Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahan

Rasanya manis dan bikin ketagihan

Flan adalah istilah populer yang digunakan untuk menyebut puding karamel lembut nan manis. Hidangan ini telah banyak dimodifikasi sehingga bahan-bahan dan rasanya pun semakin variatif. Salah satunya cassava flan yang dibuat dari singkong.

Kombinasi kelembutan puding singkong dan karamel berpadu secara maksimal. Dilansir Pinoy Cooking Recipes, begini resep singkong flan yang simpel tetapi sukses bikin pencinta manis terlena karena nikmatnya kebangetan. Cobain, deh!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahanilustrasi singkong mentah (pexels.com/Daniel Dan)

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir singkong parut
  • ½ kaleng santan
  • ½ kaleng susu kental manis
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 7 sdm gula pasir
  • mentega secukupnya

2. Buat adonan karamel terlebih dahulu

Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahanilustrasi memasak karamel (pixabay.com/Olivia Portrat)

Siapkan gula pasir dan masukkan ke dalam cetakan ilanera atau loyang flan sebanyak 2 setengah sendok makan per wadah. Bila tidak tersedia, kamu dapat menggunakan ramekin maupun cetakan lain yang sesuai.

Nantinya, wadah-wadah tersebut mesti dipanaskan dengan suhu rendah supaya gula berubah menjadi karamel. Jika kamu ingin membuatnya sekaligus dalam satu panci, maka bisa pula dilakukan. Jika sudah, segera sisihkan.

3. Parut singkong dan peras airnya

Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahanilustrasi singkong kupas (pixabay.com/Dian A. Yudianto)

Siapkan singkong dan kupas seluruh kulitnya. Parut bahan utama ini sampai habis, lalu jangan lupa peras air yang ada di dalam adonan tersebut sampai singkong tidak lagi berair.

Selain menggunakan singkong biasa, kamu juga dapat memakai singkong beku yang kerap dijual di supermarket biar lebih mudah diolah. Bahan tersebut juga mesti diparut supaya gampang menyatu dengan adonan lain.

Baca Juga: Resep Muffin Singkong, Kreasi Singkong Kekinian yang Manis

4. Campur adonan dan masukkan ke dalam kukusan

Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahanilustrasi panci di atas kompor (unsplash.com/Edgar Castrejon)

Siapkan wadah besar, lalu masukkan parutan singkong, santan, telur, dan susu kental manis ke dalamnya. Aduk seluruh bahan sampai merata dan tidak ada bahan-bahan yang menggumpal.

Berikutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan atau loyang yang sebelumnya sudah diisi pakai karamel. Tuang sampai habis, lalu masukkan cetakan ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya.

5. Masak selama 45-60 menit, lalu sajikan

Resep Singkong Flan, Puding Karamel Populer yang Irit Bahanilustrasi singkong flan (pixabay.com/Sima Biswas)

Masak adonan singkong flan selama 45-60 menit. Untuk mengetahui tingkat kematangannya, tusuk bagian dalam kue menggunakan tusuk gigi. Jika adonan bersih, artinya kudapan sudah matang.

Setelah itu, angkat cetakan dari kukusan dan dinginkan singkong flan di suhu ruang sebelum dikeluarkan dari cetakan. Gunakan bantuan pisau, lakukan pelepasan dengan hati-hati. Kemudian, singkong flan siap dinikmati, deh!

Singkong menjadi bahan yang melimpah di Indonesia. Oleh sebab itu, kamu dapat berkreasi menggunakan umbi-umbian tersebut untuk diolah sebagai kudapan kekinian, salah satunya singkong flan yang manis dan lembut ini. Yuk, masak!

Baca Juga: 10 Kreasi Olahan Singkong Praktis untuk Ngemil di Rumah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya