernejkitchen.com

Bahan-bahan:
- 4 butir kuning telur
- 1 sdm lemon (ambil airnya)
- 3 sdm cuka
- 115 gram mentega

Cara membuat:
1. Panaskan teflon, lalu lelehkan mentega hingga benar-benar cair. Sisihkan.
2. Didihkan air dalam panci setengahnya saja, letakkan mangkuk anti panas di atas air, lalu masukkan kuning telur. Tambahkan cuka, aduk campuran kuning telur dan cuka di atas air yang sedang mendidih.
3. Tambahkan mentega cair dan air lemon, aduk kembali hingga merata atau sekitar 5-10 menit. Setelah itu, dinginkan saus untuk nanti digunakan kembali.

2. Saatnya membuat eggs benedict

Cara dan Tips Membuat Eggs Benedict yang Sempurna untuk Menu Sarapandinnerthendessert.com

Bahan-bahan:
- beef bacon secukupnya
- 2 buah english muffins atau bisa menggunakan roti bagel
- 2 butir telur
- 4 potong buah zaitun
- 1/2 buah paprika (potong dadu kecil)
- garam secukupnya
- lada putih secukupnya
- saus hollandaise

Cara membuat:
1. Masak beef bacon tanpa menggunakan minyak hingga matang, sisihkan.
2. Masak english muffin atau roti bagel di wajan bekas beef bacon tadi hingga roti berwarna kuning keemasan, lalu sisihkan.
3. Saatnya membuat pouched egg. Caranya, didihkan air di panci, tuang sedikit cuka, dan aduk hingga membentuk pusaran air. Setelah itu, masukkan telur perlahan-lahan, biarkan selama 2-3 menit, lalu tiriskan. Ulangi langkah ini untuk telur yang satu lagi.
4. Siapkan piring saji. Letakkan sesuai urutan, yakni english muffins atau roti bagel terlebih dahulu, beef bacon, lalu pouched egg.
5. Siram saus hollandaise di atasnya. Tambahkan topping buah zaitun, paprika, garam, dan lada secukupnya. Eggs benedict siap disajikan.

Baca Juga: Resep Telur Krispi Sambal Matah ala Yummy, Gurih dan Pedasnya Mantap

3. Tips dan cara mudah membuat pouched egg

Cara dan Tips Membuat Eggs Benedict yang Sempurna untuk Menu Sarapanmashed.com

Eggs benedict lazimnya memang mengggunakan pouched egg. Untuk membuat poached egg yang sempurna memang terbilang cukup sulit. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat poached egg yang sempurna.

  1. Untuk membuat poached egg, jangan gunakan air yang terlalu mendidih. Suhu yang disarankan berkisar 95-97 derajat Celsius.
  2. Telur yang digunakan harus benar-benar segar. Kalau tidak segar, kuning dan putih telur biasanya akan terpisah saat direbus.
  3. Pertama, pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil. Panaskan air hingga hampir mendidih dan tambahkan cuka sedikit demi sedikit hingga kamu bisa mencium aroma asam cuka dari uap air.
  4. Setelah air hampir mendidih, aduk air perlahan secara memutar hingga membentuk seperti pusaran. Saat air masih memutar, segera masukkan telur.
  5. Biarkan telur hingga 2-3 menit, lalu segera angkat menggunakan saringan. Untuk menetralisir rasa asam dari cuka, kamu bisa merendam telur yang sudah direbus ke dalam air dingin matang sebelum disajikan.

4. Gunakan double boiler untuk membuat saus hollandaise

Cara dan Tips Membuat Eggs Benedict yang Sempurna untuk Menu Sarapankitchenstuffplus.com

Kamu bisa menggunakan panci double boiler yang kerap dijual di pasaran untuk membuat saus hollandaise. Menggunakan double boiler tentu jauh lebih mudah daripada kamu harus mengaduk adonan di mangkuk antipanas di atas air.

Nah, itulah cara dan tips membuat eggs bennedict yang sempurna. Sarapan jadi lebih nikmat dan semangat, deh!

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Telur Bebek, Cocok untuk Segala Jenis Menu!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya