Comscore Tracker

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!

Cocol dengan saus sambal biar makin maknyus 

Siapa yang gak suka dengan udang goreng tepung? Menu yang cukup sederhana dengan bahan mudah didapat tersebut memang banyak yang suka, apalagi anak-anak.

Biasanya, udang goreng tepung dijadikan sebagai lauk bekal sekolah si buah hati. Dikombinasikan dengan saus tomat atau saus sambal akan membuat rasa udang goreng makin mantap.

Udang goreng tepung bisa kamu jadikan ide untuk bekal si buah hati atau suami tercinta saat sekolah atau kerja. Berikut resep udang goreng tepung dengan tekstur renyah yang nikmat.

1. Bahan untuk membuat udang goreng tepung 

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!Ilustrasi udang (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan-bahan:

  • 250 gram udang ukuran sedang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 4 sdm tepung serbaguna
  • 2 butir telur
  • 1 sdt Bubuk kaldu
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

2. Kupas kulit udang dan cuci bersih 

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!Membersihkan kulit udang (youtube.com/Simon Schuster Books)

Ambil semua udang yang sudah disiapkan. Sebelum diolah, kamu harus mencucinya hingga bersih. Masukkan udang ke dalam wadah yang agak besar dan gunakan air yang mengalir.

Sembari mencuci udang, kupas sekalian kulitnya. Hal ini dapat memudahkanmu saat akan memasukkan udang ke adonan celupan dan langkah penggorengan nantinya. Setelah bersih, tiriskan dahulu.

Baca Juga: Resep Udang Rambutan ala Mie Gacoan yang Enak dan Bikin Ngiler

3. Buat adonan celup dari tepung terigu 

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!Ilustrasi adonan basah (youtube.com/Devina Hermawan)

Ambil wadah bersih yang sedang saja. Masukkan tepung tepung terigu, tepung beras, dan tepung serbaguna yang sudah disiapkan sebelumnya. Tuang dengan air masak.

Setelah itu, aduk tepung hingga tercampur rata. Buat teksturnya sedikit kental, ya. Masukkan garam dan aduk tepung tersebut. Koreksi rasanya terlebih dahulu sebelum kamu melakukan langkah selanjutnya.

4. Goreng udang tepung hingga matang 

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!menggoreng udang (youtube.com/Island Vibes Cooking)

Siapkan mangkuk, lalu masukkan telur yang sudah dipecahkan ke dalam mangkok tersebut. Beri bubuk kaldu dan kocok dengan sendok hingga tercampur rata. Sisihkan sebentar.

Siapkan wajan dan letakkan di atas kompor. Tuang minyak dan gunakan api sedang saja. Tunggu hingga minyak panas, ya.

Selanjutnya, celupkan terlebih dahulu udang yang sudah dibersihkan ke dalam kocokan telur. Baluri hingga ke semua bagian. Kemudian, angkat dan masukkan ke dalam adonan tepung. Goreng udang hingga matang.

5. Sajikan udang goreng dengan saus tomat atau sambal

Resep Udang Goreng Tepung Sederhana Super Renyah, Coba Bikin, deh!Udang goreng tepung (instagram.com/ndalem_sadajiwa)

Saat memasak, tunggu warna dari udang yang digoreng agak keemasan. Kalau sudah, segera angkat udangnya dan tiriskan. Lakukan hingga udang yang disiapkan habis semua.

Untuk penyajiannya sangat gampang. Kamu bisa membuat saus tomat atau saus sambal sebagai pelengkap. Untuk anak kecil, gunakan saja saus tomat. Nah, jika kamu suka pedas, gunakan saus sambal, ya.

Udang goreng tepung adalah menu termudah untuk membuat makanan antiribet. Tak butuh waktu banyak untuk membuat masakan satu ini. Membawakan udang goreng tepung sebagai bekal anak dan suami pasti bakal nikmat banget.

Baca Juga: Resep Cucur Udang Rangup, Gorengan Khas Malaysia yang Mirip Bakwan

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya