Comscore Tracker

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo 

Namanya agak saru, tapi rasanya tak pernah keliru

Meskipun namanya terdengar saru, dawet jembut kecabut ini merupakan dessert unik khas Purworejo, Jawa Tengah. Nama tersebut merupakan singkatan dari lokasi di mana dawet ini dijual. Tepatnya di sebelah timur 'Jembut' Jembatan Butuh di 'Kecabut' Kecamatan Butuh.  

Nama yang viral tersebut membuat banyak orang penasaran untuk mencicipi dawet legendaris ini. Ternyata dawet jembut kecabut sudah dibuat sejak 1950-an, lho. Dawet jembut kecabut dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pewarna, dan diproses secara manual. 

Gak selalu harus jauh-jauh pergi ke Purworejo dahulu untuk mencicipinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Es dawet jembut kecabut ini cocok jadi pelepas dahaga saat cuaca panas. Simak resep dawet jembut kecabut berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi tepung tapioka (livepretty.com)

Bahan-bahan:

  • 10 sdm abu merang, larutkan dengan air
  • 120 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • air secukupnya
  • es batu secukupnya

Bahan kuah santan:

  • 1 liter santan
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam

Bahan larutan gula:

  • 100 gram gula aren
  • 4 lembar daun pandan
  • air secukupnya  

2. Buat adonan dawet

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi adonan dawet (thekitchn.com)

Siapkan abu merang yang sudah dilarutkan dengan air, kemudian saring dengan kain halus. Setelah itu, endapkan. Campurkan larutan abu merang dengan tepung tapioka dan tepung beras, aduk hingga adonan gak bergerindil. 

3. Masak adonan, lalu cetak

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi membuat dawet jembut kecabut (youtube.com/inspirasimbikjon)

Panaskan air di dalam panci, campur dengan garam, rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, aduk adonan dawet, masukkan ke dalam panci.

Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental. Setelah itu, siapkan es batu secukupnya di dalam wadah. Berikutnya, ambil dawet dengan cetakan atau saringan besar yang berlubang.

Tekan-tekan dengan spatula atau centong plastik supaya dawet jatuh ke bawah wadah es batu. Lakukan hingga adonan habis, lalu sisihkan. 

Baca Juga: Resep Es Dawet Jelly Pandan, Pelega Tenggorokan yang Segarnya Juara

4. Buat kuah santan

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi memasak santan (cookingclassy.com)

Tuang santan ke dalam panci. Campur dengan garam, masak dengan api sedang hingga mendidih. Masak sambil diaduk, lalu masukkan daun pandan. Setelah mendidih, saring santan dan sisihkan dahulu. 

5. Buat larutan gula

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi memasak larutan gula (mamaslegacycookbooks.com)

Buat larutan gula dengan memanaskan air di dalam panci. Masukkan gula aren, masak hingga larut. Tambahkan daun pandan, masak sebentar. Setelah mendidih, saring dan sisihkan. 

6. Sajikan dawet jembut kecabut

Resep Dawet Jembut Kecabut, Pelega Tenggorokan Khas Purworejo Ilustrasi dawet jembut kecabut (instagram.com/explorepurworejo)

Setelah semuanya selesai, siapkan gelas atau mangkuk. Masukkan es batu secukupnya, dawet, kuah santan, dan larutan gula. Dawet jembut kecabut siap dinikmati. 

Itulah resep dawet jembut kecabut yang unik dan menyegarkan. Perpaduan manisnya gula, kenyalnya dawet, dan santan yang gurih ini cocok jadi penyegar tenggorokan. Bikin kenyang pula!

Baca Juga: Resep Membuat Cendol Kenyal, Teksturnya Lembut dan Anti Hancur 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya