Comscore Tracker

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!

Cocok buat teman santai dengan segelas teh atau kopi

Pisang gulung menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan dalam dunia kuliner. Sebab, sudah terdapat bermacam-macam hidangan yang bisa diolah menggunakan teknik ini, dan disukai oleh berbagai kalangan.

Umumnya, pisang gulung akan ditemani memakai kulit pembungkus yang variatif. Bila penasaran apa saja hidangan yang dimaksud, yuk, simak lima kreasi menariknya seperti lima olahan di bawah ini.

1. Turon

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!ilustrasi turon (pixabay.com/qq53536283)

Turon menjadi salah satu snack favorit dari Filipina yang menggunakan pisang dan kulit lumpia sebagai bahan utama. Berbeda dengan olahan pisang yang sering dijumpai di tanah air. Turon menggunakan gula sebagai salah satu komponen andalan.

Pembuatan turon pun cenderung praktis, yakni dengan memotong-motong pisang dan campur bersama gula pasir atau gula cokelat. Siapkan kulit lumpia, lalu masukkan buah dan lipat sempurna. Goreng sampai gula meleleh, ya.

2. Lumpia pisang nutella

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!ilustrasi lumpia pisang nutella (yummy.co.id)

Nutella merupakan selai cokelat populer yang memiliki rasa nikmat dan manis. Maka gak heran kalau bahan baku ini tidak cuma bisa ditemukan dalam sepasang roti, melainkan bisa pula dijadikan teman untuk menggoreng pisang.

Pembuatan makanan ini pun sangat mudah. Siapkan kulit lumpia dan taruh pisang potong di dalamnya, oles dengan selai cokelat, lalu gulung rapi. Goreng sampai garing, maka hidangan siap untuk dimakan.

3. Banana peanut butter french toast roll ups

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!ilustrasi banana peanut butter french toast roll ups (foodnetwork.com/food network kitchen)

Mengolah pisang gulung dengan memanfaatkan roti sisa dapat dilakukan dengan cepat di rumah. Sajian tersebut bisa dijadikan camilan maupun sarapan yang praktis, disertai cita rasa manis.

Pertama-tama, roti harus dipipihkan terlebih dahulu, kemudian letakkan pisang dan selai kacang secara berurutan. Di tempat lain, olah bahan cairan yang dibuat dari susu, kayu manis, dan sirup maple. Lumuri ke seluruh roti, dan masak di atas wajan.

Baca Juga: Ragam Olahan Pisang Goreng di Tanah Air, Pakai Sambal dan Madu  

4. Pisang aroma

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!ilustrasi pisang aroma (yummy.co.id/Hellen Handru)

Pisang aroma adalah jajanan yang belakangan tengah menjamur di Indonesia. Sama seperti olahan sebelumnya, makanan ini pun dibentuk menggunakan buah pisang dan kulit lumpia. Bedanya, pisang aroma lebih kecil dan panjang.

Pisang perlu diiris terlebih dahulu, kemudian sisipkan di dalam kulit lumpia bersama meses dan keju. Lipat rapi, agar tidak ada bagian yang bocor. Kemudian goreng dalam minyak panas, dan sajikan.

5. Churro banana roll ups

5 Kreasi Camilan dari Pisang Gulung, Bikinnya Simpel!ilustrasi churro banana roll ups (pexels.com/Pixabay)

Churro menjadi hidangan yang terkenal akan rasa kayu manis kuat dalam adonan, sehingga makanan ini sering kali dijadikan salah satu camilan alternatif, dan acap kali dicocol menggunakan saus cokelat.

Kini, kamu bisa menggunakan tortilla untuk menciptakan churro pisang yang menggugah selera. Cukup letakkan pisang dalam kulit bersama gula, cinnamon, dan almond butter. Panggang beberapa saat, dan santap dengan taburan gula bubuk.

Pisang gulung dengan berbagai cara masak membuat camilan terasa lebih manis dan renyah di saat bersamaan. Kelima santapan di atas pun cocok disajikan bersama segelas teh atau kopi, untuk teman santai sehari-hari.

Baca Juga: 5 Olahan Pisang Bakar untuk Inspirasi Camilan Manis nan Lembut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya