Comscore Tracker

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan Enak

Bikinnya mudah, kok

Jika kamu pernah makan di Hokben, pasti tahu, kan, menu salad yang disediakan oleh mereka. Salad ini biasanya selalu ada di setiap sajian masakan Jepang, bisa dibilang ini sebagai pelengkap makannya orang Jepang.

Tapi pernahkah kamu berpikir untuk mencoba bikin sendiri salad Hokben ini di rumah? Kalau kamu penasaran, cobain resep salad Hokben ala rumahan ini, yuk!

1. Bahan-bahan membuat salad ala Hokben 

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan EnakBahan-bahan gorengan (Pexels.com/Yaroslav Shuraev

Bahan:

  • 2 buah wortel
  • 1 buah lobak putih atau kol

Bahan campuran acar:

  • 3 sdm cuka dixi
  • 300 ml air
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 st garam

Bahan saus mayo:

  • 5 sdm mayones Jepang
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm kental manis

2. Cara membuat salad ala hokben 

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan Enakilustrasi potongan sayuran (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Caranya tidak serumit apa yang kita lihat dan pikirkan, karena hanya mengandalkan dua bahan saja untuk membuatnya. Siapkan bahan-bahan untuk membuat salad hokben di rumah, yaitu wortel, lobak atau kol dan juga bahan saus mayo.

Langkah awal, cucilah sayuran yang sudah dikupas, lalu, keduanya dipotong-potong memanjang sepanjang batang korek api. Jika sudah diiris-iris panjang, kedua sayuran tersebut disisihkan ke dalam wadah.

3. Cara membuat air larutan untuk acar 

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan Enakilustrasi air mendidih (medium.com)

Sisihkan dulu sejenak irisan sayuran tadi, sekarang kita membuat bahan campuran untuk acarnya, hal ini supaya bisa memberikan cita rasa pada salad tersebut. Siapkan bahan-bahan seperti cuka, gula, garam dan air secukupnya.

Kemudian, air dipanaskan terlebih dahulu hingga mendidih, kalau sudah begitu, masukkan gula, garam dan cuka, aduk-aduk hingga tercampur larut. Setelah jadi cairan yang telah melarut, tuangkan ke sayuran tadi, campurkan dengan cara diaduk hingga merata.

Baca Juga: Resep Chicken Katsu Mozarella ala Hokben, Gurih dan Bikin Nagih

4. Cara membuat saus mayo khas Hokben 

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan EnakIlustrasi saus mayo (pixabay.com/Hans)

Jika sayuran sudah matang dengan cairan tadi, lalu tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu. Sekarang kita buat saus mayo ala Hokben. Siapkan bahan-bahannya yaitu mayones Jepang dan saus tomat.

Kedua bahan tersebut dicampurkan secara merata, hingga berwarna oren cerah. Nah, jika keduanya sudah menyatu jadi satu, tuangkan di atas salad sayuran.

5. Nikmati salad ala Hokben buatan sendiri 

Resep Salad Hokben ala Rumahan, Mudah dan EnakIlustrasi salad hokben (youtube.com/Devina Hermawan)

Saus mayo dituangkan ke salad sayuran, kemudian campurkan sampai rata ke seluruhannya. Nah, jadilah salad ala Hokben yang seeenak restoran Jepang. Nanti hasilnya bercita rasa manis, asam dan asin yang dominan yang berasal dari sayurannya, dan rasa mayones yang gurih.

Pastikan nanti menggunakan air larutan untuk acar jangan kepanasan dan diaduk terlalu lama, nanti akan layu jadi gak enak.

Kita juga bisa bikin resep salad Hokben yang rasanya seenak restoran Jepang. Resep tadi bisa kamu coba terapkan di rumah, dijamin hasilnya bikin ketagihan, apalagi ditambah dengan lauk pauk seperti nugget dan nasi. Mantap!

Baca Juga: Resep Salad Bayam Apel, Salad Renyah Cocok untuk Diet

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya